Dua Bocah Tunanetra Membuat Haru Suasana Peringatan HDI di Rohil

 

ROKAN HILIR - Lantunan merdu suara duet dua bocah Tunanetra membuat suasana peringatan Hari Disabilitas Internasional (HDI) tahun 2021 yang dipusatkan di Halaman depan Kantor Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) di  Jalan Merdeka Selasa (7/12/2021) Bagansiapiapi begitu mengharukan tak kala lagu dengan judul Mukzizat Ibu dinyayikan.

Suasana peringatan HDI yang sebelumnya sangat menghibur berkat aksi polos anak-anak istimewa ini berubah di saat dua bocah ini berusia sekitar empat dan lima tahun di gendong satu diduduk kan di atas kursi dan satunya lagi berdiri sambil memegang mixropon. Kemerduan suara dua bocah ini bahkan tak kuasa membendung air mata sebagian undangan yang menghadiri acara yang di gelar pagi itu. 

Kagum bercampur haru dua bocah ini pun kebanjiran rezeki karena begitu banyak orang yang menyawer keduanya di saat mereka sedang melantukan lagu bernuansa sedih pada acara peringatan HDI yang mengambil tema "Kepemimpinan dan Partisipasi Penyandang Disabilitas Menuju Tatanan Dunia yang Inklusif, Aksesibel dan Berkelanjutan Pasca COVID-19" yang di gelar Pengurus Kabupaten Special Olympics Indonesia (SOIna) Rokan Hilir (Rohil) yang dihadiri oleh Wakil Bupati Rohil, H Sulaiman SS MH bersama Wakil Ketua Tap PKK, Sari Eka Rahmi yang juga merupakan pembina SOIna.

Peringatan hari disabilitas tahun 2021 yang menjadi momentum untuk menjawab tantangan dan permasalahan yang dihadapi penyandang disabilitas, kata Wakil Bupati saat menyampaikan sambutan. Adapun maksud dan tujuan peringatan ini  untuk meningkatkan kesadaran berbagai pihak terhadap bermacam ragam persoalan penyandang disabilitas, menghilangkan stigma dan memberikan sokongan untuk meningkatkan kemandirian dan kesamaan hak penyandang disabilitas dalam berbagai aspek kehidupan terangnya.

Tatanan dunia yang inklusif kata Wabup, merupakan hal yang penting untuk merubah cara pandang masyarakat terhadap isu disabilitas. Disabilitas tidak lagi dipandang sebagai suatu keterbatasan fungsi tetapi sebagai sebuah interaksi antara keterbatasan fungsi dan hambatan lingkungannya. 

"Hambatan lingkungan dapat berupa penerimaan masyarakat peraturan dan kebijakan pemerintah yang bertujuan untuk menyokong penyandang disabilitas agar dapat berperan dan berpartisipasi aktif sehingga dapat memberikan kontribusi dalam pembangunan," ungkapnya.

Selain itu lanjut, penyandang disabilitas dapat diberikan akses dan kesempatan yang sama dengan orang non disabilitas sehingga dapat menjadi bagian dari pembangunan bangsa. Pemerintah pada saat ini semakin memperhatikan kebutuhan disabilitas untuk mempermudah akses gerak mereka kita ingin secara terus menerus meningkatkan kesetaraan kesempatan aksesibilitas bagi mereka, sebutnya. 

"Peringatan hari disabilitas menjadi satu titik untuk kembali melihat, mengakui, memahami serta menunjukkan keberadaan mereka serta dapat mewakili sisi kelebihan dan kemampuan penyandang disabilitas dalam berbagai bidang untuk disuguhkan kepada masyarakat luas yang sangat heterogen," paparnya. Semoga dengan peringatan ini membuat seluruh masyarakat  menyadari betapa pentingnya perlindungan dan penegakan hak penyandang disabilitas di semua sisi kehidupan. 

"Penyandang disabilitas memiliki hak dan kewajiban yang sama dengan masyarakat yang memiliki fisik yang sempurna," terangnya. Di Indonesia sendiri tambah Wabup, komitmen pelaksanaan penghormatan perlindungan dan pemenuhan hak penyandang disabilitas terwujud dengan lahirnya undang-undang nomor 8 tahun 2016 tentang penyandang disabilitas. 

Dalam UU itu ada 24 hak penyandang disabilitas yang diatur. Oleh karena itu, pemerintah berkewajiban untuk merealisasikan hak-hak tersebut termasuk menjamin pemenuhan hak untuk mendapatkan pendidikan, kesehatan, pekerjaan, politik, kebudayaan dan kepariwisataan serta pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi. 

"Saya secara pribadi dan institusi sangat mendukung kegiatan ini diharapkan dapat menghasilkan dampak yang positif bagi peningkatan kualitas pengabdian pengurus SOIna Kabupaten Rokan Hilir dalam situasi saat ini, " jelasnya.

Sedangkan untuk Kabupaten Rohil sendiri kata Wakil Bupati akan senantiasa memberikan perhatian khusus terhadap para anak penyandang disabilitas dari berbagai aspek.

Ia juga mengingatkan, agar seluruh elemen selalu memberikan senyuman kepada para penyandang disabilitas. Sebab katanya, dengan senyuman akan memberikan semangat dan kegembiraan bagi para penyandang disabilitas. "Kami juga mengucapkan terimakasih kepada para guru maupun wali murid anak-anak penyandang disabilitas. Perbanyak sabar dalam merawat mereka," akhirnya. 

Peringatan hari Disabilitas Nasional itu juga dihadiri beberapa kepala OPD, puluhan anak Disabilitas serta berbagai unsur lainnya. Pada peringatan itu, para anak disabilitas juga menampilkan seni budaya kreasi dan olahraga berupa senam tari lagu dan fashion show dan penampilan hasil kreasi penyandang disabilitas. (Erik)

Nama

Advetorial,18,Advevetorial,21,Batam,5,Bengkalis,420,Berita,2037,Biografi,18,Bisnis,88,Dumai,738,Dunia,81,Editorial,17,Hukum,1190,Inhil,99,Inhu,41,Kampar,138,Kepri,13,Kuansing,70,Kuliner,8,Lifestyle,93,Meranti,68,Nasional,1621,Nasionall,1,Olahraga,207,Opini,2,Pekanbaru,647,Pelalawan,235,Pendidikan,57,Peristiwa,268,Politik,154,Rau,1,Redaksi,5,Riau,2444,Rohil,645,Rohul,67,ROKAN HILIR,1,Siak,113,Sumatera,165,Sumatera Barat,4,Teknologi,70,Traveling,55,Video,71,
ltr
item
Analisariau: Dua Bocah Tunanetra Membuat Haru Suasana Peringatan HDI di Rohil
Dua Bocah Tunanetra Membuat Haru Suasana Peringatan HDI di Rohil
https://1.bp.blogspot.com/-JUC_rIL5XWI/Ya9AKWF6rsI/AAAAAAAAMss/Dj4dLvmDDK4bxVslL9WXcgofY011mFenACNcBGAsYHQ/s320/IMG_20211207_175020.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-JUC_rIL5XWI/Ya9AKWF6rsI/AAAAAAAAMss/Dj4dLvmDDK4bxVslL9WXcgofY011mFenACNcBGAsYHQ/s72-c/IMG_20211207_175020.jpg
Analisariau
http://www.analisariau.com/2021/12/dua-bocah-tunanetra-membuat-haru.html
http://www.analisariau.com/
http://www.analisariau.com/
http://www.analisariau.com/2021/12/dua-bocah-tunanetra-membuat-haru.html
true
8225591636268580222
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy