Dihadiri 16 Pimpinan Dunia, Menlu: Kepemimpinan Indonesia Akan Ditunjukkan Pada KTT IORA

Menlu usai Rapat Terbatas memberikan keterangan mengenai persiapan IORA di Kantor Presiden Jakarta (2/3). (foto: Humas Nia) AnalisaRi...

Menlu usai Rapat Terbatas memberikan keterangan mengenai persiapan IORA di Kantor Presiden Jakarta (2/3). (foto: Humas Nia)

AnalisaRiau.com, JAKARTA - Setelah kunjungan Raja Arab Saudi Salman bin Abdul Aziz Al-Saud, Indonesia kembali akan mendapatkan kunjungan dari 16 pemimpin dunia  (Presiden, Perdana Menteri, Wakil Presiden, Wakil Perdana Menteri) yang akan menghadiri Konferensi Tingkat Tingga (KTT) Indian Ocean Rim Association (IORA), di Jakarta, 5 – 7 Maret mendatang. KTT ini merupakan yang pertama setelah IORA berdiri 20 tahun lalu.

“Di antara yang 16 itu antara lain adalah Presiden Afrika Selatan, Perdana Menteri Malaysia, Perdana Menteri Australia, Wakil Presiden India, Sri Lanka, dan Bangladesh. Sementara pada tingkat Menteri Luar Negeri akan dihadiri oleh 6 menteri,” kata Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi kepada wartawan usai mengikuti rapat terbatas Persiapan KTT IORA, di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (2/3) siang.

Secara keseluruhan, lanjut Menlu, KTT Negara-Negara di kawasan Samudera Hinda itu akan dihadiri oleh utusan dari  21 negara anggota, dan 7 mitra wicara. Ditambahkan Menlu, sebanyak 4 negara dari 21 negara anggota adalah anggota G-20, sementara 6 negara dari 7 negara mitra wicara juga merupakan anggota G-20.

“Ini merupakan salah satu forum yang sangat penting untuk: pertama, menjamin keamanan dan keselamatan di lingkaran Samudera Hindia. Yang kedua, adalah menggerakkan potensi ekonominya,” terang Retno.

Pentingnya kawasan lingkar Samudera Hindia ini, lanjut Menlu, dapat dilihat dari jumlah penduduknya sebanyak 2,7 miliar orang. Selain itu, kawasan ini dilalui oleh setengah dari kontainer dunia, sepertiga kargo dunia, dan dua pertiga shipment energi dunia. “Ini menunjukkan betapa pentingnya lingkar luar Samudera Hindia,” ujarnya.

Tunjukkan Kepemimpinan

Mengenai kesediaan menjadi tuan rumah dalam KTT IORA ini, menurut Menlu, sekaligus ingin menunjukkan kepemimpinan Indonesia di kawasan Lingkar Samudra Hindia. “Ini merupakan tambahan atau satu rangkaian dari leadership yang ingin dimainkan oleh Indonesia di berbagai kawasan,” ujarnya.

Dijelaskan Menlu, di kawasan Asia kita sudah bermain, di kawasan Pasifik kita sudah bermain, maka Indonesia ingin bermain juga, memberikan kontribusi yang besar di Lingkar Samudra Hindia, yang selama ini belum ada satu governance yang bagus. Sehingga kepemimpinan Indonesia akan ditunjukkan dengan KTT ini.

“Jadi sekali lagi, kita ingin menggunakan leadership ini untuk mengisi governance di dalam kawasan Lingkar Samudra Hindia. Dengan governance ini, kita berharap bahwa keamanan dan keselamatan (safety and security) di Lingkar Samudera Hindia akan terjamin. Dan dengan jaminan safety and security ini, maka kerjasama-kerjasama ekonominya dapat dilakukan,” papar Menlu.

Menurut Menlu, ada 6 prioritas sektor dalam IORA, yaitu keamanan dan keselamatan maritim, fasilitasi perdagangan investasi, manajemen risiko bencana, manajemen perikanan, akademi dan IPTEK, serta pariwisata dan pertukaran budaya. Sementara 2 cross-cutting issue-nya adalah mengenai pemberdayaan perempuan, yang kedua mengenai masalah blue economy.

Poros Maritim

Sementara itu Menteri Sekretaris Negara Pratikno menambahkan, IORA didirikan pada tahun 1997, sudah 20 tahun usianya. Sudah banyak sekali pertemuan-pertemuan dilakukan, tapi ini baru pertama kali setelah usianya lebih dari 20 tahun IORA menyelenggarakan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) yang dihadiri oleh para leaders-nya.

“Jadi mengapa ini terjadi, karena inisiatif Indonesia. Mengapa Indonesia berinisiatif, sekali lagi karena kita ingin menjadi poros maritim dunia. Kita menunjukkan kepemimpinan kita bukan hanya di Asia Pasifik, tetapi juga di Lautan Hindia,” terang Pratikno.

Mengenai keterlibatan Kementerian Sekretariat Negara, menurut Pratikno, mendukung substansi yang disiapkan Menteri Luar Negeri, bersama-sama dengan Menteri perdagangan yang menyelenggarakan business summit bekerja sama dengan Kadin.

“Jadi kami sudah menyiapkan berbagai hal kebutuhan, mulai dari penyambutan terhadap para peserta. Kita sudah menyiapkan mulai dari akomodasi, logistik, tempat (venue), termasuk hotel, keamanan, dan lain-lain,” kata Pratikno.

Mensesneg berharap sudah tidak ada masalah yang berarti, sehingga ini nanti pada 5 Maret sudah bisa dimulai IORA Committee of Senior Official Meeting, kemudian pada 6 Maret  ada Council of Minister Meeting, kemudian Business Summit, di malam harinya ada Welcoming Dinner oleh Presiden, dan kemudian pada 7 Maret itu puncaknya adalah IORA Leaders Summit, KTT pertama kali dalam sejarah 20 tahun usia IORA.

“Indonesia ingin berusaha menjadi pemimpin di Pasifik dan juga di Lautan Hindia,” tegas Mensesneg. *** (humassetkab)

Nama

Advertorial,61,Batam,4,Bengkalis,372,Berita,619,Biografi,13,Bisnis,77,Dumai,428,Dunia,76,Editorial,7,Hukum,719,Inhil,99,Inhu,33,Kampar,116,Kepri,9,Kuansing,63,Kuliner,5,l,1,Lifestyle,66,Meranti,64,Nasional,1202,Olahraga,186,Pekanbaru,377,Pelalawan,66,Pendidikan,26,Peristiwa,226,Politik,95,Redaksi,1,Riau,1160,Rohil,72,Rohul,64,Siak,104,Sumatera,126,Teknologi,41,Traveling,52,Video,58,
ltr
item
Analisariau: Dihadiri 16 Pimpinan Dunia, Menlu: Kepemimpinan Indonesia Akan Ditunjukkan Pada KTT IORA
Dihadiri 16 Pimpinan Dunia, Menlu: Kepemimpinan Indonesia Akan Ditunjukkan Pada KTT IORA
https://1.bp.blogspot.com/-HH_vLrKkP2o/WLkyA1TPgEI/AAAAAAAAB-Q/R7rkF9ge-VwY5JIwK1YCgik_ktqZzQhUACLcB/s320/IMG_20170303_160114.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-HH_vLrKkP2o/WLkyA1TPgEI/AAAAAAAAB-Q/R7rkF9ge-VwY5JIwK1YCgik_ktqZzQhUACLcB/s72-c/IMG_20170303_160114.jpg
Analisariau
http://www.analisariau.com/2017/03/dihadiri-16-pimpinan-dunia-menlu.html
http://www.analisariau.com/
http://www.analisariau.com/
http://www.analisariau.com/2017/03/dihadiri-16-pimpinan-dunia-menlu.html
true
8225591636268580222
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy