Penyelesaian Lahan Konsesi Dumai Tunggu Kepastian Pemerintah Pusat

AnalisaRiau.com, Dumai - Pemerintah Kota Dumai, Riau menyatakan komitmen penyelesaian persoalan lahan konsesi di tiga kelurahan untuk kepastian hukum dan menjawab keresahan masyarakat yang bermukim disana.

Wali Kota Dumai Zulkifli As di Dumai, Selasa, mengatakan, pemerintah daerah terus memperjuangkan penyelesaian lahan konsesi tersebut dengan upaya melobi dan berkoordinasi ke instansi berwenang di Jakarta.

"Persoalan lahan konsesi ini masih dibahas lebih lanjut, dan ini bertanda sudah ada perkembangan baik dari pihak berwenang di pusat," kata Zul As.

Komitmen pemerintah untuk menyelesaikan lahan konsesi ini karena selain sudah jadi pemukiman ribuan kepala keluarga, juga berdiri sejumlah fasilitas publik, seperti perkantoran dan bangunan sekolah serta lainnya.

Penyelesaian lahan konsesi ini menurut wali kota sudah memasuki tahap pendataan dengan harapan negara dapat melepas aset dan mengembalikan ke daerah untuk kepentingan warga.

"Kita akan terus kawal prosesnya hingga dapat dilakukan pelepasan lahan tersebut dan dikelola daerah untuk melanjutkan pembangunan dan warga mendapat kepastian hukum," sebutnya.

Diketahui bahwa keinginan masyarakat agar penyelesaian lahan ini digesa dilakukan juga dengan membentuk tim percepatan di tiga kelurahan terdampak, yaitu Kelurahan Teluk Binjai, Bumi Ayu dan Bukit Bathrem.

Pemerintah Dumai baru ini juga diundang ke Komnas HAM di Jakarta untuk mengikuti rapat membahas lebih lanjut lahan konsesi, dan dihadiri Wakil Wali Kota Dumai Eko Suharjo bersama bagian pertanahan.

"Baru ini pemko diundang rapat dengan komisi nasional HAM, dan proses peralihan aset memang tidak mudah, tapi kita terus akan meyakinkan pemerintah tanpa merugikan masyarakat," demikian kepala daerah.

Diakui dia, kendala lain karena kawasan Dumai sebagian besar masih berstatus hutan, dan hanya 24 persen bukan kawasan hutan berdasarkan usulan rancangan tata ruang wilayah.

Pelepasan aset lahan konsesi ini berproses panjang, yaitu dapat dilakukan setelah perusahaan mengembalikan ke negara sebagai penentu, dan selanjutnya tergantung keputusan pemerintah pusat.
(antarariau)

Nama

Advetorial,34,Advevetorial,33,Batam,5,Bengkalis,427,Berita,2303,BeritaRiau,4,Biografi,18,Bisnis,92,Dumai,764,Dunia,81,Editorial,17,Hukum,1219,Inhil,103,Inhu,41,Kampar,139,Kepri,15,Kuansing,72,Kuliner,8,Lifestyle,93,Meranti,69,Nasional,1659,Nasionall,1,Olahraga,218,Opini,45,Pekanbaru,694,Pelalawan,237,Pendidikan,60,Peristiwa,269,Politik,173,Rau,1,Redaksi,5,Riau,2681,Riau Rohil,1,Rohil,787,Rohul,67,ROKAN HILIR,1,Siak,113,Sumatera,172,Sumatera Barat,4,Teknologi,70,Traveling,55,Video,71,
ltr
item
Analisariau: Penyelesaian Lahan Konsesi Dumai Tunggu Kepastian Pemerintah Pusat
Penyelesaian Lahan Konsesi Dumai Tunggu Kepastian Pemerintah Pusat
https://lh3.googleusercontent.com/-BgDK39V277s/WKSd2oRBt4I/AAAAAAAADGQ/VwFdYHvRtro/s640/penyelesaian-lahan-konsesi-dumai-tunggu-kepastian-pemerintah-pusat.jpg
https://lh3.googleusercontent.com/-BgDK39V277s/WKSd2oRBt4I/AAAAAAAADGQ/VwFdYHvRtro/s72-c/penyelesaian-lahan-konsesi-dumai-tunggu-kepastian-pemerintah-pusat.jpg
Analisariau
http://www.analisariau.com/2017/02/penyelesaian-lahan-konsesi-dumai-tunggu.html
http://www.analisariau.com/
http://www.analisariau.com/
http://www.analisariau.com/2017/02/penyelesaian-lahan-konsesi-dumai-tunggu.html
true
8225591636268580222
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy