Jika Blok Rokan Di Kelola Sendiri, Biaya Operasional Bisa Diciutkan Jadi 5 Triliun


ROKAN HILIR - Besarnya Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten sangat mendukung kemajuan sebuah daerah. Pasalnya, ketersediaan anggaran yang sangat besar mampu mewujudkan berbagai pembangunan baik bersifat fisik maupun non fisik. Hal inilah yang memicu semangat Bupati Rokan Hilir (Rohil), Afrizal Sintong. Dimana dirinya sangat menginginkan agar  Blok Rokan bisa di kelola sendiri oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rohil melalui pihak BUMD. 

Hasil Minyak pada Blok Rokan dinilai sangatlah besar. Bahkan bila Rohil mendapatkan kesempatan mengelola Blok Rokan secara tradisional melalui pihak BUMD biaya operasional yang di keluarkan bisa di perkecil yakni hanya sebesar Rp5 Triliun pertahunya. 

"Dengan biaya operasional yang bisa di kecilnya menjadi Rp5 Triliun Rohil akan diuntungan sebesar Rp15 Triliun dari sekitar Rp20 Triliun biaya operasional yang di keluarkan selama ini. Dengan kecilnya biaya operasional ini maka nantinya pendapatan akan bisa lebih besar beda dengan selama ini akibat besarnya biaya operasional dana bagi hasil jadi kecil yang di daerah penghasil," kata bupati di sela acara Coffe morning dengan ratusan awak media mulai dari media cetak, elektronik, majalah maupun online di aula lantai V Hotel Lion Kamis (17/6/2021) di Bagansiapiapi yang turut di hadiri wakil bupati, H Sulaiman, Asisten III Setda Rohil, H Ali Asfar dan Kadis Kominfo, Hermanto.

Di terangkan bupati, di Profinsi Riau salah satu Kabupaten yang sangat maju karna APBD nya cukup besar adalah Siak, padahal daerah ini hasil minyaknya tak seberapa akan tetapi, lebih maju dari Rohil dan Kabupaten lainya. "Bagaimana Siak bisa maju dan APBD nya sangat besar, ini di karenakan mereka mengelola sendiri Blok Langkat melalui pihak BUMD," papar mantan anggota DPRD Rohil ini. 

Rencana pengelolaan Blok Rokan melalui pihak BMUD ini sepertibya benar-benar sangat serius oleh bupati, bahkan sebelum dirinya di Lantik secara resmi oleh Gubernur Riau beberapa saat yang lalu pernah dilaksanakan pertemuan dan pembahasan bersama pihak Majelis Tinggi Kerapatan Adat Melayu 3 Kenegrian Rohil yang menyepakati dan mengajukan sebanyak 9 tuntutan kepada pemerintah pusat dan pihak Pertamina Hulu Rokan selaku pihak yang di percayai sebagai pengelolaan Blok Rokan tersebut.

Adapun salah satu poin dari 9 tuntutan itu atau tepatnya pada poin 7 berbunyi menuntut hak kepada Pertamina Hulu Rokan agar memberikan sebagian ladang minyak 50 persen di Rohil untuk di kelola oleh BUMD Rohil. Hal ini tentu bukan tampa alasan, kendati Rohil adalah wilayah dengan hasil minta terbesar namun apa yang di dapat selama ini dari pemerintah pusat melalui Dana Bagi Hasil (DBH) sangat-sangat kecil dan tak sesuai dengan yang seharusnya.

"Makanya perlu trobosan baru agar pengelolaan Blok Rokan ini bisa di lakukan sendiri oleh Rohil melalui BUMD. Saya selaku Bupati Rohil sangat mengharapkan dukungan dari semua pihak termasuk pihak terkait dan awak media untuk bersma-sama memperjuangkan hal ini agar bisa terwujud dimana tujuanya adalah satu untuk kemajuan negri ini karna jika hanya semata mengharapkan dana APBD seperti sekarang ini sangat jelas akan sangat sulit untuk memajukan negri ini secara cepat," ungkap bupati seraya berharap.

Selain persoalan sangat kecilnya DBH yang di berikan kepada Pemkab Rohil, terdapat persoalan lain yang memicu semangat untuk memperebut pengelolaan Blok Rokan ini. Salah satunya adalah terkait hasil pembahasan Komisi VII DPR RI terkait persoalan bagi hasil bagi daerah dalam hal ini Profinsi Riau. Dari hasil darat itu, BUMA dengan BUMD Riau berkesempatan menyertakan modal 39 persen diluar 10 persen hak bagi hasil daerah. Hal ini tidak dapat di terima berbagai pihak khususnya Majelis Kerapatan Adat Melayu Rohil dan terlebih bupati Rohil.

Sebab, hal Itu disebut deviden, orang lain mengelola Blok Rokan sementara daerah hanya dapat bagi hasil sesuai keuntungan saham 39 persen dari penyertaan modal. Hal ini di nilai memperolokan Profinsi Riau terlebih Kabupaten Rohil sendiri. "Sudah saatnya kita berbuat untuk kemajuan Rohil ke arah yang lebih baik dan saat ini peluang terbuka lebar melalui pengelolaan Blok Rokan ini," ajak bupati seraya mengakhiri. (Erik)



Nama

Advetorial,18,Advevetorial,21,Batam,5,Bengkalis,419,Berita,1824,Biografi,18,Bisnis,86,Dumai,730,Dunia,81,Editorial,17,Hukum,1160,Inhil,99,Inhu,41,Kampar,137,Kepri,12,Kuansing,70,Kuliner,8,Lifestyle,93,Meranti,68,Nasional,1597,Nasionall,1,Olahraga,200,Opini,2,Pekanbaru,623,Pelalawan,217,Pendidikan,55,Peristiwa,268,Politik,147,Rau,1,Redaksi,5,Riau,2254,Rohil,505,Rohul,67,ROKAN HILIR,1,Siak,113,Sumatera,161,Sumatera Barat,2,Teknologi,70,Traveling,55,Video,71,
ltr
item
Analisariau: Jika Blok Rokan Di Kelola Sendiri, Biaya Operasional Bisa Diciutkan Jadi 5 Triliun
Jika Blok Rokan Di Kelola Sendiri, Biaya Operasional Bisa Diciutkan Jadi 5 Triliun
https://1.bp.blogspot.com/-ZNiiVoumBqA/YMt-SlJRKLI/AAAAAAAAMKo/FS4MbJQA3kIr7uWrvj4FoOyEIyJLv5e9QCLcBGAsYHQ/s320/IMG_20210617_212209.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-ZNiiVoumBqA/YMt-SlJRKLI/AAAAAAAAMKo/FS4MbJQA3kIr7uWrvj4FoOyEIyJLv5e9QCLcBGAsYHQ/s72-c/IMG_20210617_212209.jpg
Analisariau
http://www.analisariau.com/2021/06/jika-blok-rokan-di-kelola-sendiri-biaya.html
http://www.analisariau.com/
http://www.analisariau.com/
http://www.analisariau.com/2021/06/jika-blok-rokan-di-kelola-sendiri-biaya.html
true
8225591636268580222
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy