Kapolres Dumai Menegaskan, Pihaknya Tetap Komit Untuk Mencegah Serta Menangani Kebakaran Hutan dan Lahan

AKBP ANDRI ANANTA YUDHISTIRA, S.I.K, M.H Saat Press Conference di Media Center Polres Dumai.

DUMAI - Menghadapi musim kemarau di tahun 2020, Polres Dumai beserta Polsek Jajaran menegaskan pihaknya tetap komit untuk mencegah dan menangani Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla). Baik langkah teknis serta pelibatan dan bersinergi bersama semua pemangku kebijakan serta mendorong partisipasi seluruh elemen masyarakat.

Pencegahan secara dini didukung dengan telah dilaksanakannya berbagai upaya diantaranya Simulasi Penanganan Karhutla, Deklarasi Kota Dumai Bebas Dari Asap Tahun 2020, Patroli Daerah Rawan Karhutla, Penyebaran Maklumat Kapolda Riau, Door to Door System (DDS) & Pembinaan Dan Penyuluhan (Binluh) Oleh Para Bhabinkamtibmas.

Tak hanya pencegahan, berbagai upaya penindakan juga telah dilakukan diantaranya Pemadaman Kebakaran Hutan dan Lahan, Pendinginan Kebakaran Hutan dan Lahan & Pengungkapan Kasus Kebakaran Hutan dan Lahan. 

Kapolres Dumai AKBP ANDRI ANANTA YUDHISTIRA, S.I.K, M.H saat ikut memadamkan Karhutla

Dalam upaya Pemadaman serta Pendinginan Kebakaran Hutan dan Lahan, Polres Dumai telah melibatkan 30 personil Polres Dumai maupun Polsek Jajaran yang bekerjasama dengan Personil TNI, BPBD, Manggala Agni, Masyarakat Peduli Api (MPA), Regu Pemadam Perusahaan Setempat, Pihak Kecamatan beserta Kelurahan Setempat, dan sejumlah stakeholder lainnya.

Dalam pelaksanaannya, Tim Pemadam Gabungan didukung oleh peralatan diantaranya Mesin merk Firman 1 (Satu) Unit, Mesin Robin 3 (Tiga) Unit, 
Nozel 10 (Sepuluh) Unit, Minisreker 6 (Enam) Unit, Selang 35 (Tiga Puluh Lima) Gulung, Selang Hisap Air 10 (Sepuluh) Unit, Ranmor R4 Double Cabin, Ranmor R2 Trael KLX, Sepatu Bot, Kacamata dan Masker.

Hal itu diungkapkan oleh Kapolres Dumai AKBP ANDRI ANANTA YUDHISTIRA, S.I.K, M.H, Sabtu (18/1/2020) kepada wartawan. "Karhutla merupakan ancaman yang serius. Kerugian yang ditimbulkan akibat karhutla merugikan seluruh sektor kehidupan diantaranya di sektor ekonomi, transportasi, kesehatan, pariwisata, pendidikan, hubungan dengan luar negeri terutama negara tetangga" ungkap Kapolres Dumai.

Pencegahan Karhutla bukan saja merupakan tanggungjawab Polri, melainkan dibutuhkan komitmen seluruh pihak dan masyarakat guna mewujudkan Indonesia khususnya Provinsi Riau dan Kota Dumai bebas asap tahun 2020.

"Selain upaya pencegahan dan penanganan karhutla, Polres Dumai telah menjalin sinergitas dan kerjasama dengan seluruh stakeholder dan semua elemen masyarakat guna mewujudkan Kota Dumai Bebas Asap Tahun 2020," jelas Kapolres Dumai.

Keseriusan Polri khususnya Polres se-Jajaran Polda Riau dalam mewujudkan bebas asap tahun 2020, lanjut AKBP ANDRI ANANTA YUDHISTIRA, S.I.K, M.H, juga didukung dengan adanya aplikasi teknologi yang merupakan terobosan bapak Kapolda Riau IRJEN POL AGUNG SETIA IMAM EFENDI, S.H, S.I.K, M.Si yakni "Dashboard Lancang Kuning" untuk mendeteksi dan menentukan titik api.

"Dengan adanya aplikasi ini, sangat memudahkan personil untuk segera mengambil langkah pemadaman sehingga api segera tertangani dan tidak menyebarluas. Adapun Komitmen Polri khususnya Kapolda Riau dan Polres Jajaran ialah Penegakan Hukum Secara Profesional dengan mengkolaborasikan Sistem, Sumber Daya Manusia dan juga Pemanfaatan Tekhnologi," ungkap Kapolres Dumai.

AKBP ANDRI ANANTA YUDHISTIRA, S.I.K, M.H kembali menegaskan bahwa Polres Dumai telah mempersiapkan dengan matang langkah-langkah penanganan karhutla terutama dalam menghadapi prediksi cuaca panas yang lebih panjang di tahun 2020 ini.

Dengan meningkatkan pembuatan sekat kanal, embung dan mempersiapkan secara terukur terkait dengan sarana prasarana yang dibutuhkan dalam penanganan karhutla.

"Serta mengajak seluruh instansi terkait dan juga masyarakat secara bersama sama dalam melakukan tindakan nyata penanganan karhutla ini" ujarnya.

Dalam penegakan hukum saja, kata Kapolres Dumai, sejak awal tahun 2020 Polres Dumai dan Polsek Jajaran telah melakukan Pengungkapan Kasus Karhutla sebanyak 3 Kasus dengan jumlah tersangka diamankan sebanyak 3 orang.

"Inisial para tersangka ialah HT, FR dan SR," tutup Kapolres Dumai AKBP ANDRI ANANTA YUDHISTIRA, S.I.K, M.H.

***(rls)
Nama

Advetorial,34,Advevetorial,33,Batam,5,Bengkalis,427,Berita,2306,BeritaRiau,4,Biografi,18,Bisnis,92,Dumai,764,Dunia,81,Editorial,17,Hukum,1220,Inhil,103,Inhu,41,Kampar,139,Kepri,15,Kuansing,72,Kuliner,8,Lifestyle,93,Meranti,69,Nasional,1661,Nasionall,1,Olahraga,218,Opini,45,Pekanbaru,695,Pelalawan,237,Pendidikan,60,Peristiwa,269,Politik,173,Rau,1,Redaksi,5,Riau,2682,Riau Rohil,1,Rohil,787,Rohul,67,ROKAN HILIR,1,Siak,113,Sumatera,172,Sumatera Barat,4,Teknologi,70,Traveling,55,Video,71,
ltr
item
Analisariau: Kapolres Dumai Menegaskan, Pihaknya Tetap Komit Untuk Mencegah Serta Menangani Kebakaran Hutan dan Lahan
Kapolres Dumai Menegaskan, Pihaknya Tetap Komit Untuk Mencegah Serta Menangani Kebakaran Hutan dan Lahan
https://1.bp.blogspot.com/-ASsrRwlPy5A/XiMBMFGCzmI/AAAAAAAAAdE/nQzfg4eXNxw0JShg87so45jsINNvtvIVQCLcBGAsYHQ/s320/IMG_20200118_195833.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-ASsrRwlPy5A/XiMBMFGCzmI/AAAAAAAAAdE/nQzfg4eXNxw0JShg87so45jsINNvtvIVQCLcBGAsYHQ/s72-c/IMG_20200118_195833.jpg
Analisariau
http://www.analisariau.com/2020/01/kapolres-dumai-menegaskan-pihaknya.html
http://www.analisariau.com/
http://www.analisariau.com/
http://www.analisariau.com/2020/01/kapolres-dumai-menegaskan-pihaknya.html
true
8225591636268580222
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy