Gandeng ExxonMobil, Ketua Umum Apkasindo : Kerjasama ini Akan Menciptakan Lapangan Kerja


JAKARTA — Petani kelapa sawit yang berada di bawah naungan Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (Apkasindo) bolehlah berbangga hati. Setelah akta kerjasama antara Apkasindo dengan ExxonMobil, diharapkan nilai tambah petani bakal meningkat.

Ketua Umum DPP Apkasindo, Gulat ME Manurung mengatakan, kerjasama yang meliputi pengembangan mobil mikrosite diluar wilayah Jawa, seperti Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi akan membuka pemberdayaan masyarakat dan usaha kecil petani.

"Sehingga, kerjasama ini akan menciptakan lapangan kerja. Kami sangat mengapresiasi ExxonMobil,” ujar Gulat ME Manurung, di Jakarta, Selasa (01/09/2020).

Gulat Manurung mengatakan, MoU antara PT ExxonMobil Lubricants Indonesia dengan Apkasindo mengenai potensi kemitraan strategis yang dijembatani oleh Kementerian Maritim dan Investasi melalui Stafsus Jodi Mahardi.

Kemitraan strategis tersebut terkait pengembangan mobil mikrosites di Sumatera, Kalimantan dan Sulawesi. Bahkan, ke depannya, Apkasindo dan ExxonMobil akan masuk ke pengembangan industri hilir berbasis CPO kebun rakyat, khususnya dalam memanfaatkan brondolan.

"Kemitraan strategis antara Apkasindo dengan ExxonMobil merupakan nilai tambah dalam pemberdayaan para petani sawit seluruh Indonesia yang tersebar di 22 Provinsi dan 118 Kabupaten/kota," papar Gulat.

Melalui kerjasama ini, Apkasindo berharap UMKM petani sawit 'tersadar' bahwa potensi pengembangan usaha sawit bisa dengan kerjasama di luar kebiasaan pada umumnya. " Ini sebagai pembelajaran yang cukup berarti. Sama seperti dulu, ketika Indomaret dan sejenis awal-awalnya banyak ditentang. Namun, di pedesaan sawit saat ini sudah menjadi kebutuhan," paparnya.

Gulat Manurung mengatakan, barangkali bagi kebanyakan orang, kerjasama yang dilakukan Apkasindo akan terasa asing. Namun, hal inilah yang membedakan cara Apkasindo dalam memberikan pembelajaran sektor bisnis di luar kebiasaan petani sawit.

"Namun, bidikan inti kami kedepannya adalah industri insitu pengolahan TBS petani bersama ExxonMobil," ujarnya.

Menurut Gulat, insitu disini adalah mobil pengolahan TBS petani akan hadir ke kebun-kebun petani. TBS petani langsung diolah di kebun petani untuk menghasilkan CPO, dan cangkang serta tankosnya bisa dimanfaatkan petani untuk pakan ternak dan pupuk.

"Inilah yang kami sebut Insitu Mikrosites atau Insitu Mobile Palm Oil (In-MPO).  Program ini akan dikembangkan khususnya di daerah-daerah sentra perkebunan rakyat yang jauh dari PKS-PKS yang sudah ada," jelas Gulat.

SPBU Mini

Menurut Gulat, pada  tahap awal Apkasindo bersama ExxonMobil akan memulainya mengembangkan Mikrosites Mobil, semacam SPBU Mini khsusus bensin, di daerah pedesaan dan remote area. Sehingga, kebutuhan akses bahan bakar yang berkualitas untuk kendaraan bermotor dan yang lainnya dapat terpenuhi di pedesaan.

"Disatu sisi akses ke pompa SPBU yang sudah ada jauh dari desa, dan kadangkala stok habis dan harus membeli eceran dengan harga yang lebih mahal. Nah, SPBU ini akan dioperasionalkan oleh Koperasi Perkebunan Sawit sebagai mitra Binaan Apkasindo, dan ini akan menjadi salah satu pemasukan. Jadi, pemasukan petani tidak selalu tergantung dengan hasil TBS," paparnya.

Nah, berkat kerjasama tersebut, lanjut Gulat, peran petani ke depan akan semakin seksi dan menentukan. Hal ini dikarenakan lahan sawit di Indonesia, 41 persennya dari 16,3 juta hektar (ha) dikelola atau dimiliki petani. Keberadaan lahan sawit yang dikelola petani  akan bertambah luas. Mengingat, di saat yang bersamaan korporasi diikat oleh moratorium penambahan luas kebun sesuai Inpres No 8 Tahun 2018 dan izin-izin HGU yang habis masa berlakunya.

"Karena itu,  segala terobosan akan kami lakukan, tak terkecuali  mendorong keberhasilan program peremajaan sawit rakyat (PSR) akan meningkatkan produksi perkebunan kelapa sawit rakyat 2-3 kali lipat, yang saat ini hanya pada kisaran 700-1000kg TBS/ha/bulan," paparnya.

Hal senada diungkapkan, Vice Presiden Exxon Mobil Kamal Singh. Menurut Kamal, pihaknya sangat bangga dan senang bisa berkerja sama dengan komunitas petani sawit sebesar Apkasindo yang memiliki perwakilan di 22 provinsi.

"Ini merupakan pengalaman baru kami. Biasanya kami bekerja sama dengan perusahaan perusahaan besar. Kemudian saat ini kami maju satu langkah dengan kerjasama strategis ini," ujarnya.

Kamal Sign juga mengatakan, ke depan pihaknya bisa bekerja sama lebih jauh dengan petani sawit, untuk berkontribusi dalam kesejahteraan petani di Indonesia.

"Kami akan mengawal kerjasama ini dengan baik untuk membantu kesejahteraan petani Indonesia. Dan ini sejalan dengan program pemerintah bapak Presiden Jokowi terkait peningkatan kesejahteraan petani sawit rakyat melalui UMKM, dan kami ingin hadir disana," pungkasnya.


(*)

Editor : Ingatan

Nama

Advetorial,34,Advevetorial,33,Batam,5,Bengkalis,427,Berita,2303,BeritaRiau,4,Biografi,18,Bisnis,92,Dumai,764,Dunia,81,Editorial,17,Hukum,1219,Inhil,103,Inhu,41,Kampar,139,Kepri,15,Kuansing,72,Kuliner,8,Lifestyle,93,Meranti,69,Nasional,1659,Nasionall,1,Olahraga,218,Opini,45,Pekanbaru,694,Pelalawan,237,Pendidikan,60,Peristiwa,269,Politik,173,Rau,1,Redaksi,5,Riau,2681,Riau Rohil,1,Rohil,787,Rohul,67,ROKAN HILIR,1,Siak,113,Sumatera,172,Sumatera Barat,4,Teknologi,70,Traveling,55,Video,71,
ltr
item
Analisariau: Gandeng ExxonMobil, Ketua Umum Apkasindo : Kerjasama ini Akan Menciptakan Lapangan Kerja
Gandeng ExxonMobil, Ketua Umum Apkasindo : Kerjasama ini Akan Menciptakan Lapangan Kerja
https://1.bp.blogspot.com/-X22N6ASo9sI/X03-Yxj0ZAI/AAAAAAAADTM/i7F76pWUOFQq0F4-L-wvpt1CF1eXeXjewCLcBGAsYHQ/s640/IMG-20200901-WA0017.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-X22N6ASo9sI/X03-Yxj0ZAI/AAAAAAAADTM/i7F76pWUOFQq0F4-L-wvpt1CF1eXeXjewCLcBGAsYHQ/s72-c/IMG-20200901-WA0017.jpg
Analisariau
http://www.analisariau.com/2020/09/gandeng-exxonmobil-ketua-umum-apkasindo.html
http://www.analisariau.com/
http://www.analisariau.com/
http://www.analisariau.com/2020/09/gandeng-exxonmobil-ketua-umum-apkasindo.html
true
8225591636268580222
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy