Jalan Danau Janda Gatal Rusak Berat, Warga Harapkan Perhatian Pemerintah

Keteranga Foto: Jalan Danau Janda Gatal yang saat ini rusak berat dan butuh perbaikan karna kondiai jalan yang rusak ini berdampak kepada ekonomi warga.

ROKAN HILIR — Akses jalan merupakan hal penting dalam kehidupan masyarakat. Hal ini di karenakan jalan adalah salah satu sarana pendukung berbagai hal. Selain sebagai sarana tranfortasi, keberadaan jalan juga salah satu pendukung peningkatan ekonomi dan kemajuan daerah. Namun, bila akses jalan yang ada tidak layak di lalui akibat rusak parah barangkali akan berdampak buruk pula pada kehidupan masyarakat tersebut. Hal ini lah yang kini di rasakan warga masyarakat di dua RT dari dua Kepenghuluan di Kecamatan Bangko, Kabupaten Rokan Hilir (Rohil).

Dua RT tersebut yakni RT01 Kepenghuluan Parit Aman dan RT09 Kepenghuluan Bagan Jawa Pesisir. Kedua RT ini berada di satu jalan yaitu jalan yang mengarah ke salah satu lokasi wisata pemancingan di Kecamatan Bangko yakni Danau Janda Gatal. Sudah bertahun-tahun lamanya jalan ini berada dalam kondisi rusak parah. Bahkan berdasarkan pengakuan warga setempat yakni salah satu warga yang bermukim di perumahan Layak Huni di RT01 Kepenghulun Parit Aman, Acil Senin (18/05/2020) pada awak Analisariau.com bila musim hujan jalan yang rusak sekitar hampir 500 meter mengarah ke perumahan RT01 sangat sulit dilalui.

"Kalau hujan jalan ini akan becek dan lubang-lubang yang menganga akan seperti kolam ikan dan sulit dilintasi. Bila sudah hujan kami sangat malas mau keluar. Namun, kalau sudah mendesak terpaksa juga. Kadang lumpur sampai ke bagian baju. Tak hanya itu, kalau tidak hati-hati saat melintas mengunakan sepeda motor kita kerap terpeleset akibat licinya jslan," kata Acil. Jalan yang di beri nama Danau Gatal ini lebih banyak dilalui warga dari RT01 Kepenghuluan Parit Aman sekarang ini. 

Hal ini di karenakan, selain telah mengalami rusak berat warga RT09 Kepenghuluan Bagan Jawa Pesisir memiliki akses jalan lain yang menembus ke jalan lintas yang berada di jalan Bintang melalui jalan Komplek Guru Kepenghuluan Bagan Jawa Pesisir. Bisa dikatakan bahwa sekarang ini yang paling mengidamkan perbaikan jalan tersebut adalah warga RT01 Kepenghuluan Parit Aman kendati jalan tersebut menembus ke lokasi objek wisata Danau Janda Gatal. 

Beberapa tahun lalu, bupati Rohil, H Suyatno Amp bersama Kepala Dinas Pariwisata dan sejumlah pejabat pernah mendatangi lokasi objek wisata tersebut. Bahkan, bupati telah pula mengarahkan pihak terkait untuk melakukan pembersihan lokasi objek wisata yang kerap di manfaatkan untuk lokasi pemancingan itu. Sempat ramai yang datang melakukan pemancingan mengingat lokasi ini terdapat banyak ikan Nila. Namun, seiring waktu jumlah orang yang datang semakin sedikit lantaran jalan yang menembus lokasi mengalami kerusakan dan rumput pun tumbuk subur seperti tanaman sehingga sulit untuk di lintas. 

Terlepas dari hal itu, di jalan Danau Janda Gatal ini selain warganya bermata pencaharian sebagai nelayan juga terdapat berhektar-hektar lahan perkebunan Sawit serta ratusan hektar lahan pertanian padi. Rusaknya jalan dengan panjang lebih kurang 500 meter dari pangkal hingga ke pemukiman perumahan Layak Huni di Kepenghuluan Parit Aman ini tentu menghambat dan menyulitkan warga setempat untuk mengeluarkan hasil alam dan laut tersebut dan sudah barang tentu berimbas kepada perekonomian warga. Oleh karenanya, peran dari pemerintah sangat di harapkan untuk memulihkan kondisi warga tersebut.

"Kami cuma berharap satu saja, perbaikan jalan ini. Karena ini merupakan akses jalan satu-satunya untuk masuk dan keluar dari lokasi kami tinggal saat ini," pinta Acil.

***(erik)

Editor: Ingatan
Nama

Advevetorial,18,Batam,5,Bengkalis,408,Berita,1539,Biografi,18,Bisnis,83,Dumai,680,Dunia,80,Editorial,16,Hukum,1082,Inhil,99,Inhu,37,Kampar,134,Kepri,11,Kuansing,70,Kuliner,8,Lifestyle,86,Meranti,68,Nasional,1524,Olahraga,199,Opini,2,Pekanbaru,556,Pelalawan,174,Pendidikan,53,Peristiwa,260,Politik,138,Redaksi,5,Riau,1959,Rohil,358,Rohul,67,ROKAN HILIR,1,Siak,111,Sumatera,157,Sumatera Barat,2,Teknologi,68,Traveling,55,Video,71,
ltr
item
Analisariau: Jalan Danau Janda Gatal Rusak Berat, Warga Harapkan Perhatian Pemerintah
Jalan Danau Janda Gatal Rusak Berat, Warga Harapkan Perhatian Pemerintah
https://1.bp.blogspot.com/-jadMlwAD3AY/XsIMSwA42sI/AAAAAAAACRE/JIj-4byw_vIRiPIgYsQvyzt8cY7o_JvyACLcBGAsYHQ/s320/IMG-20200518-WA0012.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-jadMlwAD3AY/XsIMSwA42sI/AAAAAAAACRE/JIj-4byw_vIRiPIgYsQvyzt8cY7o_JvyACLcBGAsYHQ/s72-c/IMG-20200518-WA0012.jpg
Analisariau
http://www.analisariau.com/2020/05/jalan-danau-janda-gatal-rusak-berat.html
http://www.analisariau.com/
http://www.analisariau.com/
http://www.analisariau.com/2020/05/jalan-danau-janda-gatal-rusak-berat.html
true
8225591636268580222
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy