Bupati Siak, Syamsuar Resmi Menjadi Kerabat Keraton

Bupati  Siak, Syamsuar, Jumat (21/4) malam, menerima gelar kehormatan dari Keraton Surakarta Hadiningrat, Solo, pada peringatan Tingalan Dalem Jumenengan SISKS Pakoe Boewono XIII yang ketigabelas. 

SIAK, AnalisaRiau.com - Pemberian gelar kehormatan dengan sebutan Kanjeng Raden Tumenggung (KRT) Drs. H. Syamsuar Darmodipuro, M.Si  itu dilakukan langsung oleh Soesoehoenan Pakoe Boewono XIII, diruang tertutup yang dijaga ketat oleh staf keraton. 

Saat dijumpai, Syamsuar mengaku, tak menyangka kalau dirinya menerima gelar Kanjeng Raden Tumenggung (KRT), yang selanjutnya tercatat sebagai kerabat Keraton Surakarta Hadiningrat.

"Saya tidak menyangka mendapat gelar kehormatan ini, atas nama diri pribadi dan sebagai kepala daerah saya ucapkan terima kasih kepada raja Kasunanan Surakarta Pakoe Boewono XIII, ungkapnya.

Disebutkannya, meski banyak perbedaan adat dan budaya dengan Siak, namun keanekaragaman ini patut dijaga dan dilestarikan, karena ini bagian  keragaman bangsa Indonesia yang ber Bhineka Tunggal Ika. 

Sementara itu, staf Keraton yang enggan disebut namanya mengatakan, pemberian gelar ini merupakan bentuk apresiasi keraton dan sekaligus memperingati Tingalan Dalem Jumenengan Pakoe Boewono (PB) XIII yang ketigabelas. Gelar kehormatan tersebut diberikan kepada abdi dalem, tokoh masyarakat, pengusaha, pejabat,  dan tokoh-tokoh dari berbagai Negara.

“Khusus untuk Bupati Siak, Pihak keraton menilai sosok Syamsuar atas dedikasi dan keberhasilannya terhadap membangun daerah, dan menjaga kerukunan antar suku sehingga layak diberi gelar kehormatan tersebut, ujarnya.

Salah seorang tokoh masyarakat keturunan Jawa Riau,  Rusdiyanto (Cak Rus), menyampaikan rasa terharunya, karena menurut dia, Bupati dua periode itu cukup pantas mendapat gelar tersebut.

Saya senang sekali Pak Syamsuar dapat gelar tersebut. Kita sebagai rakyat Siak tentu banggalah, melihat pemimpin kita itu dihargai dan dihormati dari pihak keraton.  Secara politis, Pak Syam ini adalah mantan rival saya. Tapi, sosok beliau bagus dalam memimpin Siak, makanya saya dukung, ungkapnya.

Menurutnya, sosok Pak Syamsuar ini,  adalah pemimpin dan pengayom antar suku, golongan dan agama, dan ia selalu mendengarkan keluhan-keluhan  dari masyarakat dan tanggap terhadap keluhan tersebut. 

Ngatmin pun, selaku Ketua Puja Kesuma Kab.  Siak merasa bangga karena Bupati Syamsuar bisa dapat gelar tersebut. Ia mengharapkan Bupati bisa mengajak warga keturunan Jawa di Siak agar lebih rukun dan lebih bermartabat. Selain itu, bisa mempererat hubungan antar suku bangsa yang ada di Siak.

Upacara Adat Tingalan Dalem Jumenengan ke-13

Keesokan harinya, Bupati Siak Syamsuar, Sabtu (22/4) pagi, dengan pakaian kebesaran Datuk Setia Amanah, menghadiri upacara adat ulang tahun naik tahta atau Tingalan Dalem Jumenengan ke-13, Raja Pakoe Boewono  XIII.

Tampak hadir Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Condro Kirono dan Wali Kota Solo F.X. Hadi Rudyatmo. 

Tingalan Dalem Jumenengan Pakubuwono (PB) XIII menjadi momen penting bagi raja Keraton Kasunanan Surakarta.

Oleh karena itu PB XIII mengundang Raja, Sultan, Datuk, Penelingsir dan Pemangku Adat se Nusantara, maupun raja dan sultan dari negara tetangga, serta para penerima gelar kehormatan lainnya.

Dalam bahasa Jawa, kata Tingalan berarti 'peringatan", kata Dalem berarti panggilan kehormatan untuk seorang raja Jawa dan Jumenengan berasal dari kata jumeneng yang berarti "bertahta".

Upacara adat tersebut merupakan ritual yang wajib dilaksanakan di kerajaan-kerajaan yang masih mempunya garis darah dengan Kesultanan Mataram Islam.*** (humas)

Nama

Advetorial,11,Advevetorial,20,Batam,5,Bengkalis,419,Berita,1764,Biografi,18,Bisnis,85,Dumai,718,Dunia,81,Editorial,17,Hukum,1145,Inhil,99,Inhu,41,Kampar,137,Kepri,12,Kuansing,70,Kuliner,8,Lifestyle,93,Meranti,68,Nasional,1592,Olahraga,200,Opini,2,Pekanbaru,618,Pelalawan,215,Pendidikan,55,Peristiwa,268,Politik,147,Rau,1,Redaksi,5,Riau,2199,Rohil,468,Rohul,67,ROKAN HILIR,1,Siak,113,Sumatera,161,Sumatera Barat,2,Teknologi,70,Traveling,55,Video,71,
ltr
item
Analisariau: Bupati Siak, Syamsuar Resmi Menjadi Kerabat Keraton
Bupati Siak, Syamsuar Resmi Menjadi Kerabat Keraton
https://1.bp.blogspot.com/-9AIz8myst1c/WPzbSxXtywI/AAAAAAAAEzM/jvXKUXz5sbAtpA1szGjnRZu0sAoN7mZSgCLcB/s320/FB_IMG_1492965891500.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-9AIz8myst1c/WPzbSxXtywI/AAAAAAAAEzM/jvXKUXz5sbAtpA1szGjnRZu0sAoN7mZSgCLcB/s72-c/FB_IMG_1492965891500.jpg
Analisariau
http://www.analisariau.com/2017/04/bupati-siak-syamsuar-resmi-menjadi.html
http://www.analisariau.com/
http://www.analisariau.com/
http://www.analisariau.com/2017/04/bupati-siak-syamsuar-resmi-menjadi.html
true
8225591636268580222
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy