Bengkalis Kejar Akreditasi Paripurna, RSUD Bengkalis Terus Berbenah

RSUD Bengkalis

AnalisaRiau.com, BENGKALIS - RSUD Bengkalis terus berbenah untuk meraih akreditasi tertinggi, yaitu akreditasi paripurna. Proses untuk persiapan akreditasi oleh tim KARS (Komisi Akreditasi Rumah Sakit) sedang dilakukan sesuai dengan tahapan-tahapan standar akreditasi. 

Hal itu disampaikan Plt Direktur RSUD Bengkalis, H Suheiry Zein kepada wartawan melalui hubungan ponsel, Minggu (5/3). "Persiapan kita sangat banyak sekali. Alhamdulillah, semua pihak yang terlibat sangat mendukung dan memiliki semangat yang tinggi untuk proses akreditasi ini," ujar Suheiry.

Dikatakan, sesuai dengan Permenkes Nomor 12 Tahun 2012 tentang akreditasi pasal 3 menyebutkan, rumah sakit wajib mengikuti akreditasi nasional. Disamping itu, akreditasi juga diperlukan sebagai upaya untuk meningkatkan mutu pelayanan Rumah Sakit, bukanlah semata-mata sertifikat kelulusan saja. "Karena itu, kita semua yang ada di sini (RSUD Bengkalis,red) sama-sama memiliki komitmen untuk meraih tingkatan akreditasi yang tertinggi yaitu akreditasi paripurna," kata Suheiry.

Menurut mantan Kepala Dispenda Bengkalis ini, sesuai dengan standar prosedur penilaian, pihaknya membentuk 15 pokja dimana masing-masing pokja bertugas melengkapi berbagai persyaratan yang nantinya akan dinilai oleh tim KARS. "Kelima belas pokja ini mendapatkan pembekalan agar bisa bekerja secara optimal. Pokja-nya macam-macam, ada yang berhubungan dengan keselamatan pasien, hak pasien dan keluarga, peningkatan mutu dan keselamatan pasien, sasaran millenium development goals (MDGs), pelayanan pasien, manajemen penggunaan obat, kualifikasi dan pendidikan staff dan banyak lagi," papar Suheiry.

Diakui, untuk melengkapi berbagai kekurangan yang ada saat ini agar bisa sesuai dengan standar akreditasi paripurna bukan perkara mudah. Kelemahan di RSUD Bengkalis bukan saja pada persoalan pelayanan terhadap pasien, melainkan juga sarana dan prasarana serta infrastruktur. Sebagai contoh, sampai saat ini manajemen RSUD Bengkalis masih berkantor di ruang pasien. Padahal, sesuai standar, RSUD tidak bisa dijadikan kantor. "Artinya, untuk kantor harus ada gedung tersendiri. Karena itu, kita berupaya memasukkan pembangunan gedung kantor ini pada rencana kerja," katanya.

Begitupun kebutuhan dokter spesialis dan sub spesialis, Suheiry mengatakan juga masih kurang. Pihaknya sudah menjalin komunikasi dengan berbagai pihak seperti Kementerian Kesehatan, kemudian komunikasi dengan Dinas Kesehatan Provinsi. "Khusus untuk rujukan, kita juga sudah menjalin komunikasi dengan Rumah Sakit Umum Daerah seperti RSUD Arifin Achmad dan juga Rumah Sakit Swasta," ujar Suheiry seraya menambahkan, pihaknya berupaya membangun komunikasi dengan berbagai pihak terkait yang selama ini diraskakan masih kurang optimal.

Menyinggung adanya keluhan pasien yang harus menunggu lama untuk mendaftar, Suheiry mengatakan, itu juga bagian dari kelemahan RSUD Bengkalis yang akan dibenahi. Saat ini, RSUD Bengkalis sedang menyiapkan sistem manajemen rumah sakit berbasis komputer. "Tidak hanya pada saat pendaftaran, melainkan juga langsung kepada dokter yang akan menangani. Basis datanya sedang kita siapkan dan ini melibatkan banyak hal dan butuh waktu, tapi kita sudah melangkah. Mohon doa dan dukungan dari semua pihak agar keinginan bersama ini bisa segera kita wujudkan," kata Suheiry lagi.*** (bengkalisone)

Nama

Advetorial,34,Advevetorial,33,Batam,5,Bengkalis,427,Berita,2303,BeritaRiau,4,Biografi,18,Bisnis,92,Dumai,764,Dunia,81,Editorial,17,Hukum,1219,Inhil,103,Inhu,41,Kampar,139,Kepri,15,Kuansing,72,Kuliner,8,Lifestyle,93,Meranti,69,Nasional,1659,Nasionall,1,Olahraga,218,Opini,45,Pekanbaru,694,Pelalawan,237,Pendidikan,60,Peristiwa,269,Politik,173,Rau,1,Redaksi,5,Riau,2681,Riau Rohil,1,Rohil,787,Rohul,67,ROKAN HILIR,1,Siak,113,Sumatera,172,Sumatera Barat,4,Teknologi,70,Traveling,55,Video,71,
ltr
item
Analisariau: Bengkalis Kejar Akreditasi Paripurna, RSUD Bengkalis Terus Berbenah
Bengkalis Kejar Akreditasi Paripurna, RSUD Bengkalis Terus Berbenah
https://4.bp.blogspot.com/-u8Xm5duEoMY/WLvV8HTQqcI/AAAAAAAACDU/Zxyl4VOIRSkTBOMM_3eghtXstCByBASngCLcB/s320/IMG_20170305_160518.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-u8Xm5duEoMY/WLvV8HTQqcI/AAAAAAAACDU/Zxyl4VOIRSkTBOMM_3eghtXstCByBASngCLcB/s72-c/IMG_20170305_160518.jpg
Analisariau
http://www.analisariau.com/2017/03/bengkalis-kejar-akreditasi-paripurna.html
http://www.analisariau.com/
http://www.analisariau.com/
http://www.analisariau.com/2017/03/bengkalis-kejar-akreditasi-paripurna.html
true
8225591636268580222
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy