Mengejutkan, 23 Warga Rohil Positif Covid-19 Pemerintah Harus Lebih Serius


ROKAN HILIR — Kendati Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) melalui Tim Gugus Tugas selama ini begitu serius dalam upaya memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19, namun hal itu tidak mampu membendung warga dari terjangkit virus tersebut. Hal ini dibuktikan dengan terjangkitnya 23 orang warga Rohil secara positif virus Corona dan baru 2 orang diantaranya yang telah sembuh sedangkan 21 orang lainya masih menjalani perawatan. Informasi ini dikutip berdasarkan data resmi yang di keluarkan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Rohil, pada Senin (03/08/2020).

Sangat disayangkan Kabupaten Rohil yang sebelumnya sempat menjadi pilot projek penanganan Covid 19 dalam upaya memutus mata rantai penyebaran virus, kini dengan terpaksa harus rela menaikan level penanganan dari memutus menjadi menangani penderita virus tersebut. Hal ini jelas bukan tugas yang enteng. Sebab, tampa kelengkapan yang sesuai, barang tentu dapat menjangkit siapa saja yang menangani penderita yang positif Covid 19 tersebut.

Sangking seriusnya, Direktur RSUD dr RM Pratomo Bagansiapiapi, dr. Tri Buana Tunga Dewi, M.Kes telah mengeluarkan surat edaran tertanggal 3 Agustus 2020 dengan nomor 00/UM-RS/B02 tentang penutupan sementara pelayanan poliklinik rawat jalan rumah sakit yang berada di Jalan Pahlawan, Kelurahan Bagan Kota, Kecamatan Bangko sehubungan dengan adanya tenaga kesehatan RSUD dr RM Pratomo Bagansiapiapi terkonfirmasi positif Covid-19. 

Penutupan sementara pelayanan poliklinik rawat jalan tersebut dilakukan mulai dari tanggal 4 hingga dengan tanggal 8 Agustus 2020 karena akan dilakukannya pemeriksaan Swab bagi tenaga kesehatan RSUD dr RM Pratomo Bagansiapiapi. Sebanyak 21 orang positif Covid 19 sesuai data Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19 Kabupaten Rohil sebanyak 15 orang berasal dari Kecamatan Bagan Batu yang terdata di Puskesmas Bagan Batu, selanjutnya sebanyak 5 orang berasal dari Kecamatan Tanah Putih yang terdata di Puskesmas Sedinginan dan 1 orang berasal dari Kecamatan Balai Jaya sesuai data yang ada di Puskesmas Balai Jaya. 

Sementara yang telah di nyatakan sembuh kendati sebelumnya terkonfirmasi positif Covid 19 berasal dari Kecamatan Bagan Batu. Sekretaris Dinas Kesehatan selaku Juru Bicara Tim Gugus Tugas Covid 19 Kabupaten Rohil, H. Ahmat Yusuf, S.Sos. MH. yang dihubungi Analisariau.com pada Senin malam (03/08/2020) menjelaskan bahwa punca dari munculnya banyak kasus positif Covid 19 di Rohil adalah kurangnya kesadaran masyarakat terhadap bahaya Covid-19. 

Disingung terkait banyaknya temuan kasus berdasarkan data di Puskesmas Bagan Batu dirinya membeberkan bahwa ini berawal dari adanya tenaga kesehatan yakni perawat di Rumah Sakit Indah Bagan Batu yang terjangkit Covid 19. "Perawat ini melakukan kontak dengan pasien dan hal inilah yang menyebabkan terjadinya penularan sehingga jumlah positif Covid-19 di Bagan Batu menjadi meningkat," kata Ahmad Yusuf. 

Menyikapi kondisi Covid 19 di Rohil saat ini dirinya menghimbau kepada seluruh masyarakat Rohil agar lebih hati-hati dan meningkatkan kewaspadaan dengan senantiasa menjalankan protokol kesehatan dan senantiasa menggunakan masker serta mencuci tangan. Persoalan serius yang dihadapi oleh pemerintah dan warga Rohil saat ini turut ditanggapi oleh salah satu tokoh pemuda, Muhamad Maliki.

Menurutnya untuk menekan kasus ini harus diawali dari kesadaran masyarakat itu sendiri, "Intinya ada pada diri kita, kita harus sadar dan harus senantiasa menjaga dan menerapkan apa yang dianjurkan oleh pemerintah. Sebaliknya pemerintah juga jangan pernah bosan untuk menghimbau warga. Artinya jika pemerintah sudah menghimbau sekali jangan berhenti harus terus-menerus," katanya. Sebagai contoh, daerah yang menerapkan sistem PSBB nyatanya mereka juga tidak mampu mencegah warganya dari terjangkit.

Bahkan dirinya menyarankan agar pemerintah lebih ketat dalam upaya penanganan Covid 19 seperti yang pernah dilakukan yakni memeriksa setiap warga yang masuk ke Rohil. "Kan sekarang sudah ada tes swab. Artinya setiap orang yang masuk ke Rohil harus di cek dengan melakukan tes. Bila dinyatakan positif maka yang bersangkutan harus menjalankan karantina dan perawatan tampa ada pengecualian, mentang-mentang dia anak si A atau si B. Harus disamakan agar kondisi sekarang ini bisa ditekan," jelas Maliki.

Menyikapi kondisi saat ini, dirinya mengaku akan melakukan tindakan pencegahan yang dimulai dari rumah ke rumah dengan membagikan cairan Disinfektan ke rumah-rumah di Kecamatan Bagan Batu dan kegiatan ini nantinya akan dilaksanakan mulai besok, Selasa (04/08/2020) yang di pusatkan di Kecamatan Bagan Batu karena daerah ini paling banyak temuan kasus positif, "Kita akan bagikan cairan dengan jumlah mencapai 2 ribu botol ke rumah-rumah penduduk. Ini kita nilai lebih efektif dan masyarakat sendiri nantinya yang akan melakukan penyemprotan di rumah mereka sendiri," tandas Muhamad Maliki.


***(Erik)

Editor : Ingatan
Nama

Advevetorial,15,Batam,5,Bengkalis,407,Berita,1501,Biografi,18,Bisnis,83,Dumai,665,Dunia,80,Editorial,16,Hukum,1075,Inhil,99,Inhu,37,Kampar,134,Kepri,11,Kuansing,70,Kuliner,8,Lifestyle,85,Meranti,68,Nasional,1516,Olahraga,199,Opini,2,Pekanbaru,552,Pelalawan,174,Pendidikan,53,Peristiwa,258,Politik,131,Redaksi,5,Riau,1916,Rohil,337,Rohul,67,ROKAN HILIR,1,Siak,111,Sumatera,157,Sumatera Barat,2,Teknologi,67,Traveling,55,Video,71,
ltr
item
Analisariau: Mengejutkan, 23 Warga Rohil Positif Covid-19 Pemerintah Harus Lebih Serius
Mengejutkan, 23 Warga Rohil Positif Covid-19 Pemerintah Harus Lebih Serius
https://1.bp.blogspot.com/-Ryz0r7VlbIQ/XygPlbRuoMI/AAAAAAAAC_E/fov_gxcV0SUlyWw3wCUtLCi9GAL3Sv83ACLcBGAsYHQ/s640/IMG-20200803-WA0078.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-Ryz0r7VlbIQ/XygPlbRuoMI/AAAAAAAAC_E/fov_gxcV0SUlyWw3wCUtLCi9GAL3Sv83ACLcBGAsYHQ/s72-c/IMG-20200803-WA0078.jpg
Analisariau
http://www.analisariau.com/2020/08/mengejutkan-23-warga-rohil-positif.html
http://www.analisariau.com/
http://www.analisariau.com/
http://www.analisariau.com/2020/08/mengejutkan-23-warga-rohil-positif.html
true
8225591636268580222
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy