Bupati Pelalawan Pimpin Apel Siaga Penanggulangan Bencana Karhutla

Kab.Pelalawan Gelar Apel Siaga Penanggulangan Bencana KarhutlaPolresta Pekanbaru Siagakan Personilnya di Masjid-Masjid/Foto:Ist

PELALAWAN - Kabupaten Pelalawan menggelar Apel Siaga Darurat Penanggulangan Bencana Karhutlah yang diselenggarakan di Taman kreatif Pangkalan Kerinci, Senin ( 05/03/2018 ).

Penanganan permasalahan kebakaran hutan dan lahan sangat penuh perhatian khusus dan khususnya di Kabupaten Pelalawan termasuk dalam Siaga Darurat Karhutla.

Dalam acara Apel Siaga Darurat Penanggulangan Bencana Karhutlah Kabupaten Pelalawan turut hadir Bupati Pelalawan HM Harris, Kapolres Pelalawan AKBP Kaswandi Irwan S.IK, Kodim 0313 Pabung Mayor Untung Kusmanto, Kepala Dinas BNPB Kab.Pelalawan Drs Hadi Panendio, Kasatpol PP & Damkar Drs Abu Bakar FE, SE , Maggala Agni Da Op Rengat Ismail Hasibuan , Kepala Balai TNTN Supartono, S.Hut,MP, Kapolsek Se Kabupaten Pelalawan, Camat Pangkalan Kerinci Fahkrurrozi S.Sos, Perusahaan turut hadir PT.Rapp, PT. Arara Abadi, PT. Ade Plantation,PT Asian Agri, PT.Safari Riau, Musimas,Surya bratasena,
Bupati Pelalawan H.M.Harris bertindak sebagai pembina upacara.Dalam amanatnya Bupati Harris mengatakan kebakaran hutan yang terjadi di tahun 2014 agar tidak terulang kembali, saat ini Kabupaten Pelalawan berada dalam status siaga darurat hingga 31 juli 2018.

Situasi sekarang dipengaruhi oleh cuaca panas dan minimnya curah hujan terutama di daerah pesisir Kabupaten Pelalawan seperti di Kecamatan Teluk Meranti dan Kuala Kampar.
Selanjutnya menambahkan sampai dengan hari ini Kabupaten Pelalawan telah terjadi 11 kali kebakaran hutan dan lahan dengan luas lahan terbakar lebih kurang 54 Ha.

Seperti dikutip oleh reportaseriau.com
“Kondisi ini hendaknya terus kita tekan, melalui himbauan dan sosialisasi, pemantauan, patroli dan upaya-upaya pemadaman agar tidak meluas dan tidak terjadi lagi. Hasil rakornas penanggulangan karhutla beberapa waktu yang lalu di Istana Merdeka Jakarta,Presiden Joko Widodo menandaskan agar tidak terjadi kebakaran dan lahan disuatu daerah.Apabila hal itu terjadi Kapolres dan Dandim akan langsung dicopot,”terang Bupati.

Presiden juga berpesan serta mengingatkan kembali pihak baik itu TNI, Polri, Pemerintah Daerah serta perusahaan agar melengkapi personel dan peralatan pemadaman sedini mungkin serta melakukan hal diantaranya menginformasikan kepada masyarakat, kelompok masyarakat dan semua pihak agar tidak membuka lahan dengan cara membakar.
Harris menegaskan agar pimpinan perusahaan bidang kehutanan dan perkebunan berkoordinasi dengan pemerintah setempat dan memberikan dukungan sumber daya manusia,sarana prasarana pencegahan dan penanggulangan karhutla baik dalam areal perusahaan maupun desa, meningkatkan koordinasi dengan tugas dan kewenangannya mengantisipasi penanggulangan terjadinya kebakaran hutan dan lahan, mengkedepankan perlindungan masyarakat dari bencana kabut asap,

Terakhir dirinya berpesan kepada camat,lurah dan kepala desa mengerahkan partisipasi masyarakat dalam upaya pemantauan,pengawasan,pencegahan dan penanggulangan terjadinya karhutla kembali.
Dalam Apel Siaga Darurat Kapolres Pelalawan AKBP Pol Kaswandi Irwan,S.Ik yang juga selaku Kasatgas Karhutla Pelalawan berpesan kepada satgas tim terpadu yang sudah berjalan hendaknya tetap mempertahankan semangat, kekompakan dalam penanganan karhutla yang terjadi di Kabupaten Pelalawan ini, kebersamaan dan kekompakan permasalahan yang terjadi hendaknya dilaksanakan bersama, ia menitipkan pesan kepada satgas untuk menjaga kesehatan, siap dan cepat penanganan karhutla agar ditahun 2018 ini kabut asap bisa seminim mungkin kita tekan dan bebas dari kebakaran lahan dan hutan.

Untuk kesiapan kesigapan Tim Satgas Karhutlah kita sudah sigap karena ketika di ketahui dimana titik api dan Tim Satgas Karhutlah bersama TNI, Polri dan pemerintah Daerah langsung kelokasi dimana terjadinya kebakaran. Ini merupakan apresiasi berkat kerjasama Tim Karhutlah Kabupaten Pelalawan menjadikan Kabupaten Bebas Api dan Asap. Ungkap Ka.Satgas Karhutla Kabupaten Pelalawan.

Di akhir apel siaga Darurat penanggulangan bencana karhutla Bupati Pelalawan , Kapolres Pelalawan, Dandim 0313 meninjau langsung kesiapan tim karhutla yang bekerja sama dengan perusahaan yang ada di kabupaten pelalawan melihat peralatan-peralatan karhutla seperti tangki air, pompa air, kendaraan operasional dan berbagai peralatan lainnya.

(Sumber:Reportaseriau.com/ris).

Nama

Advetorial,34,Advevetorial,33,Batam,5,Bengkalis,427,Berita,2305,BeritaRiau,4,Biografi,18,Bisnis,92,Dumai,764,Dunia,81,Editorial,17,Hukum,1219,Inhil,103,Inhu,41,Kampar,139,Kepri,15,Kuansing,72,Kuliner,8,Lifestyle,93,Meranti,69,Nasional,1660,Nasionall,1,Olahraga,218,Opini,45,Pekanbaru,695,Pelalawan,237,Pendidikan,60,Peristiwa,269,Politik,173,Rau,1,Redaksi,5,Riau,2682,Riau Rohil,1,Rohil,787,Rohul,67,ROKAN HILIR,1,Siak,113,Sumatera,172,Sumatera Barat,4,Teknologi,70,Traveling,55,Video,71,
ltr
item
Analisariau: Bupati Pelalawan Pimpin Apel Siaga Penanggulangan Bencana Karhutla
Bupati Pelalawan Pimpin Apel Siaga Penanggulangan Bencana Karhutla
https://4.bp.blogspot.com/-WoUc9IbIwwM/Wp1NQ9B2xEI/AAAAAAAAIWA/UUKSIQ_L5DQmVwoq9EFR0ZHXyebtc_DngCLcBGAs/s320/IMG_20180305_205408.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-WoUc9IbIwwM/Wp1NQ9B2xEI/AAAAAAAAIWA/UUKSIQ_L5DQmVwoq9EFR0ZHXyebtc_DngCLcBGAs/s72-c/IMG_20180305_205408.jpg
Analisariau
http://www.analisariau.com/2018/03/bupati-pelalawan-pimpin-apel-siaga.html
http://www.analisariau.com/
http://www.analisariau.com/
http://www.analisariau.com/2018/03/bupati-pelalawan-pimpin-apel-siaga.html
true
8225591636268580222
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy