KPK; Provinsi Riau, Kalimantan dan Papua Adalah Daerah Yang Sangat Memprihatinkan Pengelolaan SDAnya

JAKARTA - Provinsi Riau adalah salah satu daerah dengan Korupsi Sumber Daya Alam (SDA) yang memprihatinkan.             Buruknya pe...


JAKARTA - Provinsi Riau adalah salah satu daerah dengan Korupsi Sumber Daya Alam (SDA) yang memprihatinkan.            

Buruknya pengelolaan SDA di negara ini mengakibatkan banyak persoalaan yang merugikan negara.  

Korupsi perizinaan yang megakibatkan pendapataan negara tidak maksimal dan berakhir pada bencana dan kerusakan lingkungan yang mengerus sumber daya negara. Dari bencana asap,  banjir sampai galian tambang yang tidak diperbaiki semuannya membuat republik ini seolah-olah tak dikelola dengan baik.  

Hal itu di ungkap pada acara Diskusi "Melawan korupsi disektor Sumber Daya Alam" yang ditaja Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Foreign Policy Community of Indonesia (FPCI) dan World Resources Institute (WRI) pada hari Jum'at semalam 25 Januari 2019 di Gedung merah putih.

Dalam kesempataan tersebut wakil ketua KPK Laode M. Syarif menekankan ada  beberapa daerah yang sangat masif korupsi dalam bidang SDA dengan menghasilkan hutan yang  masuk dalam kondisi rusak berat.  

Pimpinan Lembaga Negara Anti Rasuah dengan gamblang mengatakan bahwa Provinsi Riau,  Kalimantan dan Papua adalah daerah yang sangat memprihatinkan dalam pengelolaan SDAnya," Riau dengan 3 orang mantan Gubernur yang jadi tahanan KPK,  2 orang diantaranya merupakan pesakitan dengan kasus korupsi SDA (Rusli Zainal dan anas Makmun)," Sebutnya selaku pembicara utama dalam acara diskusi tersebut.

Masih dalam gedung KPK, salah satu Penggiat anti Korupsi yakkni dari Aliansi Masyarakat Usut Korupsi  (AMUK) yang hadir pada acara tersebut berkomitmen dengan simpul-simpul yang ada dan akan terus melaporkan dan menyuarakan kasus-kasus korupsi SDA di provinsi Riau.  

Sekretaris Eksekutif AMUK. M. Husin, 
yang ikut hadir pada acara tersebut menyampaikan beberapa pokok pikiran menyangkut pengelolaan perizinan yang harus transparan dan bisa diakses oleh masyarakat ( baik berupa luas areal perizinan,  AMDAL dan hal-hal lainnya).  

Untuk itulah, Pemerintah daerah mau atau tidak mau harus mau tebuka dan bekerja sama dengan kawan NGO,  media,  masyarakat adat. 

Artinya, keseriusan Pemerintah dalam menekan dan menghadapi korupsi di sektor SDA menjadi penekanan yang harus dan segera dilakukan sebelum hutan dan kekayaan alam kita punah. Ujar M.Husin yang memiliki kontak langsung dengan KPK.

mengenai hal tersebut, Direktur Eksekutif AMUK Adharsam mempertanyakan ke KPK tentang kasus perusahaan -perusahaan yang telah dilaporkan pansus DPRD Provinsi Riau dalam kasus Korupsi SDA dan SP3 kasus ilegal loging yang dilaporkan ke KPK.  

," Kita minta KPK untuk segera menetapkan korporasi yang sudah meluluh lantakkan hutan Riau dipidana sebagai efek jera dari sebuah tindakan koruptif yang merugikan rakyat Riau dengan bencana banjir dan asap yang diderita selama ini," Pungkasnya mengakhiri. (R1).
Nama

Advertorial,61,Batam,4,Bengkalis,374,Berita,698,Biografi,17,Bisnis,80,Dumai,454,Dunia,80,Editorial,7,Hukum,790,Inhil,99,Inhu,34,Kampar,120,Kepri,9,Kuansing,63,Kuliner,7,l,1,Lifestyle,70,Meranti,66,Nasional,1278,Olahraga,196,Pekanbaru,405,Pelalawan,71,Pendidikan,36,Peristiwa,241,Politik,104,Redaksi,1,Riau,1226,Rohil,80,Rohul,66,Siak,106,Sumatera,138,Teknologi,56,Traveling,53,Video,61,
ltr
item
Analisariau: KPK; Provinsi Riau, Kalimantan dan Papua Adalah Daerah Yang Sangat Memprihatinkan Pengelolaan SDAnya
KPK; Provinsi Riau, Kalimantan dan Papua Adalah Daerah Yang Sangat Memprihatinkan Pengelolaan SDAnya
https://3.bp.blogspot.com/-KCXl1zhYedM/XEvu2LZ0PRI/AAAAAAAAJfk/quVdJThZi30JomB51B3DrpkDMGNy4psVQCLcBGAs/s320/IMG_20190126_121743.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-KCXl1zhYedM/XEvu2LZ0PRI/AAAAAAAAJfk/quVdJThZi30JomB51B3DrpkDMGNy4psVQCLcBGAs/s72-c/IMG_20190126_121743.jpg
Analisariau
http://www.analisariau.com/2019/01/kpk-provinsi-riau-kalimantan-dan-papua.html
http://www.analisariau.com/
http://www.analisariau.com/
http://www.analisariau.com/2019/01/kpk-provinsi-riau-kalimantan-dan-papua.html
true
8225591636268580222
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy