Buka KTT IORA, Presiden Jokowi: Kita Butuh Internasionalisme Yang Berakar Pada Nasionalisme

Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Jusuf Kalla membawa tifa yang akan dipukul sebagai tanda pembukaan KTT IORA, di JCC Jakarta, Selasa (7/3) pagi.

AnalisaRiau.com,Jakarta - Presiden Joko Widodo mengakui, jika selama ratusan tahun Samudra Atlantik telah mendominasi perhelatan dunia. Kemudian, dalam 30 tahun terakhir dengan berkembangnya secara drastis negara-negara di Asia Timur banyak yang menyatakan inilah abadnya Samudra Pasifik, Pacific Century.

Namun, Presiden menegaskan, Indonesia percaya bahwa Samudera Hindia pada saat ini sedang berkembang menjadi salah satu poros kunci di dalam perhelatan dunia.
“Kami percaya saat ini Samudera Hindia di ambang suatu keperkasaan dengan perkembangan masyarakat, masyarakat besar dan ekonomi-ekonomi yang semakin berperan,” kata Presiden Jokowi saat membuka Konferensi tingkat Tinggi (KTT)
Indian Ocean Rim Association (IORA), di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Selasa (7/3) pagi.

Presiden menilai, komunitas negara-negara di kawasan Samudera Hindia atau IORA adalah komunitas yang unik.  Ia menyebutkan, kawasan IORA mempunyai tata raksasa, sebuah kawasan yang sekaligus kaya tapi juga dengan masih adanya kantong-kantong kemiskinan.

“Sebuah kawasan yang kaya dengan tradisi, tapi harus kita akui memerlukan modernisasi di banyak aspek,” tutur Presiden.

Beberapa tahun ini, lanjut Presiden, IORA telah memfasilitasi banyak prakarsa-prakarsa penting di berbagai bidang, dan memfasilitasi banyak kerjasama di bidang kemaritiman. Ditandai dengan tahun 2015, dengan menerbitkan deklarasi kerja sama maritim IORA di Padang, Indonesia.

Saat kawasan Samudra Hindia menghadapi banyak resiko bencana alam, kata Presiden, IORA telah memfasilitasi banyak kemajuan yang konkret di bidang penanggulangan bencana.

Sementara, tahun lalu di Pulau Bali, para Menteri Luar Negeri IORA telah menerbitkan deklarasi kesetaraan wanita dan pemberdayaan ekonomi perempuan. Presiden mengingatkan, pengalaman di seluruh dunia menunjukkan, salah satu cara yang paling gampang dan paling murah untuk menggenjot sebuah ekonomi adalah dengan pemberdayaan perempuannya.

“Kita harus ingat pepatah yang saya kira amat benar, yaitu behind every great man there is a great woman, di belakang setiap orang hebat ada seorang wanita yang hebat,” tutur Presiden Jokowi.

Presiden mengapresiasi upaya berbagai forum di bawah naungan IORA memrakarsai solusi-solusi praktis atas tantangan-tantangan yang nyata itu.Presiden bahwa mengimbau agar menteri-menteri, pejabat-pejabat tinggi, dan peserta KTT iterus mendorong solusi-solusi praktis, dan memperjuangkan kepentingan masing-masing.

Namun, sebagaimana disampaikan secara bijaksana oleh pendiri Republik Indonesia, Presiden Soekarno, lebih dari setengah abad yang lalu, Presiden mengatakan, internasionalisme tidak dapat hidup subur kalau tidak berakar dalam bumi nasionalisme. Sebaliknya nasionalisme tidak dapat hidup subur kalau tidak hidup dalam taman sari internasionalisme.

Karena itu, saat teknologi membuat globalisasi sebagai sesuatu yang tidak bisa dibalikkan, tidak bisa dielakkan, menurut Presiden Jokowi, kita menjadi semakin membutuhkan internasionalisme untuk menciptakan solusi-solusi atas hambatan, atas tantangan yang timbul akibat globalisasi.

Namun, sebagaimana diuraikan Presiden Soekarno, menurut Presiden, internasionalisme kita harus berakar pada bumi nasionalisme. Sebuah nasionalisme yang sehat, yang bijaksana, yang menyampaikan kebenaran, menceritakan apa adanya kepada masyarakat kita masing-masing.

“Sebuah nasionalisme yang tulus yang berani melakukan yang terbaik untuk bangsa kita di jangka yang panjang dan di jangka masa depan, bukan yang memancing atau terpancing emosi yang sesaat,” tutur Presiden.

Karena itu, Presiden Jokowi atas nama komunitas IORA, menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya atas kehadirian peserta KTT di Jakarta minggu ini.

“Sudah pasti kita semuanya masing-masing menghadapi berbagai tekanan-tekanan ekonomi dan tekanan-tekanan politik domestik, sehingga seringkali sulit untuk bisa menghadiri KTT seperti ini. Namun, kehadiran Bapak/ Ibu sekalian mengairi, menyuburkan taman sari internasionalisme,” pungkas Presiden Jokowi.

Pembukaan KTT IORA itu dihadiri oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla, Perdana Menteri Australia Malcolm Turnbull, Perdana Menteri Bangladesh Sheikh Hasina, Perdana Menteri Malaysia Najib Razak, Presiden Afrika Selatan Jacob Zuma, Presiden Sri Lanka Maithripala Sirisena, dan Presiden Mozambik Filipe Nyusi.

Selain itu juga tampak hadir dalam acara pembukaan itu antara lain Menko PMK Puan Maharani, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung. (humassetkab)
Nama

Advetorial,34,Advevetorial,33,Batam,5,Bengkalis,427,Berita,2305,BeritaRiau,4,Biografi,18,Bisnis,92,Dumai,764,Dunia,81,Editorial,17,Hukum,1219,Inhil,103,Inhu,41,Kampar,139,Kepri,15,Kuansing,72,Kuliner,8,Lifestyle,93,Meranti,69,Nasional,1660,Nasionall,1,Olahraga,218,Opini,45,Pekanbaru,695,Pelalawan,237,Pendidikan,60,Peristiwa,269,Politik,173,Rau,1,Redaksi,5,Riau,2682,Riau Rohil,1,Rohil,787,Rohul,67,ROKAN HILIR,1,Siak,113,Sumatera,172,Sumatera Barat,4,Teknologi,70,Traveling,55,Video,71,
ltr
item
Analisariau: Buka KTT IORA, Presiden Jokowi: Kita Butuh Internasionalisme Yang Berakar Pada Nasionalisme
Buka KTT IORA, Presiden Jokowi: Kita Butuh Internasionalisme Yang Berakar Pada Nasionalisme
https://4.bp.blogspot.com/-m8P-Nt9iie8/WL5JusZ2QLI/AAAAAAAADec/IoZD2iEighEW_XuOzAccaw3sVoXHM7xEwCLcB/s320/IMG_20170307_124743.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-m8P-Nt9iie8/WL5JusZ2QLI/AAAAAAAADec/IoZD2iEighEW_XuOzAccaw3sVoXHM7xEwCLcB/s72-c/IMG_20170307_124743.jpg
Analisariau
http://www.analisariau.com/2017/03/buka-ktt-iora-presiden-jokowi-kita.html
http://www.analisariau.com/
http://www.analisariau.com/
http://www.analisariau.com/2017/03/buka-ktt-iora-presiden-jokowi-kita.html
true
8225591636268580222
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy