H. M. Basri Budi Utomo: Pasar Jaya Menghamburkan Uang Dengan Menunjuk PT Sucofindo Sebagai Panitia Lelang


JAKARTA — Penunjukan PT Sucofindo sebagai panitia lelang perparkiran di lingkungan Perumda Pasar Jaya merupakan pemborosan yang tidak biasa ditolerir. Terlebih DKI Jakarta saat ini menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Dalam PSBB ini, Gubernur Anies Baswedan menginstruksikan karyawan, baik swasta dan negeri, agar bekerja dari rumah (Work From Home), termasuk memberikan sanksi bagi dunia usaha yang melanggar aturan main PSBB, seperti memperkerjakan karyawan seperti biasa.


"Fakta-fakta tersebut diabaikan oleh Perumda Pasar Jaya. Mereka memaksakan kehendak melakukan lelang," tegas H. M. Basri Budi Utomo AS, SIP. SH, Ketua Umum Pimpinan Pusat Gerakan Nasional Pencegahan Korupsi Republik Indonesia (GNPK-RI), di Jakarta, Senin (20/04/2020).

Padahal, dalam situasi saat ini, pemerintah termasuk setiap Pemda, pusing mengalokasikan dana bagi mereka yang terdampak virus corona, khususnya sembako mengingat saat ini cukup banyak karyawan yang dirumahkan.

"Belum lagi soal masker, Alat Pengaman Diri (APD) kepada medis maupun biaya karantina," beber Basri.

Disisi lain Pasar Jaya menghamburkan uang dengan menunjuk PT Sucofindo sebagai panitia lelang. Basri yakin dana yang digelontorkan Perumda Pasar Jaya tidak kecil. "Pasti bisa memenuhi kebutuhan masker maupun APD," tegas aktivis yang peduli soal korupsi ini.

Padahal, di Perumda sudah ada divisi menangani lelang, yaitu Unit Layanan Pengadaan (ULP). Divisi ini bukan anak kemarin sore menangani lelang kebutuhan Pasar Jaya. Mereka tahu persis seluk beluk pengadaan barang dan jasa. Cukup profesional dan selama ini tidak ada masalah. Apalagi Managernya bergaji cukup fantastis yang kabarnya setara dengan kepala SPI.

"Saya mengendus aroma yang tidak sedap, kok dipaksakan lelang di tengah PSBB dan penunjukan Sucofindo," tambah Basri.


Karena itu, Basri mencurigai ada kepentingan besar dari Bos Pasar Jaya terhadap lelang yang dipaksakan, termasuk penunjukan Sucofindo sebagai panitia lelang.

Hasilnya bisa dilihat pada pembukaan dokumen administrasi dan legalitas melalui zoom conference PT. Tua Mandiri yang tidak bisa memperlihatkan KTP asli direktur, ditambah 4 kali salah memasukan pasword, kok bisa dinyatakan lulus. Padahal sebagaimana diatur dalam KUK, seharusnya gugur.

Begitupun dua PT yang tidak hadir, PT Web Solution Indonesia dan PT Metro Fifora Perdana, dinyatakan lolos di fase itu juga, sesuatu yang mengundang keheranan  peserta lelang. 

Lantas pertanyaannya, di mana kedua PT itu bisa lolos verifikasi? "Inilah yang membuat bos PD Pasar Jaya  dianggap punya kepentingan besar di lelang ini," bisik Basri yang mengaku sudah melakukan konfirmasi ke panitia lewat WA tapi tidak dibalas.

Lagipula, bonatifitas perusahaan itu diragukan banyak pihak. Misalnya, kantor PT. Web Solution, setelah ditelusuri sesuai alamatnya hanya gudang. Apalagi sas-sus mereka zero soal parkir, tidak punya jam terbang sebagai perusahaan yang menangani parkir-parkir.


"Jelas kan, survey dan verifikasinya amburadul," tegas Basri. Dia menduga ULP dibuang, diganti dengan PT Sucofindo, sarat kepentingan Dirut Perumda Pasar Jaya, Arief Nasrudin.

"Apa itu kepentingannya kita akan selidiki," sambung lelaki asal Pekalongan, Jawa Tengah ini.

Padahal sebelumnya, Arief sendiri sudah diingatkan jangan memaksakan beauty contest saat wabah virus corona dan penerapan PSBB yang membuat denyut Jakarta nyaris berhenti.

"Kan ini lagi bencana nasional, force majeure, masak harus menggelar lelang. Seakan mendesak amat sih, seperti membangun rumah sakit corona," Basri mengumbar tawa.

Sampai berita ini diturunkan, para pihak yang bertanggung jawab soal tender tersebut, bungkam seribu bahasa. Manager ULP (Unit Layanan Pengadaan) Anggie Muriani, tidak memberikan klarifikasi. Begitupun jurubicara Pasar Jaya, Amanda, juga tidak memberikan respon terhadap konfirmasi yang dilayangkan media. Seperti terkesan kompak untuk tutup mulut.

Reza yang disebut-sebut orang PT Sucofindo yang menangani tender ini tidak mau mengangkat telepon. Padahal, Sucofindo sebagai BUMN , kabarnya memiliki SDM yang handal, sesuatu yang bertolak belakang saat menjadi panitia lelang di Perumda Pasar Jaya.

"Jadi lelang ini perlu ditinjau kembali," jelas Basri berulang-ulang.

***(tim)
Nama

Advetorial,34,Advevetorial,33,Batam,5,Bengkalis,427,Berita,2303,BeritaRiau,4,Biografi,18,Bisnis,92,Dumai,764,Dunia,81,Editorial,17,Hukum,1219,Inhil,103,Inhu,41,Kampar,139,Kepri,15,Kuansing,72,Kuliner,8,Lifestyle,93,Meranti,69,Nasional,1659,Nasionall,1,Olahraga,218,Opini,45,Pekanbaru,694,Pelalawan,237,Pendidikan,60,Peristiwa,269,Politik,173,Rau,1,Redaksi,5,Riau,2681,Riau Rohil,1,Rohil,787,Rohul,67,ROKAN HILIR,1,Siak,113,Sumatera,172,Sumatera Barat,4,Teknologi,70,Traveling,55,Video,71,
ltr
item
Analisariau: H. M. Basri Budi Utomo: Pasar Jaya Menghamburkan Uang Dengan Menunjuk PT Sucofindo Sebagai Panitia Lelang
H. M. Basri Budi Utomo: Pasar Jaya Menghamburkan Uang Dengan Menunjuk PT Sucofindo Sebagai Panitia Lelang
https://1.bp.blogspot.com/-13qHddB3yu4/Xp3VMD9hzEI/AAAAAAAAB18/FV7HJr1KBSUEmdAbQReFzkzZC0H7c9a9gCLcBGAsYHQ/s320/IMG-20200420-WA0046.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-13qHddB3yu4/Xp3VMD9hzEI/AAAAAAAAB18/FV7HJr1KBSUEmdAbQReFzkzZC0H7c9a9gCLcBGAsYHQ/s72-c/IMG-20200420-WA0046.jpg
Analisariau
http://www.analisariau.com/2020/04/h-m-basri-budi-utomo-pasar-jaya.html
http://www.analisariau.com/
http://www.analisariau.com/
http://www.analisariau.com/2020/04/h-m-basri-budi-utomo-pasar-jaya.html
true
8225591636268580222
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy