Prawita GENPPARI Nikmati Olah Raga Pagi di Bukit Acropolis Yunani


YUNANI — “Setiap orang pada dasarnya sudah menyadari bahwa olah raga itu penting, apalagi jika bisa dilakukan secara rutin dan teratur. Persoalannya bukan pada pengetahuan penting atau tidak penting, melainkan pada rasa MALAS untuk melakukannya. Ditambah lagi dengan beberapa argumen yang menguatkannya, seperti alasan sibuk, jadwal yang padat, tidak sempat, dan lain – lain. Apapun bentuk permasalahannya yang dihadapi setiap orang dalam mengatur waktu yang dimilikinya, semua orang pasti sepakat ingin bisa olah raga teratur dan sehat “, ujar Ketua Umum DPP Prawita GENPPARI Dede Farhan Aulawi di sela – sela olah raga paginya di bukit Acropolis kota Athena – Yunani, Senin (22/02/2021).

Kemudian Dede juga menyampaikan bahwa olah raga pada dasarnya bisa dilakukan dimana saja, terutama di area atau kawasan yang masih memiliki kualitas udara yang bersih dan baik, misalnya di pedesaan yang alam dan udaranya relatif masih terjaga dengan baik. Tidak seperti udara perkotaan yang umumnya sudah penuh dengan polusi, baik polusi pabrik, polusi kendaraan, dan sebagainya. Oleh karena itu, begitu ada kesempatan dirinya menyempatkan diri untuk berolah raga dalam rangka menjaga stamina sekaligus meningkatkan sistem kekebalan tubuh, terlebih dalam suasana pandemi covid 19 seperti saat ini. Pilihan tempat olah raga pagi ini jatuh ke atas perbukitan Acropolis yang berada di kota Athena Yunani. Katanya.

“Pada umumnya di Indonesia banyak orang yang berolah raga di pagi hari karena udaranya relatif masih bersih. Lalu di siang hari atau sore pun kini sudah mulai ramai. Suasana ini agak berbeda dengan kota London Inggeris, dimana banyak orang yang berolah raga termasuk lari di malam hari, sehingga tidak mengherankan jika pada malam hari di beberapa kawasan kota Inggeris kita bisa melihat banyak orang yang sedang lari malam. Kita mungkin belum tahu pasti manakah jam yang terbaik untuk olah raga, apakah pagi, siang, sore atau malam. Namun daripada memperdebatkan masalah waktu, lebih baik kita melakukannya secara teratur sesuai dengan kelonggaran waktu yang dimiliki masing – masing orang," lanjut Dede.

Mungkin semua sudah pada tahu bahwa jika ingin menurunkan berat badan, sebaiknya berolahraga di pagi hari dengan kondisi perut kosong, sebab olahraga saat perut kosong dapat membakar lemak 20% lebih banyak dibandingkan bila sudah sarapan. Jadi perlu berusaha untuk melakukan lari pagi atau jogging selama 10 menit dalam keadaan perut kosong sebagai cara terbaik untuk membakar lemak yang tersimpan, dan menurunkan berat badan.

Kemudian ketika ditanya kenapa memilih tempat olah raga pagi saat itu di bukit Acropolis ? Dirinya menjelaskan bahwa disamping udaranya yang segar dan bersih, bukit Acropolis juga menyajikan pemandangan yang sangat indah. Dimana bisa melihat kejayaan Yunani pada masa lampau. Beberapa peninggalan sejarah berupa bangunan kuno masih tampak meskipun sebagian sudah tidak utuh lagi.

Menurutnya, acropolis di Athena merupakan acropolis paling terkenal dari banyak acropolis di zaman Yunani kuno. Bangunannya merupakansimbol dari Yunani kuno, dan memiliki banyak pengaruh pada arsitektur neo-klasik. Meskipun banyak orang mengenalnya sebagai Acropolis, bagi orang-orang sezamannya dikenal sebagai Cecropia. Nama itu merujuk pada Cecrops, yang merupakan raja pertama Athena yang legendaris. Menurut cerita masyarakat setempat, Cecrops bukan raja biasa, karena ia dikatakan memiliki kepala dan tubuh seorang pria, tetapi bagian bawah dari seekor ular. Dewi Athena pernah bersaing melawan dewa Poseidon dalam perebutan kepemilikan Athena, dan Cecrops yang menyatakan Dewi Athena pemenang. Pentingnya Cecrops bagi orang Yunani kuno (dan khususnya orang Athena) berarti Acropolis dinamai Cecropia untuk menghormatinya. Kata acropolis dapat diterjemahkan sebagai 'kota di langit' atau 'kota di udara' dan itu adalah istilah yang digunakan untuk setiap kota yang dibangun di atas bukit yang tinggi. 

Agama dinilai sebagai bagian penting dari kehidupan di Yunani kuno pada saat itu. Mereka politeistis dan menyembah 12 dewa utama, yaitu Zeus, Hera, Poseidon , Demeter, Athena, Ares, Aphrodite , Apollo , Artemis , Hephaestus, Hermes, dan Hestia atau Dionysus. Ketika Dewi Athena berada di puncak kekuasaannya, pekerjaan membangun kuil dimulai. Dibangun di situs Pre-Parthenon, Parthenon sekarang dianggap sebagai contoh arsitektur Yunani kuno yang paling signifikan. Meskipun banyak Acropolis di Yunani, namun Acropolis Athena adalah yang paling terkenal. Acropolis Athena adalah benteng kuno yang terletak di atas pegunungan batu di atas kota Athena dan berisi bangunan kuno. Salah satu bangunan kuno yang paling terkenal adalah Parthenon. 

Jadi saat kita berolah raga pagi di sini, selain menyehatkan fisik juga memanjakan mata dalam memandang seluruh keindahan di masa lampau. Apalagi objek – objek kunjungan wisata di kota Athena itu, hampir semuanya berdekatan sehingga menjadi kawasan Situs Warisan Dunia UNESCO. Di kawasan ini juga terdapat bangunan-bangunan yang menandai kehidupan masyarakat Athena seperti Parthenon, Odeon of Herodes Atticus, Erechtheion, Propylaea, Temple of Athena Nike dan Theatre of Dionysus. Masuk kawasan acropolis Athena bayar sekitar USD 50, kecuali kalau bisa menunjukan kartu ID Travel Jurnalist (wartawan kepariwisataan) free of charge alias gratis.

“Tidak terlalu jauh dari Acropolis Athena tersebut, kita juga bisa jalan - jalan cuci mata di Plaka yang berada di kawasan toko-toko kecil. Di sana ada pedestrian yang nyaman untuk jalan kaki dan toko-toko suvenir berjajar di jalan-jalan sempit. Yang beda dari toko-toko ini adalah bangunannya kuno bergaya neo-klasik. Jadi kita bisa menikmati kecantikan bangunannya sambil belanja. Tidak jauh dari Plaka, kita juga bisa melihat Syntagma Square sebuah kawasan sejarah saksi penentuan konstitusi Yunani modern. Di kawasan ini juga ada Gedung Parlemen Yunani, dimana kita bisa menyaksikan pergantian penjaga dengan seragam dan cara berjalan yang unik di halaman Gedung Parlemen. Seragamnya berwarna coklat muda dengan bagian bawah seperti rok yang panjangnya di atas lutut, dilengkapi kaos kaki putih panjang. Dengan topi seperti peci berwarna merah dengan untaian seperti rambut panjang dan tebal di sebelah kanan topi. Yang lebih menarik lagi bagian depan sepatunya berbulu dan bulat membesar. Oleh karenanya tidak heran jika para turis yang datang ke sini sering menantikan momen tersebut untuk menyaksikan sekaligus berfoto ria," lanjut Dede.

“Selanjutnya turun ke bawah sedikit, kita juga akan sampai ke distrik Monastiraki. Inilah enaknya olah raga, di samping menyehatkan juga bisa mengirit biaya transportasi di negeri orang. Area ini terkenal dengan kafe dan bar yang menawarkan keindahan Acropolis di malam hari. Di sekitar Monastiraki Station terdapat Athens’ Flea Market, Hadrian’s Library dan gereja tua. Di Flea Market dijual paperback books, koin peninggalan masa Yunani kuno, hand painting, perangko, postcard dan barang-barang antik seperti machine gun peninggalan zaman Nazi. Jadi untuk bisa menikmati sebuah kota di luar negeri dengan konsep sehat dan irit biaya, ya jalan kaki dan jogging. Kita juga bisa lebih mudah untuk menghapal jalan, daripada harus naik mobil umum atau kereta. Oleh karenanya sebelum bepergian ke luar negeri untuk berolah raga, sebaiknya biasakan olah raga teratur dulu di daerah kita masing – masing, agar saat di sana bisa tetap sehat dan irit," pungkas Dede mengakhiri cerita dengan senyuman ringan.


(*)



Nama

Advetorial,18,Advevetorial,21,Batam,5,Bengkalis,419,Berita,1824,Biografi,18,Bisnis,86,Dumai,730,Dunia,81,Editorial,17,Hukum,1160,Inhil,99,Inhu,41,Kampar,137,Kepri,12,Kuansing,70,Kuliner,8,Lifestyle,93,Meranti,68,Nasional,1597,Nasionall,1,Olahraga,200,Opini,2,Pekanbaru,623,Pelalawan,217,Pendidikan,55,Peristiwa,268,Politik,147,Rau,1,Redaksi,5,Riau,2254,Rohil,505,Rohul,67,ROKAN HILIR,1,Siak,113,Sumatera,161,Sumatera Barat,2,Teknologi,70,Traveling,55,Video,71,
ltr
item
Analisariau: Prawita GENPPARI Nikmati Olah Raga Pagi di Bukit Acropolis Yunani
Prawita GENPPARI Nikmati Olah Raga Pagi di Bukit Acropolis Yunani
https://1.bp.blogspot.com/-xg3RBiNKUe8/YDRSSiRR5mI/AAAAAAAALtU/JBUP4_Qe1c8RhOgU3JUXXu12U12YL-YlQCLcBGAsYHQ/s320/IMG-20210223-WA0001.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-xg3RBiNKUe8/YDRSSiRR5mI/AAAAAAAALtU/JBUP4_Qe1c8RhOgU3JUXXu12U12YL-YlQCLcBGAsYHQ/s72-c/IMG-20210223-WA0001.jpg
Analisariau
http://www.analisariau.com/2021/02/prawita-genppari-nikmati-olah-raga-pagi.html
http://www.analisariau.com/
http://www.analisariau.com/
http://www.analisariau.com/2021/02/prawita-genppari-nikmati-olah-raga-pagi.html
true
8225591636268580222
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy