Hilangnya Suara Pemerintah Disaat APBD Rohil 2021 Belum Disahkan


ROKAN HILIR — Munculnya pemberitaan di berbagai media masa terkait dengan belum disahkannya Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Rohil tahun anggaran 2021 mulai dari media cetak hingga onlaine belakangan ini menimbulkan perhatian serius sekaligus menjadi bahan perbincangan banyak masyarakat. Anehnya, tidak satupun perwakilan dari pihak Eksekutif yang mau bersuara terkait hal ini. Walau adanya tanggapan dari pihak DPRD Rohil yang menyalahkan Pemda Rohil lantaran jangankan prodak APBD, KUA PPAS saja belum di ajukan. 

Dimana Bupati Rohil, H. Suyatno, Amp dan Wakil Bupati, Drs. H. Jamiludin dan Sekda yang juga selaku Kepala Bappeda, H. Muhammad Job Kurniawan, Ap. M.Si. Atau dimanakah Asisten III bidang Ekonomi dan Pembangunan paling tidak melalui Diskominfo. Mengutip dari tangapan Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Provinsi Riau, Indra, SE., dari berita yang di terbitkan di salah satu media online pada Selasa (03/03/2021) lalu, yang mana Pemprov Riau menghimbau kepada Pemkab Rohil dan DPRD Rohil, untuk menyelesaikan pembahasan dan pengesahan APBD 2021.

Namun, ironisnya Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan rancangan Prioritas Platfom Anggaran Sementara (PPAS) tahun anggaran 2021, ternyata juga belum ada kesepakatan antara kedua belah pihak yakni antara Eksekutif dan Legislatif. Indra juga membeberkan bahwa dirinya telah melakukan mediasi terhadap Pemkab dan DPRD Rohil berkaitan dengan hal itu dengan tujuan menpercepat MoU KUA PPAS dan APBD supaya bisa segera disahkan. Namun sayangnya belum ada niat dari Pemkab dan DPRD untuk mempercepat pengesahan APBD Rohil 2021 tersebut.

Bahkan Inda juga mengaku sudah dua kali mengingatkan Pemda Rohil secara tertulis pada tanggal 15 September dan 30 November 2020 lalu. Namun, sangat di sayangkan hingga dengan saat ini belum ada kejelasan. Walau ada cara lain bila kedepan tidak juga APBD Rohil 2021 ini di sahkan melalui Peraturan Kepala Daerah (Perkada), di terangkan Indra, akan tetapi itu hanya bisa dimanfaatkan untuk anggaran yang wajib saja seperti pembayaran gaji dan pembayaran wajib lainya. 

Tidak bisa di gunakannya Perkada ini untuk hal lainya seperti kegiatan fisik dan non fisik karena belum ada kesepakatan antara Dewan dan Pemkab. Artinya Perkada ini baru bisa dijalankan bila kedua belah pihak melakukan kesepakatan, terangnya.

Menyiasati apakah benar belum adanya kesepakatan antara Pemkab dengan DPRD Rohil terkait KUA PPAS APBD 2021, Wakil Ketua II DPRD Rohil, Basiran Nur Effendi justru berkata lain. 

Lebih lanjut berdasarkan pengakuannya, KUA PPAS ini belum diajukan Pemkab Rohil ke pihak DPRD. "Sampai detik ini KUA PPAS belum diserahkan oleh Pemkab ke DPRD, bagaimana DPRD bisa mengesahkan APBD tahun anggaran 2021 ini," bebernya. Akan tetapi, dirinya mengaku mendapatkan informasi Pemkab Rohil mau menyerahkan dokumen KUA-PPAS ke DPRD minggu depan sembari berharap mudah-mudahan terealisasi. 

Sementara itu, Wakil Ketua III DPRD Rohil Hamzah, SH, MM., meminta Pemkab Rohil untuk konsisten dan segera menyerahkan dokumen KUA PPAS tersebut. Dari hasil pertemuan pihaknya dengan Bappeda awal pekan kemarin Hamzah juga menyebutkan bahwa KUA PPAS APBD tahun anggaran 2021 ini akan diserahkan pekan depan.

Benar tidaknya terkait informasi yang di sampaikan dua Wakil Ketua DPRD Rohil terkait akan diajukannya KUA PPAS ini tentu masih ngambang dan butuh informasi jelas dari pihak terkait, dalam hal ini Pemda Rohil. Saat di tanyakan terkait hal tersebut kepada Sekda Rohil, H Muhammad Job Kurniawan, Ap. M.Si melalui pesan WhatsApp nya tak satu katapun ada jawaban. Sebagai pembantu bupati, seorang Sekda seharusnya dirinya peka dan segera memberikan informasi.

Namun yang pasti dari informasi yang didapat melalui Kepala BPKAD Rohil, H. Syafruddin, S.Sos Kamis (03/03/2021) yang juga melalui pesan singkat WhatsApp, informasi tersebut benar adanya. "Insya Allah minggu depan," kata Syafruddin menjawab pertanyaan terkait informasi KUA PPAS yang rencananya akan di serahkan ke pihak DPRD minggu depan.

Terlepas dari hal tersebut, yang masih menjadi pertanyaan sampai saat ini adalah mengapa KUA PPAS APBD Rohil tahun anggaran 2021 ini begitu lama di ajukan. Apa penyebabnya, mengapa bisa seperti ini. Hal yang pasti dari persoalan tersebut saat ini telah menimbulkan tanggapan negatif terhadap pemerintah di akhir masa jabatan Bupati dan Wakil Bupati Rohil ini. Mengapa pihak-pihak terkait terkesan enggan bersuara untuk menjawab ratusan dan mungkin bahkan ribuan pertanyaan masyarakat ini.

Ibarat kata pepatah "Jangan sampai kebaikan setinggi gunung yang telah di perbuat selama hampir lima tahun runtuh akibat keburukan yang hanya setinggi gundukan taik lembu".


***(Erik)

Editor : Ingatan

Nama

Advetorial,8,Advevetorial,20,Batam,5,Bengkalis,419,Berita,1756,Biografi,18,Bisnis,85,Dumai,718,Dunia,81,Editorial,17,Hukum,1145,Inhil,99,Inhu,41,Kampar,137,Kepri,12,Kuansing,70,Kuliner,8,Lifestyle,93,Meranti,68,Nasional,1591,Olahraga,200,Opini,2,Pekanbaru,617,Pelalawan,214,Pendidikan,55,Peristiwa,268,Politik,145,Rau,1,Redaksi,5,Riau,2192,Rohil,463,Rohul,67,ROKAN HILIR,1,Siak,113,Sumatera,160,Sumatera Barat,2,Teknologi,70,Traveling,55,Video,71,
ltr
item
Analisariau: Hilangnya Suara Pemerintah Disaat APBD Rohil 2021 Belum Disahkan
Hilangnya Suara Pemerintah Disaat APBD Rohil 2021 Belum Disahkan
https://1.bp.blogspot.com/-hDucehiBpKM/YED6w2cR7bI/AAAAAAAALyM/JtdCbw6jxIICJDmnZn-0z1gMGMWj8HcuQCLcBGAsYHQ/s320/IMG-20210304-WA0019.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-hDucehiBpKM/YED6w2cR7bI/AAAAAAAALyM/JtdCbw6jxIICJDmnZn-0z1gMGMWj8HcuQCLcBGAsYHQ/s72-c/IMG-20210304-WA0019.jpg
Analisariau
http://www.analisariau.com/2021/03/hilangnya-suara-pemerintah-disaat-apbd.html
http://www.analisariau.com/
http://www.analisariau.com/
http://www.analisariau.com/2021/03/hilangnya-suara-pemerintah-disaat-apbd.html
true
8225591636268580222
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy