Sambut MTQ Riau 2021, Rohil Siapkan Icon Hortikultura


ROKAN HILIR -- Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian tengah menjalani program Hortikultura berupa penanaman berbagai buah-buahan dan sayuran di lahan seluas 3 Hektar yang berada Kawasan Komplek Perkantoran Batu Enam, Kecamatan Bangko persisnya di seberang jalan depan Kantor Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Rokan Hilir. Program ini menjadi salah satu yang diprioritaskan pihak Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian di tahun anggaran 2020 ini.

Sekarang ini, lahan 3 Hektar yang sebelumnya merupakan lahan semak belukar yang sebagiannya kerap dimanfaatkan warga bercocok tanam padi itu sudah di garap dan di olah mengunakan alat berat sehingga kondisinya kini telah tertata rapi terdiri dari bereng-bereng kecil dan terdapat 3 kolam. Rencananya pihak Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Rokan Hilir akan menanamkan berbagai jenis buah-buahan di lahan itu yang diantaranya Melon, Jambu, Labu, Sangkis dan serta jenis tanaman buah lainya termasuk berbagai sayur.

Program yang tengah dan akan dilaksanakan ini adalah salah satu kegiatan dalam rangka mensukseskan pelaksanaan ajang Musabakoh Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Provinsi Riau di tahun 2021 mendatang. Sebab, Gubernur Riau, H Syamsuar telah menunjuk dan menetapkan Kabupaten Rokan Hilir sebagai tuan rumahnya. Guna mendukung hal itu, pemerintah Kabupaten Rokan Hilir membuat sebuah terobosan baru yang nantinya akan di tampilkan saat pelaksanaan MTQ Riau itu dan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian di tunjuk sebagai pelaksananya.

Bupati Rokan Hilir, H Suyatno belum lama ini pernah melakukan pejinjauan terhadap lahan tersebut guna melihat sejauh mana progresnya. Didampingi Kadis Ketahanan Pangan dan Pertanian, H Rusli Sarif S Sos, Asisten III Sekda Rokan Hilir, H Ali Asfar, Plt Kadis Kominfotik, H Hermanto dan Kabag Protokol, M Nasir, bupati mengaku bahwa nantinya di lahan ini akan menjadi sebuah Icon Hortikultura yang akan menjadi daya tarik tersendiri Kabupaten ini. 


Sementara tiga kolam yang telah dibuat di lahan ini nantinya juga bakal akan di isi berbagai jenis ikan untuk menambah lagi daya tarik pengunjung nantinya. Bupati Rokan Hilir, H Suyatno Amp mengaku bahwa konsep ini sengaja di buat dalam rangka menyambut kepercayaan Bapak Gubernur Riau kepada Pemerintah Rokan Hilir yang di tunjuk sebagai tuan rumah MTQ Riau 2021 mendatang. 

"Tentu kita harus tampil beda dengan Kabupaten/ Kota yang lain. Saya begitu bersemangat dengan MTQ ini dan Pak Wan Rusli yang di percayai sebagai Kadis Ketahanan Pangan dan Pertanian ini dinilai betul-betul mampu membawa nama baik Rokan Hilir di bidang pertanian. Dan apa yang kita lakukan ini akan kita sajikan ke Pak Gubernur dan tetamu dari luar daerah nantinya saat MTQ berlangsung. Apa lagi lokasi lahan yang akan Icon Hortikultura ini berhampiran dengan lokasi MTQ Riau nantinya," kata bupati.

Ditambahkan bupati lagi, jika apa yang di canangkan ini jadi, tentu akan menjadi kebanggaan tersendiri. "Bayangkan saja, di lahan 3 hektar ini ada tanaman buah-buahan yang begitu menarik. Artinya Rokan Hilir tidak lah terlihat sebagai sebuah daerah yang Gersang melainkan daerah yang menjanjikan, menghasilkan dan nanti akan kita buktikan itu. Saya percaya pada Kadis ini akan berhasil, tapi keberhasilan ini tidak bisa dilakukan pihak terkait sendiri. Tentu harus di bantu oleh pemerintah daerah dan pihak swasta mungkin dalam membuat Icon baru ini," tuturnya.

Kepercayaan bupati kepada H Rusli Sarif selaku Kadis Ketahanan Pangan dan Pertanian dalam menciptakan Icon baru ini bukan tampa alasan. Di halaman Kantor Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian di bagian kiri terdapat tanaman buah Melon yang di tanam dalam Plibet dengan jumlah lebih dari 100 pokok yang baru di tanam lebih 2 bulan telah berbuah cukup banyak dan tinggal menunggu panen yang rencananya bakal dilakukan pada bulan bulan puasa ini.

Selain itu, juga terdapat buah Semangka yang juga telah berbuah di bagian kanan halaman dan terdapat pula tanaman jambu air yang juga sudah berbuah di sertai dua kebun mini sayuran Pare. Bupati sebelum meninjau lahan yang akan di jadikan Icon Hortikultura baru Rokan Hilir tersebut lebih dulu melihat langsung tanaman Melon yang sudah berbuah itu. Dirinya di sela melihat secara langsung tanaman ini mengaku sangat kagum dan senang dengan buah Melon yang mengatung tersebut dan bahkan dirinya sempat bersua foto.

Kekaguman bupati atas keberhasilan Kadis Ketahanan Pangan dan Pertanian tersebut membuat dirinya menghimbau kepada seluruh Camat dan Kepala Badan, Dinas maupun Kantor yang ada di lingkungan Kabupaten Rokan Hilir untuk mencontoh apa yang dilakukan Kepala DKPP melalui pemanfaatan perkarangan Kantor. "Saya rasa jika semua Kantor perkara hanya di manfaatkan untuk menanam buah seperti yang dilakukan DKPP ini tentu sangat bagus. Selain membuat perkarangan lebih hijau juga bisa bermanfaat bagi orang-orang yang ada di Kantor tersebut," kata bupati.


Tak hanya itu, kepada seluruh masyarakat bupati juga mengharapkan untuk bisa mencontoh dalam kondisi masyarakat yang tetap diam di rumah menyikapi wabah virus Corona saat ini. Diam dirumah bukan berarti kita tidak beraktifitas. Sebagai contoh Kodim mereka memanfaatkan lahan berlumpur 4 hektar sebagai lahan pertanian dan berhasil dengan tanaman padinya. 

"Tentu tidak tertutup kemungkinan bagi masyarakat yang rajin punya lahan sedikit ingin bercocok tanam seperti Dinas Pertanian ini jika diterapkan disetiap perkaranga inilah yang menjadi harapan pemerintah. Sebagai contoh di jalan Pulau Baru, ada sebuah rumah gubuk kok halamannya bersih. Dia ongok tanah dihalaman rumahnya di tanami Cabe dan sayur dan itu berhasil. Padahal halaman rumahnya gak sampai 10 meter lo," papar bupati. 

Sementara itu, Kepala Dinas DKPP Rokan Hilir, HM Rusli Syarif S Sos menambahkan tanaman ini sebenarnya dilakukan sebagai bentuk motivasi untuk para pegawai di lingkungan DKPP agar tergerak untuk memanfaatkan pekarang rumah sendiri bercocok tanam. Priya yang sangat mahir melakukan penanaman berbagai jenis tanaman baik buah, bunga maupun sayur ini mengaku siap untuk memberikan ilmu bagi siapa saja yang sangat ingin bercocok tanam.


***(ADV/Diskominfotik)


Nama

Advevetorial,15,Batam,5,Bengkalis,407,Berita,1499,Biografi,18,Bisnis,83,Dumai,664,Dunia,80,Editorial,16,Hukum,1075,Inhil,99,Inhu,37,Kampar,134,Kepri,11,Kuansing,70,Kuliner,8,Lifestyle,85,Meranti,68,Nasional,1515,Olahraga,199,Opini,2,Pekanbaru,552,Pelalawan,174,Pendidikan,53,Peristiwa,258,Politik,131,Redaksi,5,Riau,1915,Rohil,337,Rohul,67,ROKAN HILIR,1,Siak,111,Sumatera,157,Sumatera Barat,2,Teknologi,67,Traveling,55,Video,71,
ltr
item
Analisariau: Sambut MTQ Riau 2021, Rohil Siapkan Icon Hortikultura
Sambut MTQ Riau 2021, Rohil Siapkan Icon Hortikultura
https://1.bp.blogspot.com/-McRiPjxgoxo/Xqb-jgBHN9I/AAAAAAAAK4Y/qdWlQI7OXf89zztg9CxWUiqWW2PTTGHVgCLcBGAsYHQ/s320/SUYATNO.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-McRiPjxgoxo/Xqb-jgBHN9I/AAAAAAAAK4Y/qdWlQI7OXf89zztg9CxWUiqWW2PTTGHVgCLcBGAsYHQ/s72-c/SUYATNO.jpg
Analisariau
http://www.analisariau.com/2020/04/rokan-hilir-pemerintah-kabupaten-rokan.html
http://www.analisariau.com/
http://www.analisariau.com/
http://www.analisariau.com/2020/04/rokan-hilir-pemerintah-kabupaten-rokan.html
true
8225591636268580222
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy