Pansel Hakim MK Serahkan 3 Nama Pengganti Patrialis Akbar ke Presiden Jokowi

Presiden Jokowi didampingi Mensesneg menerima Pansel Hakim MK dipimpin ketua Dr. Harjono, di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (3/4) pagi. (Foto: Rahmat/Humas)

AnalisaRiau.com, JAKARTA - Panitia Seleksi (Pansel) Hakim Mahkamah Konstitusi (MK) dipimpin ketuanya Dr. Harjono, S.H., M. L., Senin (3/4) pagi, menyerahkan 3 (tiga) nama kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang dinilai pantas mengisi posisi salah satu hakim MK yang kosong pasca penangkapan Patrialis Akbar oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) karena dugaan gratifikasi, akhir Januari lalu.

“Saya buka saja 3 nama itu, pertama adalah Profesor Saldi Isra, Saudara Bernard Tanya (Dosen di Universitas Nusa Cendana Kupang), dan ketiga adalah Doktor Wicipto Setiadi (Purna Tugas dari Kementerian Hukum dan HAM). Itu tiga nama yang kita sampaikan kepada presiden,” kata Ketua Pansel Hakim MK, Dr. Harjono, S.H., M. L., kepada wartawan usai diterima Presiden Jokowi, di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (3/4) pagi.

Menurut Haryono, ketiga nama itu terpilih dari 45 pendaftar yang menyatakan minatnya untuk menjadi hakim MK. Dari 45 pendaftar ini, 22 orang dinyatakan lulus administrasi. Selanjutnya berdasarkan seleksi wawancara dan tes- tes yang lain sebanyak 12 orang dinyatakan memenuhi syarat. Namun, seorang kemudian memilih mengundurkan diri, sehingga tinggal 11 calon.

“Dari 11 peserta kita lakukan wawancara terbuka, saya kira juga ada di antara saudara-saudara dari media massa menghadiri itu, hasil terakhir dari 11 itu rankinglah secara nilai. Dan kemudian dari ranking itu kita sampaikan kepada Presiden 3 nama,” jelas Harjono.

Ketua Pansel Hakim MK itu menegaskan, dalam memilih calon yang diajukan, Pansel memusatkan pada persoalan integritas.Tentu bukan satu-satunya, karena sebagaimana ditentukan oleh Undang-Undang Dasar, ia harus menguasai Undang-Undang Dasar dan negarawan. “Jadi integritas adalah salah satu yang kita tonjolkan dan kemudian yang lain juga syarat, yang kemudian harus dipenuhi,” ujarnya.

Selanjutnya siapa yang akan dipilih dari ketiga nama itu, menurut Harjono, Pansel menyerahkan sepenuhnya kepada Presiden. Ia mengajak semua pihak menunggu Presiden untuk memilih satu dari tiga nama tersebut untuk mengisi kursi hakim MK yang kosong pasca penangkapan Patrialis Akbar.

“Jadi presiden belum menyampaikan kepada kita siapa tiga nama itu, nanti Saudara akan bisa mengetahui informasi itu mungkin melalui Menteri Sekretaris Negara. Satu dari tiga nama itu yang akan dipilih Presiden, siapa itu, saudara menunggu, saya juga  menunggu, karena itu telah menjadi kewenangan Presiden,” tegas Harjono.

Saat menerima Pansel Hakim MK itu, Presiden Jokowi didampingi oleh Menteri Sekretaris Negara Pratikno. Sementara dari Pansel Hakim MK yang diterima adalah Dr. Harjono, S.H., M. L. (Ketua), Dr. Maruarar Siahaan, S.H., LL.M., Prof. Dr. Todung Mulya Lubis, S.H., LL.M., Prof. Dr. Ningrum Natasya Sirait, S.H., M.L.I., Sukma Violetta, S.H., LL.M., dan Dr. Cecep Sutiawan, M.Si., Sekretaris (Bukan Anggota).*** (humassetkab)
Nama

Advevetorial,15,Batam,5,Bengkalis,407,Berita,1499,Biografi,18,Bisnis,83,Dumai,664,Dunia,80,Editorial,16,Hukum,1075,Inhil,99,Inhu,37,Kampar,134,Kepri,11,Kuansing,70,Kuliner,8,Lifestyle,85,Meranti,68,Nasional,1515,Olahraga,199,Opini,2,Pekanbaru,552,Pelalawan,174,Pendidikan,53,Peristiwa,258,Politik,131,Redaksi,5,Riau,1915,Rohil,337,Rohul,67,ROKAN HILIR,1,Siak,111,Sumatera,157,Sumatera Barat,2,Teknologi,67,Traveling,55,Video,71,
ltr
item
Analisariau: Pansel Hakim MK Serahkan 3 Nama Pengganti Patrialis Akbar ke Presiden Jokowi
Pansel Hakim MK Serahkan 3 Nama Pengganti Patrialis Akbar ke Presiden Jokowi
https://3.bp.blogspot.com/-YBFViQ_Q4Pk/WOJZuQvdqDI/AAAAAAAADyQ/YU7BRGRbHdAPoYP-QGiBN4BoUpgG45mLQCLcB/s320/IMG_20170403_211644.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-YBFViQ_Q4Pk/WOJZuQvdqDI/AAAAAAAADyQ/YU7BRGRbHdAPoYP-QGiBN4BoUpgG45mLQCLcB/s72-c/IMG_20170403_211644.jpg
Analisariau
http://www.analisariau.com/2017/04/pansel-hakim-mk-serahkan-3-nama.html
http://www.analisariau.com/
http://www.analisariau.com/
http://www.analisariau.com/2017/04/pansel-hakim-mk-serahkan-3-nama.html
true
8225591636268580222
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy