Tokok Pemuda Desa Talau Sangat Menyayangkan Perusakan DAS oleh PT Musim Mas Pelalawan


PELALAWAN – Tokok Pemuda Desa Talau sangat menyayangkan perusakan Daerah Aliran Sungai (DAS) yang digarap oleh PT Musim Mas sebagai lahan perkebunan Kelapa Sawit tanpa memperhatikan kelestarian lingkungan.

Mengenai kronologis permasalahan tentang dugaan perusakan aliran sungai Piagaian (Peragaian.red) yang terletak di Desa Talau disinyalir sengaja dilakukan oleh pihak PT. Musim Mas Karena keberadaan aliran hulu anak sungai piagaian tersebut termasuk di dalam HGU areal estate 2 Musim Mas.

Hal ini sangat disayangkan oleh Tokoh Pemuda Desa Talau yang bernama Linto mengatakan kepada awak media pada hari kamis 26/02/2020 lalu di Sorek Satu, Masyarakat Talau sudah terlalu lama untuk menunggu jawaban dari pihak perusahaan PT. Musim Mas namun sampai detik ini permintaan masyarakat tersebut belum diselesaikan.

Ia mengatakan,” Kami selaku warga masyarakat Desa Talau meminta agar hal ini cepat diselesaikan tetapi kenapa belum juga dipenuhi oleh pihak perusahaan yang bersangkutan”, Kata Linto.seperti dilansir oleh media online pirnas.com.

Linto juga mengatakan jika perusahaan ini tidak memiliki itikad yang baik dalam penyelesaian masalah dengan masyarakat Desa Talau, maka Ia dan beberapa warga akan melaporkannya ke instansi terkait.

“Bisa dipastikan dalam waktu dekat ini saya beserta beberapa Tokoh Adat dan Tokoh masyarakat Desa Talau akan melaporkan persoalan perusakan Aliran Anak Sungai Peragaian tersebut kepada pihak instansi Terkait, yang mana perusahaan Musim Mas diduga telah sengaja melanggar aturan sebagaimana yang tercantum di dalam Undang - Undang Nomor 17 tahun 2019 Tentang Sumber Daya Air dan Perda Provinsi Riau Nomor 9 Tahun 2019 Tentang Pengelolaan Daerah Aliran Sungai”, jelas Linto.

Dengan geram Linto juga mengungkapkan, bahwa Ia sudah menyiapkan seluruh berkas laporan beserta bukti-bukti terhadap dugaan perusakan aliran anak sungai peragaian tersebut.

“Ini sudah menjadi tanggung jawab saya selaku pemuda Desa Talau untuk memperjuangkan marwah dan martabat desa kami yang telah di zolimi, dimana dari zaman nenek moyang kami dulunya hidup dan tinggal di Desa Talau, Sungai tersebut sudah ada dan menjadi sumber penghidupan dari hasil sebagai nelayan, namun setelah keberadaan PT. Musim Mas ini beroperasi dan mengelolah menjadi lahan perkebunan industri kelapa sawit, sungai yang dulunya masih terjaga kelestariannya kini sudah tak bisa di manfaatkan lagi sebagai mata pencarian oleh para nelayan yang masih bernaung di Desa Talau dan Sekitarnya”, ucapnya.

Linto dengan jelas mengatakan karena aliran anak sungai peragaian tersebut diharapkan sebagai sumber mata air yang berguna untuk bisa dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar khususnya bagi warga Desa Talau.

“Maka sepatutnya harus di jaga dan dilindungi oleh pihak Perusahaan PT. Musim Mas bukan malah berbuat sebaliknya sehingga dapat menimbulkan dampak kerugian dan kerusakan ekosistem yang ada di sepanjang Aliran Anak Sungai Peragaian Tersebut”, tutupnya.

Saat awak media mencoba mengkonfirmasikan ke pihak perusahaan PT. Musim Mas dengan humas Ibrahim dan Wendi melalui Pesan Whatsap namun tidak di respon.** (rdk/Ts/Ard/pc)
Nama

Advevetorial,15,Batam,5,Bengkalis,407,Berita,1501,Biografi,18,Bisnis,83,Dumai,665,Dunia,80,Editorial,16,Hukum,1075,Inhil,99,Inhu,37,Kampar,134,Kepri,11,Kuansing,70,Kuliner,8,Lifestyle,85,Meranti,68,Nasional,1516,Olahraga,199,Opini,2,Pekanbaru,552,Pelalawan,174,Pendidikan,53,Peristiwa,258,Politik,131,Redaksi,5,Riau,1916,Rohil,337,Rohul,67,ROKAN HILIR,1,Siak,111,Sumatera,157,Sumatera Barat,2,Teknologi,67,Traveling,55,Video,71,
ltr
item
Analisariau: Tokok Pemuda Desa Talau Sangat Menyayangkan Perusakan DAS oleh PT Musim Mas Pelalawan
Tokok Pemuda Desa Talau Sangat Menyayangkan Perusakan DAS oleh PT Musim Mas Pelalawan
https://1.bp.blogspot.com/-y-rmh2Exh1w/XllRS03lvZI/AAAAAAAAKq4/6bXbgpuICRscQ6EfyChfGvHvwT8q8cBVACLcBGAsYHQ/s320/IMG_20200229_004114.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-y-rmh2Exh1w/XllRS03lvZI/AAAAAAAAKq4/6bXbgpuICRscQ6EfyChfGvHvwT8q8cBVACLcBGAsYHQ/s72-c/IMG_20200229_004114.jpg
Analisariau
http://www.analisariau.com/2020/02/tokok-pemuda-desa-talau-sangat.html
http://www.analisariau.com/
http://www.analisariau.com/
http://www.analisariau.com/2020/02/tokok-pemuda-desa-talau-sangat.html
true
8225591636268580222
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy