Atasi Banjir dan Permudah Nelayan Melaut, PUTR Rohil Normalisasi Sungai Pabrik Hingga Pinggir Laut


ROKAN HILIR — Sungai Pabrik yang terletak di daerah Kepenghuluan Bagan Punak Pesisir, Kecamatan Bangko merupakan satu-satunya buangan air dari berbagai wilayah yang ada di pusat Kota Bagansiapiapi. Pasalnya, Sungai ini langsung menembus laut melalui aliran Sungai Rokan. Buruknya kondisi Sungai Pabrik akibat pendangkalan dan penyempitan ini sangat berpengaruh kepada kondisi Kota Bagansiapiapi disaat tingginya curah hujan. Sebab, bila aliran sungai ini tidak berjalan dengan baik maka akan memicu terjadinya banjir. 

Maka dari itu, program normalisasi aliran Sungai Pabrik menuju pinggiran pantai melalui Sungai Rokan yang dimulai dari Simpang Sungai Garam oleh Pemkab Rohil melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) dinilai merupakan langkah yang sangat tepat. Dimana salah satunya akan mengurangi resiko terjadinya banjir disejumlah daerah di Kota Bagansiapiapi seperti jalan Bulan, Bintang, Sekip, Madrasah, Masjid, Selamat, Bahagia dan beberapa daerah lainya disaat tingginya curah hujan. 

Tak hanya rumah warga biasa, bahkan rumah Bupati Rohil, H Suyatno yang kini tengah cuti karena mengikuti masa kampanye sebagai calon bupati Pilkada serentak pada 9 Desember 2020 nanti, yang terletak dijalan Madrasah, Kelurahan Bagan Timur, selama ini juga kerap digenangi air bila musim hujan.

Kabid Sumber Daya Air (SDA) Dinas PUTR Rohil, Welly Zukiar, ST ketika ditemui saat meninjau normalisasi di Kampung KPL Kamis (22/20/2020) menjelaskan, normalisasi sungai Pabrik yang dimulai dari Simpang Sungai Garam menuju laut tepatnya dipinggiran Sungai Rokan ini, volumenya mencapai 2.550 meter dan lebar 19 meter tapi di pelaksanaan ada yang bagian sungai lebarnya mencapai 20 meter.

Dimana kegiatan ini terlaksana melalui anggaran APBD murni yang dimenangkan oleh CV Wahyu. Kendati dalam kontrak kerja di alokasikan satu alat berat dari dana anggara Rp. 1.556.634.232.54 milyar, namun pada saat pelaksanaan, pihak pelaksana mengambil kebijakan menggunakan dua alat sekaligus, berupa satu Eskapator Amphibi dan Eskapator biasa.

"Hal ini dilakukan agar lumpur yang diangkat dari dasar sungai bisa dibuang agak jauh ke darat dengan penggunaan dua alat berat sehingga tidak jatuh lagi ke sungai mengingat struktur tanah lembek dan mudah turun ke sungai, apa lagi bila diguyur hujan," terang Welly.

Ketika disinggung terkait alasan dilakukan normalisasi aliran sungai Pabrik tersebut Welly menerangkan dua faktor pasti, dimana yang pertama untuk mengatasi banjir sedangkan yang kedua untuk mempermudah para nelayan melaut.

"Sungai inikan satu-satunya akses aliran air yang ada di sejumlah daerah di Bagansiapiapi. Selama ini sering terjadi banjir akibat terjadinya penyempitan dan pendangkalan akibat sampah, rumput dan lumpur air pasang. Diharapkan melalui kegiatan ini banjir bisa di atasi dan para nelayan bisa lebih mudah melaut," terang Welly.

Sementara itu, Penghulu Bagan Punak Pesisir, M Toyip sangat berterimakasih kepada pemerintah terkhusus kepada bapak H Suyatno. Sebab, beliaulah yang telah memprogramkan normalisasi aliran sungai Pabrik ini. "Kita selaku pihak Kepenghuluan sekaligus masyarakat Bagan Punak Pesisir sangat berterimakasih sekali dengan dilakukanya normalisasi aliran sungai ini, normalisasi ini jelas sangat besar manfaatnya," kata Toyip.  

Secara pasti yang pertama akan mengurangi dampak banjir bila musim hujan dan yang kedua para nelayan yang setiap hari memanfaatkan sungai Pabrik ini saat pergi dan pulang kelaut menjadi lebih mudah. Ketua RT 15/ RW 04, Kepenghuluan Bagan Punak Pesisir, Ali Sudiman menambahkan.

"Melalui normalisasi ini tentu aliran sungai ini menjadi lebih dalam dari sebelumnya, karena sebagai kita ketahui, air pasang laut Bagansiapiapi inikan beda dari daerah lain karena membawa lumpur dan lumpurnya akan mengendap sehingga terjadinya pendangkalan bila pasang sudah surut yang masuk melalui aliran sungai ini," sebut Ali.

Kondisi inilah yang membuat aliran sungai Pabrik ini kerap tersumbat dan aliran air tak berjalan sebagai mana mestinya. "Belum lagi persoalan sampah dan lain sebagainya," aku Ali. 

"Tapi sekarang warga dan para nelayan sudah lega karena tak terlalu memikirkan persoalan banjir lagi dan para nelayan yang mengunakan sungai ini untuk turun ke laut hampir sebanyak 500 orang lebih bisa lebih mudah pulang pergi kelaut karena sungai ini di normalisasi cukup luas," tuturnya.

Kegiatan normalisasi ini juga turut ditanggapi Ketua RT 25/ RW 08 Kelurahan Bagan Hulu, Feri Prawira. Dirinya juga turut berterima kasih dengan kegiatan ini. Sebab akunya, hal ini turut meningkatkan ekonomi masyarakat di daerah pinggir kota Bagansiapiapi ini. 

"Senang karena nelayan lebih mudah melaut, karena biasanya nelayan bila melaut hanya bisa satu-satu turun sekarang bisa berombongan. Disisi lain ikan masuk dengan lebarnya sungai ini," ungkapnya.

Terlepas dari semua itu manfaat lain dengan normalisasi ini, Kampung KPL secara tidak langsung bisa menjadi areal wisata karena banyaknya nelayan pulang dari melaut membawa ikan menjadi daya tarik tersendiri setiap sore harinya.


***(Erik)

Editor : Ingatan

Nama

Advevetorial,18,Batam,5,Bengkalis,410,Berita,1556,Biografi,18,Bisnis,83,Dumai,687,Dunia,80,Editorial,16,Hukum,1086,Inhil,99,Inhu,38,Kampar,134,Kepri,11,Kuansing,70,Kuliner,8,Lifestyle,86,Meranti,68,Nasional,1536,Olahraga,199,Opini,2,Pekanbaru,558,Pelalawan,176,Pendidikan,54,Peristiwa,260,Politik,142,Redaksi,5,Riau,1973,Rohil,358,Rohul,67,ROKAN HILIR,1,Siak,111,Sumatera,157,Sumatera Barat,2,Teknologi,68,Traveling,55,Video,71,
ltr
item
Analisariau: Atasi Banjir dan Permudah Nelayan Melaut, PUTR Rohil Normalisasi Sungai Pabrik Hingga Pinggir Laut
Atasi Banjir dan Permudah Nelayan Melaut, PUTR Rohil Normalisasi Sungai Pabrik Hingga Pinggir Laut
https://1.bp.blogspot.com/-Mogqhbwn1n0/X5ESSvU8iLI/AAAAAAAALM0/gV8-w6g42EcVvHs7MAuW2Qp6IxAtC8NkwCLcBGAsYHQ/s320/IMG-20201022-WA0002.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-Mogqhbwn1n0/X5ESSvU8iLI/AAAAAAAALM0/gV8-w6g42EcVvHs7MAuW2Qp6IxAtC8NkwCLcBGAsYHQ/s72-c/IMG-20201022-WA0002.jpg
Analisariau
http://www.analisariau.com/2020/10/atasi-banjir-dan-permudah-nelayan.html
http://www.analisariau.com/
http://www.analisariau.com/
http://www.analisariau.com/2020/10/atasi-banjir-dan-permudah-nelayan.html
true
8225591636268580222
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy