LKBH “ Sejati” Buka Kantor Cabang Baru di Ungaran Kab.Semarang Prov, Jateng

SEMARANG - Pusat Lembaga Konsultasi dan Bantuan Hukum (KLBH) SEJATI Kab.Semarang Provinsi Jawa Tengah, yang tugas pokoknya memberik...




SEMARANG - Pusat Lembaga Konsultasi dan Bantuan Hukum (KLBH) SEJATI Kab.Semarang Provinsi Jawa Tengah, yang tugas pokoknya memberikan bantuan dan perlindungan bagi para korban penindasan dan tindak kesewenang-wenangan pihak debt collector (DC) resmikan kantor yg letaknya di Ungaran Kab.Semarang Provinsi Jawa Tengah.

Pimpinan Pusat Lembaga Konsultasi dan Bantuan Hukum (KLBH) SEJATI Dr.Drs.H.Hono Sejati SH, M.Hum, Melalui Kepala Hubungan Masyarakat (Humas) Havid Sungkar mengatakan Tampaknya langkah inilah yang akan menjadi prioritas dari program kerja LKBH ‘’SEJATI’’ yang kini berkantor di Ungaran, Kabupaten Semarang. Sebagaimana diketahui bahwa langkah yang diambil oleh para debt collector akhir-akhir ini terhadap para penunggak pembayaran kepada perusahaan pembiayaan atau leasing cukup menyita perhatian dan memperhatinkan.

Havid Sungkar mengatakan,” bahwa langkah awal kerjanya adalah membantu para korban keganasan para debt collector yang memiliki tunggakan pembayaran terhadap perusahaan pembiayaan atau leasing, Sebagai contoh, debt colelector katanya tidak segan-segan untuk melakukan tindakan kekerasan dan kurang menyenangkan terhadap para penunggak pembayaran kepada pihak leasing,” Katanya. Jumat, (23/08/2019).

Havid juga menegaskan bahwa mereka ada juga yang menyita dan mengambil motor atau mobil para penunggak di tengah jalan, itu tidak dibenarkan oleh Hukum,  Tindakan tersebut adalah perampasan yang masuk ranah pidana.

Ia mengingatkan kepada konsumen bahwa apabila ada Deb Collector yang arogan dan semena-mena agar dapat melaporkan kepada kami Alamat kantor dari Dr.Drs.H.Hono Sejati SH, M.Hum&Patners di Ungaran, jalan Slamet Riyadi No 10 A, kontak person: HP/WA 082137373761/08540177742 Dr.Drs H.Hono Sejati SH, M.Hum, karena ini adalah tindak pidana,” tegasnya.

Selain itu juga, lanjut Havid, pihaknya juga menerima aduan dan konsultasi dari para pekerja atau buruh pabrik yang ada di wilayah Kabupaten Semarang. Mengingat Kabupaten Semarang selain dikenal sebagai daerah wisata juga daerah industri. ‘’Siapa tahu mereka selama ini punya banyak persoalan tentang ketenagaan kerja dan mereka takut untuk mengungkapkan, maka itu silahkan datang kemari, kami siap membantu. Tidak itu saja, kalau ada kasus pertanahan, misalnya sengketa atau apa, kami siap membantu memecahkan masalah dan mencari jalan keluarnya,’’ tambahnya.

Berdasarkan Keputusan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 1169/KMK.01/1991 Tentang Kegiatan Sewa Guna Usaha, menyebut bahwa setiap transaksi sewa guna usaha wajib diikat dalam suatu perjanjian. Pada leasing, lazimnya juga diikuti dengan perjanjian jaminan fidusia. Perjanjian fidusia adalah perjanjian hutang piutang kreditor kepada debitor yang melibatkan penjaminan. Jaminan tersebut kedudukannya masih dalam penguasaan pemilik jaminan, Pada perkara Bapak, harus diketahui terlebih dahulu, apakah motor tersebut sudah dijaminkan fidusia atau tidak.

Ia juga menegaskan,” Bahwa apabila transaksi tidak diaktakan notaris dan didaftarkan di kantor pendaftaran fidusia, maka secara hukum perjanjian fidusia tersebut tidak memiliki hak eksekutorial dan dapat dianggap sebagai hutang piutang biasa, sehingga perusahaan leasing tidak berwenang melakukan eksekusi, seperti penarikan motor (lihat Undang-Undang Nomor 42 Tahun 1999 Tentang Jaminan Fidusia). Selain itu eksekusi yang dilakukan harus melalui putusan pengadilan yang berkekuatan hukum tetap. Pihak leasing tidak berwenang melakukan eksekusi penarikan motor tersebut. Eksekusi haruslah dilakukan oleh badan penilai harga yang resmi atau Badan Pelelangan Umum, Jika terjadi penarikan motor oleh pihak leasing tanpa menunjukkan sertifikat jaminan fidusia, itu merupakan perbuatan melawan hukum,” Tegas Havid Sungkar. (rdk/hg/Foto: Ist).

Nama

Advertorial,62,Batam,4,Bengkalis,380,Berita,900,Biografi,17,Bisnis,81,Dumai,502,Dunia,81,Editorial,7,Hukum,937,Inhil,99,Inhu,35,Kampar,129,Kepri,9,Kuansing,66,Kuliner,8,l,1,Lifestyle,73,Meranti,66,Nasional,1369,Olahraga,198,Pekanbaru,471,Pelalawan,112,Pendidikan,40,Peristiwa,244,Politik,106,Redaksi,3,Riau,1403,Rohil,128,Rohul,66,Siak,108,Sumatera,148,Teknologi,64,Traveling,55,Video,65,
ltr
item
Analisariau: LKBH “ Sejati” Buka Kantor Cabang Baru di Ungaran Kab.Semarang Prov, Jateng
LKBH “ Sejati” Buka Kantor Cabang Baru di Ungaran Kab.Semarang Prov, Jateng
https://1.bp.blogspot.com/-zNx6RjLpiv4/XV-s5r61zwI/AAAAAAAAKDE/EeVpOkxYwCYtGeG-JFaQAPdBWgJVdFyJQCLcBGAs/s320/Havid%2BS%2BI.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-zNx6RjLpiv4/XV-s5r61zwI/AAAAAAAAKDE/EeVpOkxYwCYtGeG-JFaQAPdBWgJVdFyJQCLcBGAs/s72-c/Havid%2BS%2BI.jpg
Analisariau
http://www.analisariau.com/2019/08/lkbh-sejati-buka-kantor-cabang-baru-di.html
http://www.analisariau.com/
http://www.analisariau.com/
http://www.analisariau.com/2019/08/lkbh-sejati-buka-kantor-cabang-baru-di.html
true
8225591636268580222
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy