Mahasiswa Kedokteran UNRI Bantu Cegah COVID-19 Melalui Informasi Online

Keterangan Foto: Tiga orang mahasiswa Fakultas Kedokteran UNRI, Charisma Arif Wicaksono, Muhammad Daffa Assiddiqi dan Genthar Aditya Perdana inilah yang kini melakukan pencegahan Covid-19 melalui informasi Online di Rohil di sela-sela kegiatan KKN.

ROKAN HILIR — Sejak awal tahun 2020 masyarakat di hampir seluruh penjuru dunia terkhusus di Indonesia tampa terkecuali di Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), Provinsi Riau digemparkan oleh kemunculan Corona Virus (Covid-19) atau lebih dikenal dengan sebutan virus Corona.

Berdasarkan informasi yang beredar bahwa virus yang pertama kali ditemukan dipusat perdagangan satwa buas di Kota Wuhan Negara China tersebut penyebarannya tergolong relatif sangat cepat bila dibandingkan dengan virus yang terdahulu ditemukan seperti Mers maupun Sars. Hanya dalam rentang waktu kurang dari tiga bulan penduduk dibanyak Negara terjangkit oleh virus Corona ini, dan bahkan tidak sedikit pula korban yang meninggal dunia akibat keganasan virus yang menyerang secara cepat imun kekebalan tubuh ini.

Oleh karena itu, World Health Organization (WHO) telah menetapkan penyebaran Covid-19 dalam kategori pandemi global. Sehingga pada tanggal 11 Maret 2020 yang lalu,  Covid-19 telah dinyatakan menjadi musuh bersama, musuh yang harus dihindari dan dihentikan penyebarannya oleh segenap elemen bangsa.

Dalam merespon isu penyebaran virus yang mengancam kesehatan manusia ini, Universitas Riau mendorong mahasiswanya untuk ikut berperan serta dalam upaya pencegahan penyebaran Corona Virus atau COVID-19, sesuai dengan kompetensi Mahasiswa itu sendiri. 

Charisma Arif Wicaksono, salah seorang  Mahasiswa Fakultas Kedokteran UNRI, di Bagansiapiapi, Jum'at (08/05/2020) menyebutkan, bahwa mereka dari mahasiswa Fakultas Kedokteran melakukan kegiatan pencegahan penyebaran Covid-19. Dimana kegiatan ini selaras dengan kegiatan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Riau. 

"Kegiatan ini merupakan bentuk tanggung jawab dari Civitas Akademika UNRI, karena apa yang kita lakukan ini setara dengan Kuliah Kerja Nyata (Kukerta) yang dapat diikuti oleh Mahasiswa tahun ketiga, secara reguler telah diagendakan pada bulan Juni 2020 mendatang," kata Charisma. Oleh karena itu, lanjutnya dia dan beberapa orang teman yang saat ini merupakan Mahasiswa tahun ketiga diberikan alternatif dalam melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (Kukerta) terjun mengikuti Program Relawan Covid-19.

"Pada program relawan ini, ada beberapa bidang yang dapat dipilih peserta, Tracking, Screening, dan Penanganan Pasien, Bidang Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE)," terangnya sembari menambahkan namun, para relawan mahasiswa kesehatan sesuai dengan kompetensinya diarahkan untuk memilih bidang Komunikasi, Informasi, dan Edukasi (KIE). 

Lebih rinci Charisma menjelaskan bahwa didalam melaksanakan kegiatannya, ia dan relawan mahasiswa lainnya melakukan peran dalam pemasifan edukasi dan informasi secara online. “Seperti yang sudah dianjurkan pemerintah untuk melakukan work from home, maka kami melakukan KIE ini secara online, jadi kami para mahasiswa kemungkinan tidak akan diterjunkan langsung ke rumah sakit yang membutuhkan karena hal tersebut belum menjadi kompetensi kami,” akunya.

Ada team yang di sebut REMNANT ORDER,  team ini terdiri dari tiga relawan, yaitu Charisma Arif Wicaksono bersama dua teman lainnya, yaitu Muhammad Daffa Asshiddiqi dan Genthar Aditya Perdana. Setelah terbentuknya team Mahasiswa Fakultas Kedokteran UNRI ini,  Remnant Order  gencar memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai penyebaran dan penanggulangan wabah COVID-19. Hal ini mereka lakukan karena masih banyak informasi yang simpang siur terhadap wabah COVID-19 dikalangan masyarakat, menurutnya.

"Tujuan dari  Remnant Order adalah untuk berkontribusi dalam mengedukasi  masyarakat secara online, terkait Covid-19. Masyarakat perlu diberikan informasi yang benar, agar informasinya tidak simpang siur Karena masih banyak kami temukan berita hoax Terkait COVID-19 terutama Informasi yang disebarkan melalui Media Sosial," papar putra asal Rohil itu.

Kegiatan edukasi yang dilaksanakan ini, selain sebagai pengganti Program Kukerta juga merupakan gerakan moral sebagai Mahasiswa Fakultas Kedokteran UNRI, untuk ikut berkontribusi membantu Pemerintah dalam upaya mencegah penyebaran Corona Virus atau COVID 19, ujar Charisma Arif Wicaksono, yang juga sebagai pengagas Remnant Order ini.

Sementara itu, Muhammad Daffa Assiddiqi menambahkan,  team ini bergerak dalam memberikan edukasi kepada masyarakat seputar COVID-19. Dengan kegiatan sosialisasi yang di sampaikan tersebut, diharapkan masyarakak dapat lebih tenang dan tidak panik. Oleh karena kepanikan dan rasa cemas yang berlebihan akan dapat mempengaruhi daya tahan tubuh seseorang, sehingga bilamana daya tahan tubuh seseorang menurun, maka akan mudah terpapar dari Corona Virus atau Covid-19. 

“Adapun  entuk kegiatan yang kami lakukan yaitu membuat virtual community di aplikasi whatsapp, kami juga membuat poster untuk mencegah penularan COVID-19, dan menjelaskan cara membuat masker mandiri sesuai dengan panduan CDC, serta Video edukasi yang akan di dibagikan ke media social dan virtual community.l," kata Muhammad.

Tak hanya itu, mereka juga membuat blog di internet, yaitu BERSAMA BASMI COVID 19, yang di dalam blog tersebut berisi tentang pencegahan COVID 19, tuturnya. Pada kesempatan yang sama, Genthar Aditya Perdana juga menambahkan, segala kegiatan yang Remnant Order lakukan berada dibawah bimbingan seorang Dosen sebagai Instruktur dari Fakultas Kedokteran yaitu Bapak Rahmat Azhari Kemal, M.Si dan satu orang Dosen Pembimbing Lapangan dari LPPM yaitu Dr. Hengki firmanda, SH, LL, M.Si. 

Selain kegiatan yang telah disampaikan, Remnant Order juga mengikuti kegiatan jaga Posko Relawan COVID-19 di Fakultas Kedokteran Universitas Riau, di posko ini Remnant Order menerima Donasi Alat Pelindung Diri dan juga membantu mendistribusikan Alat Pelindung Diri (APD) ke Rumah Sakit dan Fasilitas Kesehatan yang membutuhkan. Remnant sebagai Team juga ikut serta dalam membantu dokter yang bekerja di Laboratorium Biomolekuler Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Arifin Achmad untuk mengisi database hasil pemeriksaan COVID 19 di Riau.

"Remnant Order hanyalah Team kecil oleh anak negeri yang iklas dan terpanggil dalam membantu Pemerintah mengedukasi masyarakat dengan menyampaikan informasi yang benar, agar masyarakat bisa lebih peduli dan sadar akan bahaya COVID 19," sebut Genthar seraya mengakhiri.

***(erik)

Editor: Ingatan
Nama

Advevetorial,15,Batam,5,Bengkalis,407,Berita,1502,Biografi,18,Bisnis,83,Dumai,666,Dunia,80,Editorial,16,Hukum,1075,Inhil,99,Inhu,37,Kampar,134,Kepri,11,Kuansing,70,Kuliner,8,Lifestyle,85,Meranti,68,Nasional,1516,Olahraga,199,Opini,2,Pekanbaru,552,Pelalawan,174,Pendidikan,53,Peristiwa,258,Politik,131,Redaksi,5,Riau,1917,Rohil,337,Rohul,67,ROKAN HILIR,1,Siak,111,Sumatera,157,Sumatera Barat,2,Teknologi,67,Traveling,55,Video,71,
ltr
item
Analisariau: Mahasiswa Kedokteran UNRI Bantu Cegah COVID-19 Melalui Informasi Online
Mahasiswa Kedokteran UNRI Bantu Cegah COVID-19 Melalui Informasi Online
https://1.bp.blogspot.com/-vAETEWU2rCU/XrZoNHnmrtI/AAAAAAAACKI/Bfn0M2T3KlAGuiVkV_jQogtvO8uowLGnQCLcBGAsYHQ/s320/IMG-20200509-WA0020.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-vAETEWU2rCU/XrZoNHnmrtI/AAAAAAAACKI/Bfn0M2T3KlAGuiVkV_jQogtvO8uowLGnQCLcBGAsYHQ/s72-c/IMG-20200509-WA0020.jpg
Analisariau
http://www.analisariau.com/2020/05/mahasiswa-kedokteran-unri-bantu-cegah.html
http://www.analisariau.com/
http://www.analisariau.com/
http://www.analisariau.com/2020/05/mahasiswa-kedokteran-unri-bantu-cegah.html
true
8225591636268580222
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy