Manfaatkan Media Sosial dengan Bijak



YOGYAKARTA, AnalisaRiau.com – Pemanfaatan media sosial di Indonesia saat ini berkembang luar biasa perlu diiringi dengan sikap bijak dalam berbagi informasi. Menurut Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Niken Widiastuti, saat ini perkembangan teknologi informasi kehidupan di dunia nyata tidak pararel dengan kehidupan di dunia maya. 

”Di dunia nyata kita masih bisa saling menghargai, saling menghormati, tapi di media sosial sekarang lebih banyak didominasi konten negatif berupa ujaran kebencian, provokasi, fitnah, sikap intoleran dan penyebaran paham yang bertentangan Pancasila dan UUD 1945," katanya dalam Forum Literasi Media bertema Memanfaatkan Media Sosial dengan Cerdas di Yogyakarta, Senin (15/5/2017)

Dengan dinamika informasi yang berlangsung cepat sekali dan mudah dipertukarkan melalui gawai, menurut Niken setiap orang mudah berbagi informasi. “Istilahnya Ten To Ninety yang artinya 10 orang membuat konten negatif, kemudian 90 persen menyebarkannya dengan sukarela. Bagaimana kalau kita balik 10 persen membuat konten positif dan 90 persen menyebarkan dengan sukarela?” ajak Niken untuk mulai membagi konten positif di media massa.

Dalam forum yang dihadir oleh pegiat Pramuka itu, Dirjen Niken mengajak peserta untuk mengupload informasi yang positif berkaitan dengan Pramuka. Ia berharap agar dibuat group dan forum dari Pramuka dengan bimbingan dari Kementerian Kominfo. “Adik-adik, mari kita memproduksi informasi yang berkaitan dengan Pramuka, misalnya Dasa Dharma Pramuka dan lainnya. Atau sebagai calon-calon pemimpin masa depan, mari persiapkan jiwa kepemimpinan, rela berkorban, disiplin dan lainnya sesuai Dasa Dharma Pramuka. Adik-adiklah yang diharapkan dapat menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),” ajak Niken.

Mengenai hoaks, Niken menyatakan, salah satu tujuan orang membuat Hoax di media sosial itu adanya perang ideologi. "Perang idiologi itu menyebarkan paham-paham yang bertentangan dengan ideologi dan Dasar Negara Republik Indonesia yaitu Pancasila. Pancasila itu sudah final, sehingga kalau ada paham--paham yang bertentangan dengan Pancasila maka kitalah yang menjadi garda terdepan untuk meluruskannya," tegasnya.

Mengenai Gerakan Pramuka, Dirjen IKP berharap setiap anggota Pramuka harus mempertahankan Merah Putih Bendera Negara RI. "Tak seorangpun boleh mengganti Bendera NKRI. Adik-adik, mari kita mengambil peran dalam menjaga kesatuan dan persatuan NKRI. Pramuka harus menjadi garda terdepan untuk Empat Konsensus Nasional yang dulu disebut Pilar Negara Republik Indonesia, yaitu Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika. Jadi Pramuka harus mengawal Empat Pilar Nasional. Tidak boleh tergantikan dengan ideologi lain," papar Niken.
Dirjen Niken menegaskan saat ini tugas seluruh masyarakat Indonesia cukup banyak. Melalui media sosial kita dipecahbelah dan tidak percaya lagi pada Pancasila. "Dan adanya ideologi-ideologi lain yang akan dipaksakan untuk menggantikan Pancasila. 

Bagaimana Pramuka memberikan kontribusi terhadap bangsa dan negara melalui lingkungan kita, Bhinneka Tunggal Ika, berbeda beda tetapi tetap satu," tandasnya.

Oleh karena itu, Niken berpesan dalam menghadapi hoaks agar setiap orang dapat memenuhi media sosial dengan konten atau materi-materi yang positif. "Jadi begitu ada konten negatif, harus dihentikan oleh kita (tanpa disebarkan lagi). Dan kita semua harus waspada dan selalu saring dahulu sebelum sharing," pungkasnya. (rilis/Biro Humas)
Nama

Advetorial,4,Advevetorial,20,Batam,5,Bengkalis,416,Berita,1630,Biografi,18,Bisnis,83,Dumai,703,Dunia,81,Editorial,16,Hukum,1109,Inhil,99,Inhu,41,Kampar,137,Kepri,11,Kuansing,70,Kuliner,8,Lifestyle,92,Meranti,68,Nasional,1578,Olahraga,199,Opini,2,Pekanbaru,584,Pelalawan,181,Pendidikan,54,Peristiwa,263,Politik,145,Redaksi,5,Riau,2058,Rohil,400,Rohul,67,ROKAN HILIR,1,Siak,111,Sumatera,159,Sumatera Barat,2,Teknologi,68,Traveling,55,Video,71,
ltr
item
Analisariau: Manfaatkan Media Sosial dengan Bijak
Manfaatkan Media Sosial dengan Bijak
https://3.bp.blogspot.com/-s_JXkjUhNdk/WRp8wgjThxI/AAAAAAAAEIE/uWPgptwp978V_tqvhyXqp_kqCjimhZeiACLcB/s320/IMG_20170516_111304.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-s_JXkjUhNdk/WRp8wgjThxI/AAAAAAAAEIE/uWPgptwp978V_tqvhyXqp_kqCjimhZeiACLcB/s72-c/IMG_20170516_111304.jpg
Analisariau
http://www.analisariau.com/2017/05/manfaatkan-media-sosial-dengan-bijak.html
http://www.analisariau.com/
http://www.analisariau.com/
http://www.analisariau.com/2017/05/manfaatkan-media-sosial-dengan-bijak.html
true
8225591636268580222
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy