Pihak Perkim Rohil Turun Tinjau Sanitasi Di Sedinginan

ROKAN HILIR - Setelah adanya pemberitaan di salah satu media online dan media cetak  terkait pembangunan Water Closed (WC) dari Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (Perkim) Kabupaten Rohik di Kelurahan Sedinginan, Kecamatan Tanah Putih, yang diduga mangkrak sehingga tak dapat di manfaatkan oleh warga, utusan dari pihak Dinas Perkim Rohil langsung turun ke lokasi, Sabtu (6/11/2021) untuk memastikan penyebab sebenarnya. 

Adapun perwakilan dari Dinas Perkim yang turun ke lokasi tersebut diantaranya PPTK, Regulus Yura Angara Tenaga Fasilitator Lapangan (TFL), Ardian Nurzain serta anggota KSM Sedinginan, Arif selaku pelaksana pembangunan tiga pihak ini melihat secara langsung di lokasi  WC atau sanitasi ini di bangun tepatnya di daerah Kampung Tengah Jalan Mansurdin, Kelurahan Sedinginan, Kecamatan Tanah Putih, daerah dengan kondisi perbukitan ini terlihat  bahwa belum terlaksana pembangunan tersebut secara maksimal.


Persoalan lainya adalah adanya warga di satu titik lokasi yang direncanakan tidak mengizinkan KSM menanamkan Tangki Septik Komunal di lahan mereka yang pada awal nya program ini disosialisasikan sudah bersedia dan akibatnya tangki septik komunal tersebut belum bisa dimanfaatkan. 

"Kita sudah cek ke kelokasi, sudah meminta penjelasan terkait kenapa pembangunan sanitasi ini belum maksimal manfaatnya untuk masayarakat. Kesimpulannya ini bukan faktor kesengajaan melainkan karena adanya kendala pada titik pembuangan," jelas PPTK yang akrap di sapa Yura ini.

Walaupun dirinya menyayangkan tidak pernah mendapatkan aduan dari pihak KSM terkait kendala yang mereka hadapi namun, terpenting dan perlu di lakukan saat ini adalah mencarikan solusi agar sanitasi yang sudah dibuat ini bisa di gunakan oleh warga.

"Saya minta warga bisa bersabar kita akan mencari solusi bagaimana sanitasi yang sudah dibangun oleh KSM ini bisa dinikmati manfaatnya oleh masyarakat untuk menciptakan lingkungan permukiman yang sehat. Namun, kita akan berkoordinasi lebih dulu dengan atasan dan pimpinan untuk mencari solusi terbaik," kata Yura.

Sementara itu, Kepala Dinas Perkim Zulfahmi ST melalui Kabid Kawasan Pemukiman, Tito Satria ST ditempat terpisah menyebutkan "Proyek pembangunan WC yang dimaksud dari berita sebelumnya adalah program Dana Alokasi Khusus (DAK) Sanitasi Tangki Septik Komunal 5 KK (Kepala Keluarga) yang pelaksanaanya dilakukan di Tahun Anggaran 2020 dengan anggaran sebesar Rp. 211.750.000,- Program ini terdiri dari komponen Tangki Septik Komunal dan Jaringan Pipa Limbah. "Mengenai pembangunan WC yang dikerjakan cuma sampai sebatas dudukan klosed saja, Dinding dan atap WC diharapkan swadaya dari masyarakat yang menerima bantuan program ini. Hal ini berhubungan juga dengan keterbatasan anggaran," sebut Tito.

Dimana untuk proses pembangunan Program Sanitasi ini secara utuh di laksanakan oleh Kelompok Swadaya Masyarakat atau yang di singkat KSM Sedinginan, dimana pengurus kelompok ini berasal dari warga daerah setempat.

Saat berita ini di release Tim Dinas Perkim dan TFL turun lagi ke Sedinginan untuk survey lokasi supaya program tersebut dapat dimanfaatkan oleh masyarakat.(rls/Editor:Erik)

Nama

Advetorial,18,Advevetorial,21,Batam,5,Bengkalis,419,Berita,1889,Biografi,18,Bisnis,87,Dumai,735,Dunia,81,Editorial,17,Hukum,1168,Inhil,99,Inhu,41,Kampar,138,Kepri,13,Kuansing,70,Kuliner,8,Lifestyle,93,Meranti,68,Nasional,1601,Nasionall,1,Olahraga,203,Opini,2,Pekanbaru,629,Pelalawan,226,Pendidikan,55,Peristiwa,268,Politik,149,Rau,1,Redaksi,5,Riau,2316,Rohil,546,Rohul,67,ROKAN HILIR,1,Siak,113,Sumatera,161,Sumatera Barat,3,Teknologi,70,Traveling,55,Video,71,
ltr
item
Analisariau: Pihak Perkim Rohil Turun Tinjau Sanitasi Di Sedinginan
Pihak Perkim Rohil Turun Tinjau Sanitasi Di Sedinginan
https://1.bp.blogspot.com/-seRDItf-rHk/YYkRey7I6HI/AAAAAAAAMnc/lGPsDfnYmx036Mv6ShMUSfo9eQi-7J7lQCLcBGAsYHQ/s320/IMG_20211108_185925.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-seRDItf-rHk/YYkRey7I6HI/AAAAAAAAMnc/lGPsDfnYmx036Mv6ShMUSfo9eQi-7J7lQCLcBGAsYHQ/s72-c/IMG_20211108_185925.jpg
Analisariau
http://www.analisariau.com/2021/11/pihak-perkim-rohil-turun-tinjau.html
http://www.analisariau.com/
http://www.analisariau.com/
http://www.analisariau.com/2021/11/pihak-perkim-rohil-turun-tinjau.html
true
8225591636268580222
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy