Hutan Bakau Terancam Punah, Pelaku Penebang Kayu Bakau Belum Tersentuh Hukum


DUMAI — Lingkungan kawasan sekitar Pesisir pantai dikhawatirkan terimbas akibat kerusakan hutan bakau. Karena akhir-akhir ini diduga pengambilan kayu bakau semakin ganas. Bahan kayu bakau hasil tebangan liar pada umumnya merupakan bahan baku untuk dijadikan arang. Konon pengusaha tungku atau panglong arang yang beroperasi di daerah dumai disinyalir memanfaatkan bahan kayu bakau.

Seperti pantauan dilapangan tim media wilayah riau, bahwa hari ini pada minggu, (21/06/2020) menemukan tungku arang di pesisir pantai daerah lubuk gaung dumai. Menurut informasi dirangkum dilapangan bahwa didaerah itu usaha tungku arang tersebut sudah lama beroperasi diduga menggunakan bahan baku kayu bakau yang diambil cara ilegal untuk dijadikan arang.

Informasi diperoleh di Lubuk Gaung Kecamatan Sungai Sembilan Kota Dumai bahwa pemilik usaha tungku arang dilubuk gaung ada beberapa orang diantaranya menurut sumber dari warga setempat salah satu pengusaha arang tersebut berinisial AP. Yang lainnya kurang jelas inisialnya kami ketahui sebut sumber itu yang minta tidak ditulis namanya diberita demi keselamatan jiwa ujarnya yang langsung meninggalkan tim Wartawan.

Dampak yang dikhawatirkan akan semakin punah hutan kayu bakau yang ada dikawasan pesisir dumai dan pesisir sekitar pantai pulau payung dan pulau rupat yang bisa mengakibatkan tingkat abrasi semakin besar. Padahal banyaknya usaha tungku arang yang beroperasi selama ini  pada umumnya adalah menggunakan kayu bakau, yang diduga tidak memiliki izin. Kayu bakau ditebangi lalu diangkut menggunakan kapal pompong masuk melalui sungai dan dibongkar dilokasi usaha panglong arang. Kegiatan ini sejak lama diduga tak tersentuh hukum terang tim wartawan tersebut.

Sebab hutan kayu bakau dilindungi sesuai undang-undang dan aturan yang berlaku. Tetapi selama ini usaha tungku arang yang diduga sumber bahan bakunya kayu bakau, “ secara ilegal dibabat anggota warga” dan ada juga pihak anggota pekerja pengambil bahan kayu bakau yang diberdayakan pengelola usaha tungku arang, dan kayu tersebut selanjutnya diduga dilego kepada Pengusaha tungku arang tetapi belum terdengar pernah tersentuh hukum”. 

Sebagai mana di ketahui Hutan bakau (Rhizophora) terdapat didaerah kawasan pesisir pantai  dumai sekitarnya serta secara umum (mangrove) adalah habitat alami untuk berkembang biaknya berbagai jenis ikan, udang, kepiting dan menjadi sumber makanan bagi habitat dikawasan pantai dan lautan. Jika tidak ada bakau, maka rusaklah ekosistem diwilayah tersebut.

Sejauh ini Jika ini terus dibiarkan bergulir bukan tidak mungkin bakau bakau yang ada akan punah menjadi rupiah oleh pengusaha arang yang tidak ramah dan peduli terhadap ekosistem.

Sesuai keterangan dan informasi diperoleh awak media ini dilapangan, terkait Kerusakan hutan mangrove (bakau) hapir sebagian wilayah pesisir Dumai mulai dari lubuk Gaung hingga ke sungai sepit daerah batu teritib Kecamatan sungai sembilan saat ini sudah sangat mengkhawatirkan. Pasalnya kayu bakau kini sudah banyak ditebang untuk dijadikan bahan baku arang ekspor. Didinyalir kayu bakau tebangan ilegal itu dimanfaatkan untuk bahan diolah jadi arang oleh usaha tungku arang yang ada di Lubuk Gaung dan yang ada di daerah batu teritib hingga kini diduga belum tersentuh hukum. Sampai berita ini diekspos pihak kehutanan riau belum dapat dikonfirmasi.


**(DAS)

Editor : Ingatan
Nama

Advevetorial,13,Batam,5,Bengkalis,396,Berita,1346,Biografi,18,Bisnis,81,Dumai,601,Dunia,80,Editorial,10,Hukum,1049,Inhil,99,Inhu,36,Kampar,134,Kepri,11,Kuansing,70,Kuliner,8,Lifestyle,77,Meranti,68,Nasional,1466,Olahraga,199,Opini,1,Pekanbaru,543,Pelalawan,159,Pendidikan,50,Peristiwa,254,Politik,111,Redaksi,3,Riau,1783,Rohil,298,Rohul,66,Siak,110,Sumatera,155,Sumatera Barat,2,Teknologi,67,Traveling,55,Video,70,
ltr
item
Analisariau: Hutan Bakau Terancam Punah, Pelaku Penebang Kayu Bakau Belum Tersentuh Hukum
Hutan Bakau Terancam Punah, Pelaku Penebang Kayu Bakau Belum Tersentuh Hukum
https://1.bp.blogspot.com/-F_s5bud7Xgs/XvYROn-qdJI/AAAAAAAACvU/EiLl5GQQtoIpEfb_5snt4cDVdIuQ7WMxQCLcBGAsYHQ/s320/IMG_20200626_221545.png
https://1.bp.blogspot.com/-F_s5bud7Xgs/XvYROn-qdJI/AAAAAAAACvU/EiLl5GQQtoIpEfb_5snt4cDVdIuQ7WMxQCLcBGAsYHQ/s72-c/IMG_20200626_221545.png
Analisariau
http://www.analisariau.com/2020/06/hutan-bakau-terancam-punah-pelaku.html
http://www.analisariau.com/
http://www.analisariau.com/
http://www.analisariau.com/2020/06/hutan-bakau-terancam-punah-pelaku.html
true
8225591636268580222
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy