Kembalinya Kader Yang Terbuang


ROKAN HILIR - Politik adalah seni dan ilmu untuk meraih kekuasaan, tidak ada yang tidak mungkin di dunia politik karena siapapun orangnya mereka hanya punya satu tujuan yaitu meraih apa yang diinginkan. Ini soal politik yang berkaitan dengan Musyawarah Daerah (Musda) ke V Partai Golkar untuk memilih calon Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) II partai berlambangkan pohon Beringin untuk Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) masa bakti 2021-2026 yang di jadwalkan akan dilaksanakan Sabtu 31 Juli sampai 1 Agustus 2021 mendatang.

Lima orang kader terbaik Golkar telah mengambil formulir setelah pendaftaran kandidat di buka oleh panitia penyelengara Musda Selasa (27/7/2021) lalu, namun entah kenapa hingga dengan penutupan pendaftaran Rabu (28/7/2021) hanya Afrizal Sintong saja yang mengembalikan formulir ke pihak panitia pendaftaran di Kantor DPD II Golkar Rohil di Jalan Kecamatan, Batu Enam, Kepenghuluan Bagan Punak Meranti, Kecamatan Bangko melalui Abdurahman selaku orang yang di utuskan didampingi beberapa orang lainya. 

Sementara empat orang kader lainya yang diantaranya Fuad Ahmad, Karmila Sari, Tarmawan dan Kasrul sama sekali tidak mengembalikan formulir pendaftaran. Entah apa yang sesunguhnya terjadi sehingga empat kader Golkar lainya tak mengembalikan formulir yang sebelumnya telah di ambil. Kejadian ini tentu menimbulkan pertanyaan besar yang barang kali sangat sedap untuk di kupas dan di bahas.

Bahkan muncul isu yang beranggapan "Mundur sebelum perang" dengan kata lain muncul keraguan tak bakalan mampu mengalahkan sosok Afrizal Sintong yang sebelumnya telah berhasil mengalahkan penantang jauh lebih kuat yaitu tiga calon bupati di Pilkada serentak pemilihan bupati dan wakil bupati 9 Desember 2020 lalu walau hanya bermodalkan keyakinan dan tekat yang kuat serta hanya diusung oleh partai yang hanya sedikit mendapatkan kursi di Legislatif seperti Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) 4 kursi, Nasdem 5 kursi serta Partai Berkarya 1 kursi namun berhasil menjadi bupati. 

Terlepas dari soal pendaftaran itu, kemenangan Afrizal Sintong di Pilkada serentak 2020 lalu ini juga sekaligus menjadi bukti nyata bahwa pilihan partai Golkar yang menjatuhkan dukungan kepada Asri Auzar-Fuad Ahmad sangat tidak tepat. Padahal Afrizal Sintong sebelum mendaftar di KPU sangat-sangat membutuhkan dan berharap mendapatkan dukungan penuh dari partai Golkar berhubung dirinya juga adalah Kader yang pernah membesarkan nama Golkar yang di buktikan pernah duduk sebagai anggota DPRD Rohil masa bakti 2014-2019.

Seperti apakan nantinya mekanisme pemilihan Ketua DPD II saat Musda V Partai Golkar Rohil ini dan apakah Afrizal Sintong bakal dengan mudah meraih tampuk kepemimpinan atau justru malam sebaliknya yang mana calon lainya muncul tampa harus mendaftar. Isu hangat ini patut untuk diikuti mengingat sebelumnya sang pemimpin yang di kenal dekat dengan rakyat melalui sapan khas Epi Sintong ini seperti tak di pandang dan diprediksikan tak mampu meraih suara banyak oleh partai Golkar.

Hal itu dikuatkan setelah partai Golkar lebih memilih kader lainya yakni Fuad Ahmad mendampingi Asri Auzar calon nomor urut 3 yang ternyata hanya mampu meraih sebanyak 76.521 suara walaupun turut didukung tiga partai besar lainya yakni Demokrat, Gerindra dan PPP. Berdasarkan Rapat pleno terbuka rekapitulasi dan penetapan hasil penghitungan suara tingkat Kabupaten yang di gelar KPU Rabu (16/12/2020) malam tahun lalu,  Afrizal Sintong yang berpasangan dengan H Sulaiman nomor urut 4 ini memperoleh suara terbanyak yakni 94.151 suara.

Selain mengalahkan calon urut 3 yang didukung partai Golkar serta pasangan nomor urut 1 yakni Cutra Andika-M Rafiq dengan perolehan suara 19.831 bahkan Afrizal Sintong juga menumbangkan pasangan Incumben nomor urut 2 H Suyatno-Drs H Jamiludin (Sudin) yang memperoleh sebanyak 85.059 suara dari total keseluruhan suara sah dari empat pasangan calon sebanyak 275.926. 

Padahal sebelum pencoblosan di gelar pasangan petahana ini di isukan dan bahkan di gadang-gadangkan bakal kembali memimpin Rohil dan mengalahkan calon yang ada, namun kenyataan membuktikan hal lain. Akankah Afrizal Sintong bakal menjadi Ketua DPD II partai Golkar Rohil nantinya karna mendapatkan dukungan penuh dari pemilih Pengurus Kecamatan (PK) yang menjadi penentu muktlak sebuah kemenangan saat Musda V nantinya atau terpilih secara aklamasi mengingat dirinya calon tunggal sesuai administrasi.

Mau tidak mau Golkar harus menjadikan Afrizal Sintong sebagai Ketua DPD II Partai Golkar Rohil. Pasalnya, satu hal pasti priya kelahiran Kecamatan Tanah Putih ini adalah seorang pemimpin Rohil saat ini yang barang tentu memiliki pengaruh yang sangat kuat dan besar terhadap politik di daerah berjuluk "Negri seribu kubah ini". Dengan posisi bupati yang di jabatnya sekarang ditambah lagi bila juga sebagai Ketua DPD II partai Golkar akan sangat berpengaruh terhadap perolehan suara saat pelaksanaan Pilgubri mendatang. 

Posisi Afrizal Sintong ibarat penentu masa depan politik serta kemajuan partai Golkar kedepan khususnya di Rohil Jika Golkar ingin mendapatkan suara terbanyak untuk wilayah Rohil saat Pilgubri bagi calon dari kader Golkar maka suami Sanimar S.Pd ini adalah pilihan yang sangat tepat. Tingal lagi sekarang ini kesepakatan seluruh pengurus dan kader Golkar mulai dari tingkat DPC, DPD II, DPD I hingga DPP. Bisa di katakan juga bahwa babak baru politik di tubuh Golkar sekarang ini seperti mengulang kisah lama di kala zaman H Annas Maamun memimpin Rohil.

Dimasa kepemimpinan H Annas Maamun sebagai bupati yang juga selaku orang penting di tubuh Golkar Rohil banyak kader Golkar yang berhasil menduduki kursi Legislatif. Pileg tahun 2009 misalnya Golkar berhasil meraih 12 kursi dan selanjutnya Pileg 2014 meraih 10 kursi, namun sangat di sayangkan semenjak H Annas Maamun tidak lagi karna di gantikan oleh H Suyatno yang bukanlah kader Golkar perolehan suara pada Pileg 2019 perolehan kursi Golkar turun drastis dengan hanya meraih 6 kursi sahaja. 

Ini membuktikan bahwa duduknya kader Golkar sebagai orang nomor satu di Rohil memiliki dampak yang begitu besar bagi perolehan kursi di DPRD. Tapi apapun itu akankah Afrizal Sintong akan kembali mengalami hal yang sama untuk kedua kalinya seperti saat Pilkada serentak 2020 lalu dimana Golkar lebih memilih kader lain atau justru sebaliknya melalui suara dari PK yang ada. Semua pertanyaan ini akan terjawab melalui pelaksanaan Musda V Golkar Rohil itu nantinya. (Erik)



Nama

Advetorial,18,Advevetorial,21,Batam,5,Bengkalis,419,Berita,1824,Biografi,18,Bisnis,86,Dumai,730,Dunia,81,Editorial,17,Hukum,1159,Inhil,99,Inhu,41,Kampar,137,Kepri,12,Kuansing,70,Kuliner,8,Lifestyle,93,Meranti,68,Nasional,1598,Nasionall,1,Olahraga,200,Opini,2,Pekanbaru,623,Pelalawan,217,Pendidikan,55,Peristiwa,268,Politik,147,Rau,1,Redaksi,5,Riau,2253,Rohil,504,Rohul,67,ROKAN HILIR,1,Siak,113,Sumatera,161,Sumatera Barat,2,Teknologi,70,Traveling,55,Video,71,
ltr
item
Analisariau: Kembalinya Kader Yang Terbuang
Kembalinya Kader Yang Terbuang
https://1.bp.blogspot.com/-_1jc4PGE5_4/YQO1S1uFGNI/AAAAAAAAMWM/YS13PeF-l1kvWd-uBO5jdRNlLAwTvk2DgCLcBGAsYHQ/s320/IMG_20210730_143333.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-_1jc4PGE5_4/YQO1S1uFGNI/AAAAAAAAMWM/YS13PeF-l1kvWd-uBO5jdRNlLAwTvk2DgCLcBGAsYHQ/s72-c/IMG_20210730_143333.jpg
Analisariau
http://www.analisariau.com/2021/07/kembalinya-kader-yang-terbuang.html
http://www.analisariau.com/
http://www.analisariau.com/
http://www.analisariau.com/2021/07/kembalinya-kader-yang-terbuang.html
true
8225591636268580222
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy