Kamu Wajib Tahu 9 Hal Ini Sebelum Memutuskan Untuk Ikut Dalam Kegiatan Caving

AnalisaRiau.com - Caving menjadi salah satu kegiatan ekstrem yang saat ini makin banyak diminati di Indonesia. Alasannya karena Indone...


AnalisaRiau.com - Caving menjadi salah satu kegiatan ekstrem yang saat ini makin banyak diminati di Indonesia. Alasannya karena Indonesia memiliki banyak gua dengan segala keindahan dindingnya dan medan yang menantang saat memasukinya. Sebut saja Gua Barat dan Gua Surupan di Kebumen. Kamu pencinta kegiatan ekstrem pasti akan tertantang untuk menyusuri setiap lorong-lorong gelap di dalam perut bumi ini.

Kamu yang sudah profesional melakoni kegiatan ekstrem ini pasti nggak menemui masalah yang serius. Tapi, bagaimanakah dengan Kamu yang masih awam? Pernah nggak ada keinginan menjajal serunya caving tapi nggak berani dengan resiko yang bakal Kamu alami? Tenang, meskipun Kamu bukan ahli, Kamu bisa ikut dalam kegiatan ini kok. Namun, Kamu harus tahu dulu tips aman caving untuk pemula ini.

1. Mempelajari kondisi gua adalah suatu kewajiban


Gua Jomblang merupakan gua tipe vertikal. Sumber foto
Setiap gua memiliki kondisi yang berbeda-beda. Ada jenis gua yang vertikal, horizontal, dan berkubang. Kamu wajib mempelajari kondisi gua terlebih dahulu supaya punya gambaran seperti apakah penelusuran gua yang Kamu lakukan nanti.

Jika Kamu sudah tahu kondisi gua, Kamu bisa menentukan teknik yang tepat untuk menyusuri gua. Belajarlah dari para ahli agar bisa menguasai teknik dengan baik. Ingat, Kamu tidak bisa seutuhnya bergantung pada pendamping atau instruktur saat sedang susur gua.

2. Meyakinkan dirimu sendiri bahwa Kamu bisa

Yakinkan dirimu sendiri bahwa Kamu bisa melakukannya. Sumber foto
Setiap kegiatan ekstrem termasuk caving membutuhkan keyakinan dan keberanian. Saat Kamu ingin mencoba caving untuk pertama kalinya, Kamu pasti akan merasa takut dan was-was. Di sinilah peran mental dan fisik harus Kamu perkuat.

Kamu harus bisa meyakinkan dirimu sendiri bahwa Kamu bisa dan berani melakukannya. Karena sebuah keraguan dalam kegiatan caving hanya akan membuatmu celaka.

3. Kenali setiap peralatan dan juga fungsinya

Kumpulan alat untuk caving. Sumber foto
Ini sangat penting, karena peralatan inilah yang nantinya akan Kamu pakai selama kegiatan caving. Kamu harus mengerti dan memahami fungsi dari setiap peralatan caving. Inisiatif untuk mempelajari hal ini juga sangat penting, karena Kamu tak bisa sepenuhnya mengandalkan orang lain.

Nah, ketika Kamu sudah paham dan mengerti fungsi dari masing-masing alat, Kamu bisa menjadi lebih waspada. Misalnya, ketika Kamu akan melakukan caving, ternyata anggota tim lain melupakan satu atau dua alat, di sini Kamu bisa ikut mengingatkan kekurangan alat yang tersedia.

4. Waspada dan selalu peduli saat caving


Tetap waspada saat caving. Sumber foto
Saat melakukan penelusuran gua, pastikan Kamu tetap waspada pada setiap celah yang Kamu lewati. Perhatikan kondisi kanan-kiri dan atas-bawah lorong, apakah ada kubangan air atau tidak. Lalu perhatikan juga beberapa lubang gua yang cukup besar dan tinggi. Hal ini dimaksudkan untuk antisipasi apabila terjadi banjir tiba-tiba. Lubang gua yang besar dan tinggi ini bisa dijadikan tempat berlindung saat banjir.

Bersikap peduli pada caver lain juga sesuatu hal yang wajib Kamu lakukan. Setiap anggota caver juga harus memperhatikan keamanan anggota caver lainnya. Misalnya Kamu menyadari bahwa ada seorang anggota caver yang terancam bahaya, maka Kamu harus segera memperingatkannya.

5. Tak perlu panik jika Kamu bertemu binatang di dalam gua

Salah satu hewan yang sering ditemui di gua adalah kelelawar. Sumber foto
Binatang yang sering ditemui saat caving adalah ular dan kelelawar. Saat Kamu bertemu dengan ular, jangan berusaha untuk mengusirnya dari tempat tinggalnya. Biarkan saja ular tersebut tetap berada di sana. Berjalanlah hati-hati untuk menjauhinya. Yang jelas, jangan mencoba untuk mengganggu ular tersebut ya gais.

Nah, kalau Kamu bertemu dengan rombongan kelelawar jangan sekali-kali mencoba mengarahkan cahaya terang atau kilatan, misalnya cahaya blitz dari kamera. Jika Kamu melakukannya, kelelawar ini akan menghambur keluar dan akan mengganggu jalanmu.

6. Tetap bertindak wajar selama caving

Tidak bersikap sombong sekalipun sudah ahli. Sumber foto
Selama melakukan kegiatan caving, Kamu harus tetap bertindak wajar dengan tidak menyombongkan diri apabila sudah ahli. Sebaliknya, jika memang Kamu belum paham, maka jangan sungkan untuk bertanya. Hal ini akan membuat semua anggota caver bisa saling bekerja sama dengan baik.

Di saat Kamu tidak sanggup untuk melakukan sesuatu hal selama caving, maka katakanlah dengan jujur bahwa Kamu tak sanggup. Memaksakan kehendak hanya akan membuat masalah baru dan bisa saja mengancam keselamatan banyak orang.

7. Respek terhadap caver lain membuktikan bahwa Kamu sudah paham aturan caving

Keberhasilan dalam caving adalah keberhasilan tim. Sumber foto
Dalam sebuah kegiatan caving, hampir tak ada orang yang saling egois dan mementingkan diri sendiri. Jika sebuah kegiatan caving berhasil maka itu adalah keberhasilan sebuah tim, bukan keberhasilan individu. Maka jika Kamu ingin melakukan publikasi mengenai kegiatan tersebut, Kamu tak boleh menonjolkan dirimu sendiri, melainkan seluruh anggota tim tersebut.

Ada beberapa hal yang harus Kamu pahami tentang aturan sesama caver selama penelusuran gua;

  • Jangan pernah memakai peralatan tim lain tanpa meminta ijin terlebih dahulu, karena Kamu tak tahu ketersediaan alat di tim lain.
  • Kalau Kamu ingin melakukan suatu hal, pastikan bahwa itu tidak mengancam keselamatan caver lainnya. Jadi jangan berpikir untuk melakukan hal konyol yang berujung celaka ya!
  • Jika Kamu melihat peralatan yang tergeletak, maka biarkan saja alat tersebut. Mungkin saja alat tersebut milik tim atau rombongan lain yang memang ditempatkan disitu.
  • Jangan sekali-kali melakukan serangan ke caver lain dengan melempar batu dsbnya.


8. Ingat! Kamu punya kewajiban yang harus dipenuhi saat caving

Salah satu kewajibanmu saat di dalam gua adalah saling memperingatkan apabila ada bahaya. Sumber foto
Pergi ke dalam perut bumi dan menelusurinya memang akan memberikanmu pemandangan luar biasa yang tak semua orang bisa lihat. Tapi dari sini Kamu harus menanggung konsekuensi, bahwa Kamu punya kewajiban yang harus Kamu lakukan.

Sebagai seorang caver Kamu harus pahami kewajiban ini;

  • Menjaga kebersihan gua, membersihkannya dari sampah-sampah yang ada dan tidak meninggalkan apapun di dalam gua
  • Tidak merusak fasilitas yang ada di dalam dan di sekitar gua apapun alasannya
  • Saling memberitahukan resiko atau ancaman bahaya pada tim atau rombongan lain
  • Jika Kamu menemukan sesuatu di dalam gua baik itu dalam wujud benda mati atau hidup, Kamu wajib memberitahukannya pada pihak berwenang dan semua tim dan juga komunitas caving. Tapi Kamu dilarang menyebarkan informasi tersebut untuk umum (non komunitas caving). Hal ini untuk menjaga kelestarian gua dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab.


9. Jangan lupa berdoa dan selalu hati-hati

Tetap berhati-hati saat di dalam gua. Sumber foto
Untuk memulai kegiatan apapun yang akan Kamu lakukan, jangan pernah lupa untuk berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing. Kamu tak pernah tahu apa yang akan terjadi, maka mintalah kelancaran dan keselamatan pada Tuhan selama kegiatan caving berlangsung. Jangan lupa juga untuk selalu berhati-hati, prinsipnya adalah pergi selamat pulang pun selamat.

***

Tips aman caving ini tak hanya untuk Kamu yang pemula, namun juga sebagai bahan refleksi bagi Kamu yang sudah sering melakukan kegiatan caving. Yang jelas, baik pemula ataupun profesional harus tetap melakukan standar keselamatan dan memahami aturan-aturan selama caving. Salam Speleo!!!
Nama

Advertorial,61,Batam,4,Bengkalis,372,Berita,622,Biografi,13,Bisnis,77,Dumai,430,Dunia,77,Editorial,7,Hukum,720,Inhil,99,Inhu,33,Kampar,116,Kepri,9,Kuansing,63,Kuliner,5,l,1,Lifestyle,66,Meranti,64,Nasional,1207,Olahraga,188,Pekanbaru,379,Pelalawan,67,Pendidikan,26,Peristiwa,226,Politik,99,Redaksi,1,Riau,1162,Rohil,72,Rohul,64,Siak,104,Sumatera,126,Teknologi,41,Traveling,52,Video,58,
ltr
item
Analisariau: Kamu Wajib Tahu 9 Hal Ini Sebelum Memutuskan Untuk Ikut Dalam Kegiatan Caving
Kamu Wajib Tahu 9 Hal Ini Sebelum Memutuskan Untuk Ikut Dalam Kegiatan Caving
https://4.bp.blogspot.com/-I7R2JXQDXTE/WMJDxPaGAlI/AAAAAAAACYk/iZnN4R7XdrE3hUtX2MxXQ0p6ryV1COScgCLcB/s320/tim.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-I7R2JXQDXTE/WMJDxPaGAlI/AAAAAAAACYk/iZnN4R7XdrE3hUtX2MxXQ0p6ryV1COScgCLcB/s72-c/tim.jpg
Analisariau
http://www.analisariau.com/2017/03/kamu-wajib-tahu-9-hal-ini-sebelum.html
http://www.analisariau.com/
http://www.analisariau.com/
http://www.analisariau.com/2017/03/kamu-wajib-tahu-9-hal-ini-sebelum.html
true
8225591636268580222
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy