Pelatihan Pemberdayaan Satlinmas Dan Masyarakat Dalam Pengamanan Swakarsa Tahun 2017 Dibuka Secara Resmi Oleh Wawako.

Dumai - Pemberdayaan Satlinmas dan Masyarakat Dalam Pengamanan Swakarsa Di Kota Dumai yang diselenggarakan oleh Satpol PP Provinsi Riau d...

Dumai - Pemberdayaan Satlinmas dan Masyarakat Dalam Pengamanan Swakarsa Di Kota Dumai yang diselenggarakan oleh Satpol PP Provinsi Riau dibuka secara resmi oleh Wakil Walikota Dumai Eko Suharjo, SE. Selasa (28/11). Ballroom Hotel Comforta Jalan Jend. Sudirman.

Apresiasi setinggi-tingginya disampaikan Wawako kepada para peserta yang hadir, dimana dengan kesibukan aktivitasnya dalam melayani masyarakat juga dituntut untuk aktif dalam membangun serta menciptakan ketentraman dan ketertiban diwilayah kerja, sebab ketentraman, ketertiban serta keamanan merupakan hal yang mendasar untuk kita dapat melaksanakan pembangunan.

Penjelasan Wawako dalam Sambutanya, Pemberdayaan Satlinmas dan masyarakat dalam pengamanan Swakarsa ini dimaksudkan untuk meningkatkan peran pemerintah khususnya peran Camat, Lurah di Kota Dumai untuk terus mengayomi masyarakat dalam konteks bernegara maupun sebagai warga negara yang aktif dalam upaya menciptakan lingkungan aman, tertib dan lancar sehingga aktifitas masyarakat dalam menjalankan usaha untuk kehidupannya dapat terus berjalan sebagaimana yang diharapkan.

Untuk menumbuhkan kepedulian masyarakat terhadap keamanan serta kenyamanan dilingkungannya tidak dapat tumbuh begitu saja tanpa ada dorongan dan kepemimpinan serta lembaga yang menaunginya seperti RT, RW, Desa / Kelurahan, dan sebagainya, rasa kepedulian ini harus terus ditingkatkan melalui peningkatan sumber daya manusia yang terorganisir secara baik.

Satlinmas merupakan organisasi yang dibentuk oleh pemerintah Desa / Kelurahan dan beranggotakan warga masyarakat yang disiapkan dan dibekali pengetahuan serta keterampilan untuk melaksanakan kegiatan penanganan bencana guna mengurangi dan memperkecil akibat bencana, serta ikut memelihara keamanan, ketentraman dan ketertiban masyarakat, kegiatan sosial kemasyarakatan.

Melalui lembaga inilah warga masyarakat yang memenuhi persyaratan secara sukarela dapat turut serta dalam kegiatan perlindungan masyarakat. Kita sering menyalahartikan bahwa kehadiran Satlinmas tersebut hanya untuk pemilu saja, tentunya hal ini menyalahi akan hakikat sejarah lahirnya Satlinmas ditengah-tengah masyarakat. Namun kita menyadari pasang surutnya perjalanan perkembangan linmas dari dahulu hingga sekarang. Tetang wawako

Masih dalam sambutanya wawako menyampaikan, Didalam UU No. 23 tahun 2014 Tentang Pemerintah Daerah khususnya pasal 12 huruf e menyebutkan bahwa “urusan Pemerintahan wajib yang berkaitan dengan pelayanan dasar meliputi ketentraman, ketertiban umum, dan perlindungan masyarakat”. Selanjutnya dalam pasal 155 ayat 1 menyebutkan “Satuan Polisi Pamong Praja dibentuk untuk menegakkan Perda dan Perkada, menyelenggarakan ketertiban umum dan ketentraman, serta menyelenggarakan pelindungan masyarakat.

Sehubungan dengan hal tersebut, dalam rangka mengisi kekosongan hukum terkait penyelenggaraan perlindungan masyarakat di daerah, Kementerian Dalam Negeri telah mengeluarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 84 tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Perlindungan Masyarakat. Dalam peraturan tersebut mengamanatkan agar Pemerintah Daerah dalam hal ini Lurah atau Kepala Desa segera membentuk Satlinmas Desa / Kelurahan yang secara ex-officio Kasatlinmas Desa / Kelurahan dijabat oleh Lurah / Kepala Desa.
Kita menyadari bahwa Satlinmas Kelurahan sampai saat ini belum terbentuk oleh karenanya melalui pemberdayaan Satlinmas yang dilaksanakan pada kesempatan ini kiranya dapat segera diupayakan pembentukannya dengan berpedoman pada Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 84 Tahun 2014 Tentang Penyelenggaraan Perlindungan Masyarakat.

Kemudian Wawako menambahkan, tidak berapa lama lagi kita akan melaksanakan pesta demokrasi yaitu pemilihan kepala daerah yang dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia, begitu juga di Provinsi Riau. Tahapan pilkada akan segera berlangsung yang  puncak pelaksanaanya nanti dilaksanakan pada pemilihan di tahun 2018. Dan tentunya kita semua berharap agar pelaksanaannya dapat berjalan dengan aman, sukses, tertib dan lancar sebagaimana yang kita harapkan.

Namun demikian sebagai aparatur negara perlu juga kita mewaspadai berbagai kemungkinan ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan yang mungkin timbul pada setiap tahapan pilkada sehingga prosesnya bisa terus kita kawal dari awal hingga akhir.
"Saya yakin jika kita terus bekerja keras untuk mensukseskan pesta demokrasi yang akan kita laksanakan nanti saya yakin pekerjaan ini akan kita lalui dengan baik" ungkapnya. (rls/hms/ds).
Nama

Advertorial,61,Batam,4,Bengkalis,372,Berita,621,Biografi,13,Bisnis,77,Dumai,430,Dunia,76,Editorial,7,Hukum,719,Inhil,99,Inhu,33,Kampar,116,Kepri,9,Kuansing,63,Kuliner,5,l,1,Lifestyle,66,Meranti,64,Nasional,1205,Olahraga,187,Pekanbaru,378,Pelalawan,66,Pendidikan,26,Peristiwa,226,Politik,97,Redaksi,1,Riau,1161,Rohil,72,Rohul,64,Siak,104,Sumatera,126,Teknologi,41,Traveling,52,Video,58,
ltr
item
Analisariau: Pelatihan Pemberdayaan Satlinmas Dan Masyarakat Dalam Pengamanan Swakarsa Tahun 2017 Dibuka Secara Resmi Oleh Wawako.
Pelatihan Pemberdayaan Satlinmas Dan Masyarakat Dalam Pengamanan Swakarsa Tahun 2017 Dibuka Secara Resmi Oleh Wawako.
https://1.bp.blogspot.com/-i4nPYpez1-s/Wh7fe3nRgMI/AAAAAAAAHlA/QjgTmh3mEg4B5ktKWlhPRpCBHfql2vHJACLcBGAs/s320/IMG_20171129_224845.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-i4nPYpez1-s/Wh7fe3nRgMI/AAAAAAAAHlA/QjgTmh3mEg4B5ktKWlhPRpCBHfql2vHJACLcBGAs/s72-c/IMG_20171129_224845.jpg
Analisariau
http://www.analisariau.com/2017/11/pelatihan-pemberdayaan-satlinmas-dan.html
http://www.analisariau.com/
http://www.analisariau.com/
http://www.analisariau.com/2017/11/pelatihan-pemberdayaan-satlinmas-dan.html
true
8225591636268580222
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy