"Kukusan Paon" Tampilkan Kekuatan Terpendam Perempuan

Pertunjukan Kukusan Paon mengisahkan perempuan yang kerap dipandang sebagai makhluk lemah, tetapi dibalik kelembutannya selalu memiliki kekuatan yang terpendam. (Galeri Indonesia Kaya)

BUDAYA, AnalaisaRiau.com - Pertunjukan Kukusan Paon mengisahkan perempuan yang kerap dipandang sebagai makhluk lemah, tetapi dibalik kelembutannya selalu memiliki kekuatan yang terpendam.

Komunitas seni Kitapoleng mempersembahkan pementasan bertajuk “Kukusan Paon” di Auditorium Galeri Indonesia Kaya, Sabtu, 1 April 2017. Kukusan Paon merupakan salah satu karya kreator muda yang terpilih dalam program Ruang Kreatif: Seni Pertunjukan Indonesia yang diselenggarakan oleh Galeri Indonesia Kaya di bawah naungan Bakti Budaya Djarum Foundation.

Pertunjukan ini mengisahkan perempuan yang selalu dipandang sebagai makhluk lemah, tetapi sebenarnya dibalik kelembutannya selalu memiliki kekuatan yang terpendam. Terinspirasi dari Ibu Made, pemilik Made’s Warung yang ada di Kuta, Bali sejak tahun 1969 mampu membuat warung dengan masakan khas Balinya menjadi titik temu para manusia yang berdatangan ke Bali. Kesuksesan yang berasal dari simbol perempuan yaitu ruang kekuasaannya, Paon atau dapur.

“Perempuan sering kali dipandang sebagai makhluk yang lemah, tetapi dibalik kelembutannya, perempuan selalu memiliki kekuatan yang terpendam. Terinspirasi dari beberapa tokoh perempuan yang kami percaya kesuksesannya berasal dari simbol perempuan yaitu ruang kekuasaannya, Paon (dapur). Kami harap pertunjukan kami dapat menghibur dan memberikan ilmu kesenian kepada para penikmat seni di Galeri Indonesia Kaya sore hari ini,” ujar Jasmine Okubo sebagai Koreografer.

Dapur dalam jaman Majapahit disebut pawon yang mengandung dua pengertian. Pertama, bangunan rumah yang khusus disediakan untuk kegiatan masak-memasak dan kedua adalah tungku. Kata pawon berasal dari kata dasar awu yang berarti abu, mendapat awalan pa- dan akhiran -an yang berarti tempat.

Kukusan Paon terinspirasi dari beberapa tokoh perempuan yang diyakini kesuksesannya berasal dari simbol perempuan yaitu ruang kekuasaannya, Paon (dapur). (Galeri Indonesia Kaya)

Dengan demikian, pawon (pa+awu+an) adalah tempat awu atau abu. Kenyataannya memang demikian, dapur atau pawon memang tempat abu dimana tradisi di Bali pun tidak jauh berbeda dengan tradisi Jawa. Bali juga memiliki kepercayaan bahwa dapur atau paon selain tempat memasak dapat juga menjadi tempat mengusir atau menetralisir energi buruk.

Program Director Bakti Budaya Djarum Foundation, Renitasari Adrian, menuturkan bahwa Program Ruang Kreatif: Seni Pertunjukan Indonesia diselenggarakan tidak hanya sebagai regenerasi seniman tetapi juga melihat gagasan pementasan yang baru dan tentunya kreatif.

"Kitapoleng mempersembahkan sebuah tarian yang dikemas secara kontemporer serta menyatukan visual art dan seni instalasi dan kesenian lainnya sesuai konsep, memukau penikmat seni yang hadir di Auditorium Galeri Indonesia Kaya. Inovasi dan kreativitas ini semoga dapat menjadi inspirasi bagi para seniman muda untuk senantiasa mencari gagasan baru dan kreatif dalam menciptakan karya seni pertunjukan,” ujarnya.*** (nationalgeograpich)
Nama

Advetorial,34,Advevetorial,33,Batam,5,Bengkalis,427,Berita,2303,BeritaRiau,4,Biografi,18,Bisnis,92,Dumai,764,Dunia,81,Editorial,17,Hukum,1219,Inhil,103,Inhu,41,Kampar,139,Kepri,15,Kuansing,72,Kuliner,8,Lifestyle,93,Meranti,69,Nasional,1659,Nasionall,1,Olahraga,218,Opini,45,Pekanbaru,694,Pelalawan,237,Pendidikan,60,Peristiwa,269,Politik,173,Rau,1,Redaksi,5,Riau,2681,Riau Rohil,1,Rohil,787,Rohul,67,ROKAN HILIR,1,Siak,113,Sumatera,172,Sumatera Barat,4,Teknologi,70,Traveling,55,Video,71,
ltr
item
Analisariau: "Kukusan Paon" Tampilkan Kekuatan Terpendam Perempuan
"Kukusan Paon" Tampilkan Kekuatan Terpendam Perempuan
https://1.bp.blogspot.com/-kemO4wB0dCU/WOopTlfbQwI/AAAAAAAAEAA/IZ_TPcObMMoDEjfawktL-_MD8-oRGe0SQCLcB/s400/IMG_20170409_192721.png
https://1.bp.blogspot.com/-kemO4wB0dCU/WOopTlfbQwI/AAAAAAAAEAA/IZ_TPcObMMoDEjfawktL-_MD8-oRGe0SQCLcB/s72-c/IMG_20170409_192721.png
Analisariau
http://www.analisariau.com/2017/04/kukusan-paon-tampilkan-kekuatan.html
http://www.analisariau.com/
http://www.analisariau.com/
http://www.analisariau.com/2017/04/kukusan-paon-tampilkan-kekuatan.html
true
8225591636268580222
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy