Kini Saatnya Masyarakat Bersatu Perangi Covid-19


ROKAN HILIR — Jika seluruh masyarakat Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) ingin Negeri ini terselamat dari penyebaran virus Covid-19 maka, yang perlu dan harus dilakukan adalah dengan menjalankan protokol kesehatan dengan disiplin tampa terkecuali. Sebab, bila kita semua lengah dan lalai dengan tidak menjalankan protokol kesehatan maka musuh yang tak terlihat yakni Covid-19 dengan sangat mudah menyerang manusia. Maka mulai dari saat ini mau tidak mau seluruh masyarakat khususnya Rohil harus melaksanakannya, mengingat Rohil sudah masuk dalam kategori daerah Zona Merah Covid-19.

Walau sampai dengan Rabu (05/08/2020) Kabupaten Rohil masih bertahan dengan jumlah 34 orang positif Covid-19 namun, perlu diketahui bahwa daerah berjuluk "Negeri Seribu Kubah" yang sebelumnya sempat mempertahankan predikat Zona Hijau ini kini telah terkategori sebagai daerah Zona Merah penyebaran virus Covid-19, hal ini seperti yang di sampaikan Juru Bicara Gugus Tugas Tanggap Covid-19 Kabupaten Rohil, H Ahmad Yusuf, S.Sos M.H. pada awak media saat didampingi Kasubag DokPim Dinas Kominfotik Rohil, Hasnul Yamin,  di Media Center, Jalan Perwira, Bagansiapiapi.

“Sampai hari ini Rabu kasus positif Covid-19 di Rohil masih tetap sama dengan kemarin, yaitu sebanyak 34 orang. Dimana yang masih dirawat sebanyak 31 orang di beberapa fasilitas kesehatan yang ada di Rohil seperti RSUD dr RM Pratomo Bagansiapiapi dan juga Puskesmas di beberapa Kecamatan. Sementara 3 orang sudah terkonfirmasi sembuh dan telah kembali ke rumah,” terang Ahmad. 

Sesuai instruksi Gubernur Riau, pemerintah Kabupaten Rohil, dalam hal ini bupati, H. Suyatno, Amp telah memerintahkan Gugus Tugas melakukan tindakan proteksi virus dengan melakukan Swab kepada kelompok-kelompok tertentu termasuk institusi yang berpotensi terjadinya penularan virus Covid-19. “Pemkab senantiasa melakukan koordinasi dengan Pemprov Riau. Bahkan tadi kita juga sama-sama mengikuti Video Conference bersama dengan Pak Gubernur dan Forkopimda Provinsi Riau. Ada beberapa instruksi dari Pak Gubernur yang mana salah satunya kita diminta agar memperbanyak melakukan tes Swab,” terang Sekretaris Dinas Kesehatan ini.

Saat ini saja tengah dipersiapkan segala sesuatu berkaitan dengan akan dilakukan Tes Swab tersebut. "Semakin banyak swab yang kita lakukan akan semakin tinggi tingkat protect kita terhadap kemungkinan-kemungkinan yang terjadi,” ungkap Ahmad Yusuf sembari menambahkan Bahkan penularan covid-19 di Rohil saat ini tergolong cukup tinggi dan menyikapi hal itu Forkopimda Rohil dalam hal ini TNI dan Polri sudah berupaya keras untuk melakukan penegakan disiplin terhadap masyarakat.

Penegakan disiplin terhadap masyarakat tentu tidak akan dapat berjalan dengan baik bila masyarakat itu tidak mendukung. Satu hal yang pasti, tugas menekan penyebaran virus Covid-19 tentu tidak semata menjadi tugas pihak TNI dan Polri serta pemerintah semata melainkan tugas bersama dalam hal ini masyarakat. Sebab, dalam hal ini yang diselamatkan adalah masyarakat. Oleh sebab itu, peran serta masyarakat untuk menjalankan secara disiplin protokol kesehatan sangat-sangat di butuhkan supaya Rohil kembali pada daerah Zona Hijau.

Salah satu tokoh masyarakat, Gunawan kepada awak media Analisariau.com mengutarakan kekesalan atas lonjakan kasus positif yang terjadi dalam waktu singkat di Rohil saat ini. "Ini salah siapa, jangan sesekali menyalahkan pemerintah dan pihak aparat, itu jelas salah besar karena yang salah itu adalah kita masyarakat karena tidak sadar dengan bahaya virus Covid-19 dan tidak menjalankan protokol kesehatan dengan baik," ketus pria yang akrab di sapa Igun ini. 

Ini bukan bala ataupun kutukan, akan tetapi ini adalah penyakit yang menyerang manusia dari orang ke orang. "Bila tidak ingin terjangkit kita harus waspada. Jaga jarak, senantiasa mengunakan masker dan cuci tangan saat dan setelah beraktifitas. Apa susahnya, kalau sudah terjangkit baru menangis penuh penyesalan," paparnya.

"Sudah cukup bila selama ini lalai dan tidak peduli, sekarang saatnya seluruh masyarakat bersatu memerangi penyebaran virus ini," tandasnya.


***(Erik)

Editor : Ingatan
Nama

Advevetorial,15,Batam,5,Bengkalis,407,Berita,1499,Biografi,18,Bisnis,83,Dumai,664,Dunia,80,Editorial,16,Hukum,1075,Inhil,99,Inhu,37,Kampar,134,Kepri,11,Kuansing,70,Kuliner,8,Lifestyle,85,Meranti,68,Nasional,1515,Olahraga,199,Opini,2,Pekanbaru,552,Pelalawan,174,Pendidikan,53,Peristiwa,258,Politik,131,Redaksi,5,Riau,1915,Rohil,337,Rohul,67,ROKAN HILIR,1,Siak,111,Sumatera,157,Sumatera Barat,2,Teknologi,67,Traveling,55,Video,71,
ltr
item
Analisariau: Kini Saatnya Masyarakat Bersatu Perangi Covid-19
Kini Saatnya Masyarakat Bersatu Perangi Covid-19
https://1.bp.blogspot.com/-2yX8Knbd93Q/Xyroz0e_sbI/AAAAAAAADBI/kwT8dK-3YiYLRJLgM6FENhxwncWmBLBlgCLcBGAsYHQ/s640/IMG-20200805-WA0052.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-2yX8Knbd93Q/Xyroz0e_sbI/AAAAAAAADBI/kwT8dK-3YiYLRJLgM6FENhxwncWmBLBlgCLcBGAsYHQ/s72-c/IMG-20200805-WA0052.jpg
Analisariau
http://www.analisariau.com/2020/08/kini-saatnya-masyarakat-bersatu-perangi.html
http://www.analisariau.com/
http://www.analisariau.com/
http://www.analisariau.com/2020/08/kini-saatnya-masyarakat-bersatu-perangi.html
true
8225591636268580222
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy