Ketua Tim Satgas Tanggap Api APKASINDO Resmi Bubarkan Tim di Rokan Hilir

Keterangan Foto : Hendra Gunawan dari GNPK-RI Provinsi Riau (kiri depan), Zulkifli Ketua Tim Satgas APKASINDO (kanan depan), Nurhadi S.sos Sekretaris JPKP Provinsi Riau (kanan belakang) saat meminta keterangan resmi.

ROKAN HILIR – Persoalan asap karena akibat Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Kabupaten Rokan Hilir, Provinsi Riau, terus menjadi momok menakutkan setiap tahunnya.

Memasuki musim panas ini, tentu seluruh jajaran baik dari TNI, Polri, BNPB, Basarnas dan Relawan Tim Satgas Api dari berbagai perusahaan serta masyarakat peduli api termasuk APKASINDO (Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia) Riau, terus melakukan pemantauan lokasi-lokasi rawan Karhutla di wilayah masing-masing,

Bahkan, seluruh jajaran pemadam Karhutla kerap berjibaku dilahan yang terbakar dengan segala resiko pantang menyerah dengan Karhutla. Hal itu dilakukan, agar api padam sehingga asap tidak menyelimuti wilayah administrasi kerja masing-masing.

“Tim Satgas Tanggap Api Apkasindo DPD Rokan Hilir, mulai Rabu 18 Maret 2020, resmi membubarkan diri,” demikian kata Zulkifli, kepada awak media ini, Selasa (17/03).

Alasan kenapa dibubarkan lanjut Zul, sapaan akrab Ketua Tim Satgas Tanggap Api Apkasindo DPD Rokan Hilir, Tim tersebut menurutnya tidak mungkin bekerja tanpa sarana dan prasarana yang mendukung, sementara medan areal lahan terbakar adalah lahan gambut yang diketahui susah untuk dipadamkan.

“Buat apa kita bentuk tim jika tim hanya sekedar nama dan sebagai pelengkap. Yang jelas tim Satgas Api Apkasindo minim peralatan, hanya ada 1 mesin, 100 meter selang dan 20 sepatu safety dan baju seragam,” kata Zul.

Diuraikan Zul sebelumnya, memang Relawan Tim Satgas Api Apkasindo yang semua DPD Apkasindo dihimbau oleh Ketua DPW Riau Santa Buana, untuk membentuk Tim Satgas Karhutla dan mendukung Tim Satgas Karhutla Kabupaten dan Kota se-Riau.

Saat pembentukan Relawan Satgas Karhutla Apkasindo Rohil dihadiri langsung Ketua Umum DPP Apkasindo, Ir. Gulat Manurung, MP., C.APO, saat pembentukan Satgas Karhutla Apkasindo Rohil tersebut, Gulat menghimbau dan berharap kerjasama dan Partisipasi Petani Swadaya, Koperasi, Kelompok Tani dan Korporasi untuk memperkuat Tim Satgas Karhutla Apkasindo Rohil ini.

Hal ini dibenarkan oleh Gulat, bahwa perhatian khusus untuk Kabupaten Rokan Hilir memang menjadi attensi, karena Kabupaten Rohil salah satu Kabupaten yang rawan Karhutla.

Harapannya adalah teman-teman Petani, baik itu Kelompok Tani, Koperasi dan Korporasi khususnya PKS (Pabrik) yang tanpa Kebun, berkenan bahu membahu-untuk memikirkan sarana dan prasarana Tim Satgas Karhutla Apkasindo di seluruh Indonesia perwakilan Apkasindo, 22 Provinsi dan 117 Kabupaten.

Terkhusus Rohil lebih berharap banyak karena cukup banyak kebun Petani yang sudah berkelompok, tapi sangat disayangkan hal itu tidak mendapat tanggapan dan dukungan dari teman-teman Kelompok Tani dan Korporasi (Perusahaan kebun sawit maupun PKS) sebagaimana di harapan.

“Hanya dua kelompok tani yang respon akan Tim Satgas Karhutla bentukan DPW Apkasindo Riau ini,” ujar Gulat melalui sambungan Telepon, Rabu (18/03).

Saat ditanya siapa kedua kelompok tani tersebut Gulat enggan menyebutkan namanya.

Seiring Berjalanya waktu lebih kurang sebulan, Zul dan tim kerap bertanya-tanya apakah hanya sekedar nama atau betul tim yang riil di lapangan tim satgas api Apkasindo ini? Tanya Zul.

Diakui Zul, bahwa tidak sedikit biaya dan tenaga yang dibutuhkan untuk eksisnya Tim Satgas Karhutla Apkasindo Rohil ini, dan yang memberi perhatian terhadap Tim Satgas Karhutla Apkasindo Rohil ini hanya Ketum DPP Apkasindo, Pak Gulat, yang lainnya pada tiarap dan menonton,” ujar Zul.

“Kita ingin membantu padamkan api dan dilengkapi segala peralatannya. Jangan sudah terbentuk terus kita pulak minta bantu kesana kemari,” ujar Zul lebih lanjut.

“Tanpa mengurangi rasa hormat kepada Ketum DPP Apkasindo, Ketua DPW Riau, Bupati Rohil Suyatno, Dandim Rohil Letkol Arh Agung Rahman, Kapolres Rohil Akbp Mhd Mustofa, Kepala BPBD Rohil Hari Darma, yang sudah berupaya seoptimal mungkin memberi perhatian dan dukungan untuk Satgas Karhutla Apkasindo Rohil. Dengan berat hati Satgas ini kami bubarkan,” tandas Zul.

***(red)
Nama

Advetorial,34,Advevetorial,33,Batam,5,Bengkalis,427,Berita,2307,BeritaRiau,4,Biografi,18,Bisnis,92,Dumai,765,Dunia,81,Editorial,17,Hukum,1220,Inhil,103,Inhu,41,Kampar,139,Kepri,15,Kuansing,72,Kuliner,8,Lifestyle,93,Meranti,69,Nasional,1661,Nasionall,1,Olahraga,218,Opini,45,Pekanbaru,695,Pelalawan,237,Pendidikan,60,Peristiwa,269,Politik,173,Rau,1,Redaksi,5,Riau,2683,Riau Rohil,1,Rohil,787,Rohul,67,ROKAN HILIR,1,Siak,113,Sumatera,172,Sumatera Barat,4,Teknologi,70,Traveling,55,Video,71,
ltr
item
Analisariau: Ketua Tim Satgas Tanggap Api APKASINDO Resmi Bubarkan Tim di Rokan Hilir
Ketua Tim Satgas Tanggap Api APKASINDO Resmi Bubarkan Tim di Rokan Hilir
https://1.bp.blogspot.com/-euJgriZmzP8/XnMQAYYc28I/AAAAAAAABSA/CEeC6NplGlUicQZOUOwlRsjoIooJ_IRcgCLcBGAsYHQ/s320/IMG-20200318-WA0014.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-euJgriZmzP8/XnMQAYYc28I/AAAAAAAABSA/CEeC6NplGlUicQZOUOwlRsjoIooJ_IRcgCLcBGAsYHQ/s72-c/IMG-20200318-WA0014.jpg
Analisariau
http://www.analisariau.com/2020/03/ketua-tim-satgas-tanggap-api-apkasindo.html
http://www.analisariau.com/
http://www.analisariau.com/
http://www.analisariau.com/2020/03/ketua-tim-satgas-tanggap-api-apkasindo.html
true
8225591636268580222
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy