Bupati Terpilih : Jika Untuk Kepentingan Petani Saya Dukung


ROKAN HILIR - Rencana penanaman bibit jangung dan padi melalui pemanfaatan lahan petani di lahan seluas 1.380 Hektar di areal pertanian Gang Makmur Rt14/Rw04, Kepenghuluan Parit Aman, Kecamatan Bangko, Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) melalui pihak Koprasi Agro21 tahun ini dari program Kementrian Pertanian RI disambut baik oleh Bupati terpilih, Afrizal  Sintong. Walaupun dirinya mengaku baru mengetahui dan tidak adanya laporan dari pihak Koprasi selaku pengelola namun, mengingat adanya kepentingan petani atas rencana ini dirinya mengaku tetap mendukung.


Bupati Rohil terpilih dari Pilkada serentak 9 Desember 2020 lalu ini mengaku bahwa ada beberapa orang pengurus Kelompok Tani menjumpai dirinya belum lama ini. "Mereka menyampaikan ke saya katanya ada bantuan pusat untuk pertanian, saya sendiri belum tau apa betul ada bantuan tersebut," kata Afrizal ketika dihubungi via WhattApp Senin (5/4/2021) di Bagansiapiapi.


Namun, dirinya mengaku kalau memang ada dan benar program ini dari pemerintah pusat tentu ada aturanya. "Salah satunya kelompok tani harus menyiapkan lahan itu yang saya sampaikan kepada para petani saat menemui saya waktu itu," sebut Afrizal. Sementara itu, saat di singung bahwa pihak terkait yakni Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Rohil tidak mengetahui sama sekali soal program dan rencana itu, bupati terpilih ini berpendapat kalau memang bantuan itu ada pasti tak terlepas dari Dinas Pertanian.


"Kalau Dinas Pertanian tak tau berarti itu program bisa jadi belum ada atau belum jalan. Saya sendiri jugo belum tau tentang itu," ungkapnya. Sedangkan terkait adanya pengakuan pihak Koprasi Agro21 yang menyatakan bahwa bupati terpilih dan Ketua DPRD adalah pelindung dari program yang akan dilaksanakan itu, mantan anggota DPRD Rohil ini menjelaskan kalau untuk kepentingan petani Rohil dirinya mengaku tidak mempermasalahkan hal itu.


"Jika saya dikatakan pelindungnya ngak apa-apa itu wajar karna kan ini program untuk kepentingan petani. Saya siap dampingi petani Rohil selagi tidak menyalahi aturan," aku Priya yang akrap di sapa Epi Sintong ini. Sementara itu, Ketua DPRD Rohil, Maston yang juga dihubungi via WhattApp mengaku baru mengetahui adanya program ini melalui pemberitaan yang di terbitkan media Online www.analisariau.com Minggu (4/4/2021).


"Jujur saya baru tau setelah membaca berita online analisa.com. Namun, pada prinsipnya jika memang benar ada program dari Kementrian untuk petani barang kali ada mekanismenya," terang Maston. Seperti adanya jenjang dimana dari Kementrian turun ke pemerintah provinsi dan kemudian baru ke Kabupaten melalui pihak terkait tentunya. Akan tetapi bila memang program ini dilaksanakan melalui Koprasi selaku pihak ketiga tentu harus jelas legalitas koprasi itu. Seperti telah terdaftar, memiliki izin, bergerak di bidang apa dan keberadaanya juga harus jelas dimana, papar Maston. 


Menyikapi hal itu, Ketua Umum Koprasi Agro21, Candra menerangkan bahwa Agro21 ini adalah koprasi yang baru di bentuk setelah adanya program untuk petani melalui Kementrian Pertanian dari program Kredit Usaha Rakyat (KUR). KUR adalah kredit modal kerja dan atau kredit investasi yang diberikan oleh Perbankan kepada UMKM-K yang feasible tetapi belum bankable termasuk sektor pertanian, memiliki usaha produktif yang didukung dengan program penjaminan.


Kementerian Pertanian menargetkan penyaluran KUR untuk sektor pertanian sebesar Rp 50 triliun tahun ini untuk sektor pertanian. Sebagai informasi, plafon KUR pertanian mikro dialokasikan sebesar Rp5 juta sampai dengan Rp50 juta per petani yang tergabung dalam kelompok dimana masing-masing kelompok berjumlah sebanyak 30 orang petani. "Sampai dengan saat ini terdapat 45 kelompok petani yang sudah mengusulkan dan ringgal menunggu proses penyaluran dana saja," kata Candra.


Sedangkan untuk mendapatkan dana pinjaman itu sendiri program ini harus terlaksana paling lama bulan Juni. "Jika sampai bukan Juni program ini tidak terlaksana maka dana pinjaman itu tidak akan bisa di dapatkan oleh para petani yang telah mengusulkan melalui kelompok sebanyak 45 tersebut," aku Candra. Secara rinci Candra menjelaskan, bila nanti usulan itu berhasil dan dana dikirimkan oleh pihak Kementrian para petani di wajibkan membuka rekening bank.


"Akan tetapi ada syarat sebelum dana itu di kirim langsung ke rekening petani. Seperti tidak adanya tungakan pinjaman bank suami istri terhadap bank manapun. Selanjutnya petani tidak boleh berstatus PNS, Polri, dan TNI kecuali sudah pensiun," ungkapnya. Bila ada petani memiliki tungakan pinjaman bank suami istri di bank maka secara otomatis dana itu akan di tarik oleh pihak bank dan itu yang membuat tidak bolehnya petani ada tungakan di bank bagi yang ikut mengajukan program ini.


Selanjutnya bila dana sudah masuk ke rekening petani tidak bisa mengunakan dana itu dengan mengambilnya. "Kenapa demikian sebab, bila ini terjadi maka akan ada petani yang akan memiliki kendaraan atau mobil baru karena mengunakan dana itu," aku Candra. Dana ini peruntukannya sudah di atur mulai dari biaya pengolahan lahan, pembibitan, pemupukan, biaya tanam, perawatan, biaya panen seperti pemipilan hingga dengan kemasan.


"Petani tetap mendapatkan dana itu berupa biaya bulanan selama masa tanam hingga panen yang dananya lebih kurang perbulanya sekitar Rp4juta. Selanjutnya bila sudah panen, hasil panen petani hanya akan mendapatkan setengahnya dari hasil tanam," paparnya. Sedangkan untuk dana yang ada di rekening bila nantinya ada sisa maka dana itu akan di berikan ke petani pemilik rekening. 


"Namun, perlu untuk di ketahui, hasil dari panen dan sisa dana nantinya akan ada pemotongan lagi dimana dana ini akan di gunakan untuk biaya program tahap selanjutnya," terang Candra lagi. Terlepas dari hal tersebut, menyikapi tidak taunya pihak terkait dalam hal ini Distanak Kabupaten Rohil atas program penanaman jagung dan padi yang di motori Koprasi Agro21, Candra menjawab bahwa sanya program itu barulah sebatas usulan ke pihak Kementrian. Bila nanti berhasil dan dananya sudah turun maka pihaknya akan melaporkan langsung ke dinas terkait. 


"Kita pasti akan laporkan program ini nanti ke Dinas terkait bila usulan petani sudah berhasil. Sekarangkan baru sebatas usulan saja. Akan tetapi, kita ada Ketua 2 dan Ketua 3 di Rohil dan saya sudah minta Ketua 2 untuk menyampaikan soal usulan ini ke pihak terkait," kata Candra sembari berharap agar usulan sebanyak 45 kelompok tani ini disetujui pihak Kementrian Pertanian mengingat melalui program ini petani amat sangat terbantu. (Erik/Foto:Ist)

Nama

Advetorial,7,Advevetorial,20,Batam,5,Bengkalis,419,Berita,1724,Biografi,18,Bisnis,84,Dumai,715,Dunia,81,Editorial,17,Hukum,1144,Inhil,99,Inhu,41,Kampar,137,Kepri,12,Kuansing,70,Kuliner,8,Lifestyle,93,Meranti,68,Nasional,1591,Olahraga,199,Opini,2,Pekanbaru,613,Pelalawan,209,Pendidikan,55,Peristiwa,268,Politik,145,Rau,1,Redaksi,5,Riau,2159,Rohil,442,Rohul,67,ROKAN HILIR,1,Siak,113,Sumatera,160,Sumatera Barat,2,Teknologi,70,Traveling,55,Video,71,
ltr
item
Analisariau: Bupati Terpilih : Jika Untuk Kepentingan Petani Saya Dukung
Bupati Terpilih : Jika Untuk Kepentingan Petani Saya Dukung
https://1.bp.blogspot.com/-1Vp_jxuFyzU/YGr7bE-DM_I/AAAAAAAAL6M/HmnxVrsyUpIi_G8-BAlj-kkZr3aMmpzfQCLcBGAsYHQ/s320/IMG_20210405_185526.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-1Vp_jxuFyzU/YGr7bE-DM_I/AAAAAAAAL6M/HmnxVrsyUpIi_G8-BAlj-kkZr3aMmpzfQCLcBGAsYHQ/s72-c/IMG_20210405_185526.jpg
Analisariau
http://www.analisariau.com/2021/04/bupati-terpilih-jika-untuk-kepentingan.html
http://www.analisariau.com/
http://www.analisariau.com/
http://www.analisariau.com/2021/04/bupati-terpilih-jika-untuk-kepentingan.html
true
8225591636268580222
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy