Atasi Masalah Banjir Di Pusat Ibu Kota, Pemda Gelar Kamis Bersih


ROKAN HILIR - Guna mencegah penyumbatan saluran air khususnya di pusat Kota Bagansiapiapi agar tidak terjadinya banjir di saat musim hujan, Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) bersama Dinas Lingkungan Hidup (DLH) membuat sebuah kegiatan positif di beri nama Kamis Bersih yang bertujuan untuk membersihkan sampai yang ada di saluran Drainase. Kamis Bersih perdana yang di mulai dengan pelaksanaan apel ini diikuti lebih kurang sebanyak 300 orang yang terdiri dari berbagai unsur diantaranya para pegawai Pemda Rohil, Ormas, OKP,  BUMD, TNI dan  Polri.

Terpusat di depan Kantor Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD), di Jalan Merdeka, Kamis (4/11/2021) di Bagansiapiapi, apel ini di pimpin langsung oleh Bupati Rohil, Afrizal Sintong Sip. Selesai apel 300 orang yang mengikuti apel langsung menyebar membersihkan Drainase pada titik-titik yang telah di tentukan, Bupati dan Wakil Bupati, H Sulaiman SS MH, Sekda Rohil, HM Job Kurniawan, Kepala BPN Rohil, Rocky Soenoko, Kapolsek Bangko, Kompol Sasli Rais SH, Wadanramil 01 Bangko, Kapten Inf Tayung serta unsur lainnya juga turut langsung melakukan pengecekan kondisi drainase dan membersihkan lumpur serta sampah yang memadati saluran air. 

Saluran air yang ada di ibu Kota Kabupaten Rohil selama ini mengalami pendangkalan diakibatkan sampah serta lumpur. Untuk memperbaiki kondisi tersebut supaya drainase lebih bersih program Kamis Bersih ini di canangkan serta dilaksanakan, kata Bupati Rohil. "Terimakasih atas partisipasi yang datang dari berbagai pihak pada pelaksanaan Kamis Bersih ini," sebut bupati. 

Kondisi saluran air yang mengalami penyumbatan di wilayah pusat ibu kota selama ini adalah salah satu pemicu terjadinya banjir di saat tinginya curah hujan, maka dari itu langkah pencegahan yang harus dilakukan adalah dengan membersihkan saluran drainase yang ada supaya banjir bisa di atasi kedepanya. 

Selain perlunya dilakukan pembersihan, bupati tak lupa mengingatkan kepada seluruh masyarakat khususnya yang berdomisili di wilayah pusat kota Bagansiapiapi untuk dapat bekerjasama menjaga kebersihan lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan yang mengakibatkan terjadinya penyumbatan saluran air. 

"Sampah harus diletakan pada tempatnya dan jangan sembarangan dibuang sebab target kita seluruh saluran ai di pusat kota Bagansiapiapi ini sudah bersih secara menyeluruh dalam waktu satu bulan kedepan," ingat bupati seraya menjelaskan. Penanganan masalah banjir yang belakangan ini sangat di galakkan oleh Pemda Rohil di bawah kepemimpinan Afrizal Sintong Sip dan H Sulaiman SS MH tak hanya terfokus pada saluran air di wilayah pusat ibu kota saja.  

Sejak beberapa bulan terakhir pemerintah daerah juga tengah melakukan normalisasi sejumlah salurah pembuangan air seperti sungai atau parit yang ada di Kecamatan Bangko. "Kita juga sudah siapkan alat berat untuk menormalisasi sungai-sungai pembuangan air untuk menghindari kemungkinan curah hujan yang tinggi pada bulan 12 mendatang. Harapan kita tentu banjir ini semoga bisa kita atasi," harap bupati. 

Sementara itu, Kepala DLH Rohil, Suwandi S Sos selaku penanggung jawab kegiatan Kamis Bersih menjelaskan bahwa sebanyak 300 orang yang dilibatkan pada kegiatan Kamis Bersih ini di bagi kedalam beberapa kelompok. Dimana setiap kelompok akan membersihkan saluran air yang telah ditentukan sebelumnya. Adapun beberapa lokasi yang akan dilakukan pembersihan diantaranya saluran air yang ada di Jalan Pahlawan menuju simpang Jalan Skip, kemudian menuju sungai pabrik serta di jalan Perdagangan. (Erik)

Nama

Advetorial,18,Advevetorial,21,Batam,5,Bengkalis,419,Berita,1889,Biografi,18,Bisnis,87,Dumai,735,Dunia,81,Editorial,17,Hukum,1168,Inhil,99,Inhu,41,Kampar,138,Kepri,13,Kuansing,70,Kuliner,8,Lifestyle,93,Meranti,68,Nasional,1601,Nasionall,1,Olahraga,203,Opini,2,Pekanbaru,629,Pelalawan,226,Pendidikan,55,Peristiwa,268,Politik,149,Rau,1,Redaksi,5,Riau,2316,Rohil,546,Rohul,67,ROKAN HILIR,1,Siak,113,Sumatera,161,Sumatera Barat,3,Teknologi,70,Traveling,55,Video,71,
ltr
item
Analisariau: Atasi Masalah Banjir Di Pusat Ibu Kota, Pemda Gelar Kamis Bersih
Atasi Masalah Banjir Di Pusat Ibu Kota, Pemda Gelar Kamis Bersih
https://1.bp.blogspot.com/-m0Qeo4fSu1U/YYQWfSYVBXI/AAAAAAAAMnE/21nWJ_EJEDE0O8XygTTu2qVH2_XMyh_AQCLcBGAsYHQ/s320/IMG_20211105_001830.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-m0Qeo4fSu1U/YYQWfSYVBXI/AAAAAAAAMnE/21nWJ_EJEDE0O8XygTTu2qVH2_XMyh_AQCLcBGAsYHQ/s72-c/IMG_20211105_001830.jpg
Analisariau
http://www.analisariau.com/2021/11/atasi-masalah-banjir-di-pusat-ibu-kota.html
http://www.analisariau.com/
http://www.analisariau.com/
http://www.analisariau.com/2021/11/atasi-masalah-banjir-di-pusat-ibu-kota.html
true
8225591636268580222
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy