Untuk Bisa Berobat Warga Pulau Halang Harus Sewa Kapal Rp1 Juta


Penghulu Pulau Halang Muka
Abdul Rahman
ROKAN HILIR - Menetap di sebuah pulau yang di kelilingi air laut memang sangat mengasikan. Pasalnya, selain dapat menghirup udara segar tanpa adanya polusi udara. Disisi lain, rasa aman, nyaman dan damai membuat siapapun menjadi betah menetap di Pulau. Hanya saja rasa  khawatir tak mampu di bendung tak kala  sulitnya mendapatkan pertolongan secara cepat saat adanya musibah seperti kecelakaan atau
sakit karena tak tersedianya alat tranportasi khusus dan minimnya jumlah tenaga medis. 
Kondisi inilah yang terjadi sekaligus di rasakan oleh warga masyarakat di Kepenghuluan Pulau Halang Muka, Kecamatan Kubu Babusalam, Kabupaten Rohil selama ini. Walau di pulau yang mayoritas penduduknya bergantung dari hasil laut ini ada tenaga medis seperti perawat dan bidan, akan tetapi jumlahnya hanya beberapa orang saja di tambah fasilitas medis yang ada di pulau ini juga masih jauh dari kata memadai.

Hal yang paling memprihatinkan dari warga yang bertempat tinggal di pulau ini adalah di saat membutuhkan penanganan medis secara serius dan harus di rujuk, keluarga pasien dengan terpaksa harus merogoh kocek dalam-dalam untuk menyewa Boad ataupun Kapal milik nelayan agar yang sedang sakit bisa secepatnya diantarkan menyeberangi pulau menuju RSUD Dr RM Pratomo Bagansiapiapi melalui pelabuhan. 

Kondisi sebegini telah berlangsung sejak lama dan bahkan sebelum Kabupaten Rohil berdiri. Tidak pernah sekalipun adanya pengadaan Boad, Kapal, Ferry atau semacamnya yang dikhususkan sebagai alat tranportasi agar bila ada yang sakit atau membutuhkan penanganan medis secara serius bisa secepatnya diantarkan. Berdasarkan pengakuan Penghulu Pulau Halang Muka, Abdul Rahman saat dihubungi Kamis (3/3/2022), selama ini bila ada warga yang sakit dan harus di rujuk mereka  menyewa Boad atau Kapal secara pribadi.



"Mau bagaimana lagi, alat tranportasi khusus memang tidak ada jadi mau tidak mau mereka harus menyewa Kapal sendiri dengan harga kisaran Rp1 juta itupun hanya mengantarkan saja sampai Pelabuhan," terang Abdul Rahman. Akan tetapi, ada persoalan lain kendati ada Kapal yang bisa di sewakan bukan berarti bisa langsung berangkat, harus lihat dulu kondisi air apakah sedang pasang atau sudah surut.

"Jika air laut sedang surut biasanya kapal nelayan akan kandas ke dasar tanah dan kapal itu di pastikan tidak akan bisa bergerak," jelasnya lagi. Hal ini lah yang selama ini di rasakan sekitar 900 Kepala Keluarga (KK) lebih warga yang menetap di Pulau Halang yang terdiri dari tiga Kepenghuluan tersebut. Khusus warga Kepenghuluan Pulau Halang Muka jumlah KK nya sekitar 400, aku Abdul Rahman.

"Memang selama saya menjabat sebagai Penghulu tidak ada laporan adanya warga yang meningal karena tidak cepat di rujuk ke rumah sakit di Bagansiapiapi baik yang sakit, kecelakaan maupun wanita yang akan melahirkan," ungkapnya. Hanya saja, lanjutnya lagi melihat kondisi yang terjadi selama ini di tambah warga yang dengan terpaksa harus mengeluarkan uang buat menyewa kapal supaya bisa berobat di rumah sakit di Bagansiapiapi dinilai perlu adanya tanggapan serius.

"Saya secara pribadi sangat prihatin melihat kondisi seperti ini, mau sampai kapan warga kita harus begini terus. Makanya saya berharap dengan sangat Pemda Rohil melalui Bapak Bupati sekarang ini bisa memikirkan bagaimana kedepannya warga bisa mudah ke Bagansiapiapi saat akan berobat tanpa harus membayar uang sewa kapal," harap Abdul Rahman. 

Dirinya mencontohnya bila ada alat tranportasi khusus bagi warga yang membutuhkan pertolongan alangkah bagusnya dan di yakini masyarakat akan sangat senang karena terbantu. "Boad dengan mesin 400 PK, dengan daya tampung enam orang saja saya nilai sudah cukup membantu. Sebab, dengan Boad seperti ini bisa kapan saja meluncur tanpa harus menunggu pasang surut air laut," sebutnya. (Erik)
Nama

Advetorial,18,Advevetorial,21,Batam,5,Bengkalis,420,Berita,2035,Biografi,18,Bisnis,88,Dumai,738,Dunia,81,Editorial,17,Hukum,1190,Inhil,99,Inhu,41,Kampar,138,Kepri,13,Kuansing,70,Kuliner,8,Lifestyle,93,Meranti,68,Nasional,1621,Nasionall,1,Olahraga,207,Opini,2,Pekanbaru,647,Pelalawan,235,Pendidikan,57,Peristiwa,268,Politik,154,Rau,1,Redaksi,5,Riau,2442,Rohil,643,Rohul,67,ROKAN HILIR,1,Siak,113,Sumatera,165,Sumatera Barat,4,Teknologi,70,Traveling,55,Video,71,
ltr
item
Analisariau: Untuk Bisa Berobat Warga Pulau Halang Harus Sewa Kapal Rp1 Juta
Untuk Bisa Berobat Warga Pulau Halang Harus Sewa Kapal Rp1 Juta
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEgcfTxshFUlUo-t8lU-mzmCwRbAWQ5EvV-G6FOEnyw0CFoDNImXzu-aPfJazvk61qc-BDyWG5bKTFdi-s4HryuPW2axucuGQPdOOqu-OmsT-RrAmNk3tVAXxtZsL3rOyqHR1Km1fQZEmWYH7i-UHkQsEGcz-KsqGZpskFQdQgo-9vMYF1piQxzD0h-w=s320
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEgcfTxshFUlUo-t8lU-mzmCwRbAWQ5EvV-G6FOEnyw0CFoDNImXzu-aPfJazvk61qc-BDyWG5bKTFdi-s4HryuPW2axucuGQPdOOqu-OmsT-RrAmNk3tVAXxtZsL3rOyqHR1Km1fQZEmWYH7i-UHkQsEGcz-KsqGZpskFQdQgo-9vMYF1piQxzD0h-w=s72-c
Analisariau
http://www.analisariau.com/2022/03/untuk-bisa-berobat-warga-pulau-halang.html
http://www.analisariau.com/
http://www.analisariau.com/
http://www.analisariau.com/2022/03/untuk-bisa-berobat-warga-pulau-halang.html
true
8225591636268580222
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy