Warga Minta Tumpukan Tanah Pembangunan Masjid Cheng Ho Segera Dipindahkan

ROKAN HILIR - Tumpukan bahan material yang berada di pingiran Jalan tepatnya di Simpang Tugu Tepak, Jalan Pelabuhan Baru, Kelurahan Bagan Barat, Kecamatan Bangko, Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), yang kabarnya milik salah satu pengusaha yang juga mantan pejabat dilingkungan Pemkab Rohil ini di akui warga telah merusak pemandangan, menganggu serta membahayakan penguna jalan. Pasalnya, material berupa tumpukan Tanah Merah ini mengakibatkan jalan berdebu di musim panas dan memunculkan lumpur di kala musim hujan.

"Kita tidak menghalangi siapapun yang ingin melakukan baik itu usaha maupun pembangunan apapunlah jenisnya. Namun, hendaknya penempatan bahan material harus benar-benar di perhatikan agar tidak merusak dan mengangu serta membahayakan penguna jalan," kata salah satu masyarakat Pelabuhan Baru, Hendrick Putra Fasa pada awak media Online Analisarau.com Jumaat malam (13/8/2021) melalui via WhattApp.

Hendri Gondrong begitu sapaan akrap Priya yang aktif di salah satu Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) ini menjelaskan bahwa tumpukan bahan material ini sebenarnya adalah untuk penimbunan lahan pembangunan Masjid Cheng Ho yang berlokasi di belakang Pujasera, Jalan Sumatra, Kelurahan Bagan Barat, atau tepatnya di sekitar Lapangan KONI Bagansiapiapi. Jadi tanah merah ini di tumpuk sementara di situ dan kemudian nantinya di angkut lagi ke lokasi pembangunan yang jaraknya cukup jauh, terang Hendrick.

"Yang kita sesalkan itu adalah dimana tumpukan bahan material berupa tanah ini mengakibatkan rusaknya jalan. Sebab, walaupun berada di sebuah lahan, tapi karena sangat dekat dengan jalan tanah itu berserakan di bodi jalan sehingga sangat mengganggu pengguna jalan yang lalu lalang di daerah tersebut. Bahkan warga yang bermukim di sekitaran lokasi tumpukan tanah ini juga turut merasa tergangu baik di kala musim panas apa lagi saat musim hujan," akunya.

Menyikapi kondisi itu, Hendrick sangat mengharapka adanya tindakan tegas serta larangan penempatan bahan material di lokasi teraebut dari pihak terkait khususnya Dinas Perhubungan Rohil. "Ini kan tugasnya Dinas Perhubungan. Nah, kita minta mereka bertindak dan melarang dengan meminta pihak yang menempatkan tanah itu supaya segera mungkin memindahkannya ke lokasi pembangunan. Agar bodi jalan di sekitaran lokasi timbunan tanah itu tidak kotor akibat tanah yang berserakan serta mengelak terjadinya kecelakaan akibat lumpur yang mengenangi jalan saat musim hujan," pinta Hendrick.

Sementara itu, di tempat terpisah, salah satu panitia pembangunan Masjid Cheng Ho, H Wazirwan Yunus saat di bubungi via WhattApp membenarkan bahwa tumpukan tanah merah itu untuk penimbunan pembangunan Masjid. "Iya tanah itu untuk penimbunan lahan pembangunan Masjid Cheng Ho. Kita meletakan tanah itu di sana karna tidak ada lagi lahan lain yang bisa di pakai. Namun, itu hanya sementara saja karna nanti akan di angkut ke lokasi pembangunan," sebut mantan Kadis Koprasi dan UKM Rohil ini.

Terkait keluhan warga dirinya mengaku sebelumnya ada juga warga dan tokoh pemuda yang datang menemuinya menyampaikan keluhan dan meminta agar tanah itu segera di pindahkan atau paling tidak harus di bersihkan. "Sebenarnya kemaren ada juga yang datang ke saya. Mereka minta agar ada petugas yang tiap hari membersihkan tanah yang berserak di jalan ini. Saya pikir kalau tiap hari tidak mungkin karna siapa yang mau kalau tidak di gaji," terangnya.

Akan tetapi lanjut Wazirwan, pihaknya sebenarnya sudah menempatkan petugas kebersihan dan melakukan tugas pembersiban tiap baik menurunkan maupun memuat tanah ke dalam mobil angkutan dan itu dilakukan hampir tiap dua hari sekali. "Persoalanya tanah inikan untuk pembangunan masjid, di sisi lain kita sudah minta izin dengan pemerintah setempat. Kami selaku panitia pembangunan Masjid juga meminta pengertian dan kerjasama yang baik dari masyarakat agar pelaksanaan pembangunan Masjid ini bisa terlaksana dengan lancar," pintanya. (Erik)



Nama

Advetorial,18,Advevetorial,21,Batam,5,Bengkalis,419,Berita,1824,Biografi,18,Bisnis,86,Dumai,730,Dunia,81,Editorial,17,Hukum,1159,Inhil,99,Inhu,41,Kampar,137,Kepri,12,Kuansing,70,Kuliner,8,Lifestyle,93,Meranti,68,Nasional,1598,Nasionall,1,Olahraga,200,Opini,2,Pekanbaru,623,Pelalawan,217,Pendidikan,55,Peristiwa,268,Politik,147,Rau,1,Redaksi,5,Riau,2253,Rohil,504,Rohul,67,ROKAN HILIR,1,Siak,113,Sumatera,161,Sumatera Barat,2,Teknologi,70,Traveling,55,Video,71,
ltr
item
Analisariau: Warga Minta Tumpukan Tanah Pembangunan Masjid Cheng Ho Segera Dipindahkan
Warga Minta Tumpukan Tanah Pembangunan Masjid Cheng Ho Segera Dipindahkan
https://1.bp.blogspot.com/-vV4SjdYXc4w/YReXy8Eu4gI/AAAAAAAAMZM/o47OTvIGRwsjU3XOnNaCb95sg08k6bYKACLcBGAsYHQ/s320/IMG_20210814_171302.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-vV4SjdYXc4w/YReXy8Eu4gI/AAAAAAAAMZM/o47OTvIGRwsjU3XOnNaCb95sg08k6bYKACLcBGAsYHQ/s72-c/IMG_20210814_171302.jpg
Analisariau
http://www.analisariau.com/2021/08/warga-minta-tumpukan-tanah-pembangunan.html
http://www.analisariau.com/
http://www.analisariau.com/
http://www.analisariau.com/2021/08/warga-minta-tumpukan-tanah-pembangunan.html
true
8225591636268580222
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy